Pengemudi AKAP Sijunjung Jalani Tes Kesehatan


Rabu,21 Juni 2017 - 00:26:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengemudi AKAP Sijunjung Jalani Tes Kesehatan

SIJUNJUNG, HALUAN - Mengantisipasi penyalahgunaan obat terlarang musim angkutan lebaran, sejumlah sopir bus antar kota dan kondektur bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) serta bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Senin (19/6) di Terminal Kiliran Jao menjalani tes urine oleh pihak kepolisian resort Sijunjung guna memastikan tidak ada sopir yang mengkonsumsi narkoba atau alkohol saat mengemudikan kendaraan serta kelancaran untuk angkutan lebaran demi keselamatan penumpang  sampai tujuan.

“Sejumlah pengemudi bus baik antar kota maupun provinsi mengikuti tes urine dan kesehatan tersebut guna mempersiapkan menjelang arus mudik lebaran. Bahkan meminimalis tingkat kecelakaan yang disebabkan kelalayan sopir saat mudik lebaran,” ujar Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir didampingi Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin beserta Muspida, pejabat utama Polres dan Kepala OPD saat meninjau pos pelayanan arus mudik lebaran usai melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ramadniya 2017.

Kapolres menjelaskan, dalam tes urine dan kesehatan bagi para sopir tersebut, Polres Sijunjung bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Laboratorium Kesehatan daerah (Labkesda) Kabupaten Sijunjung.

Selain melaksanakan tes urine dan kesehatan bagi para sopir angkutan Lebaran, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kelayakan armada bus untuk angkutan luar kota dan dalam kota.  Jika Pihaknya menemukan ada armada yang tidak memenuhi standar, maka tidak diijinkan untuk beroperasi sebagai kendaraan mudik lebaran.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengingatkan kepada warga Kabupaten Sijunjung yang ingin mudik agar mempersiapkan kondisi kendaraan yang maksimal untuk mudik serta selalu waspada saat berkendara di jalan raya dengan mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.

Di Kota Pariaman, pihak Polres bersama Pemko Pariaman melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ramadniya 2017 di halaman balaikota setempat, Senin (19/6).
Apel dipimpin langsung Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman sebagai inspektur upacara.
Apel ditandai juga dengan penyematan pita Operasi Ramadniya (Ramadan dan Hari Raya) 2017 secara simbolis, diikuti 350 personil gabungan.

Hal yang sama juga dilakukan di Pasaman Barat. Senin (19/6) Polres Pasaman Barat (Pasbar) juga mengadakan apel gelar pasukan dalam rangka  Operasi Ramadniya 2017 di halaman kantor kepolisian resort setempat, Senin (19/6). Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Pasbar, pejabat instansi sipil dan TNI.

"Apel gelar pasukan merupakan wujud kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan pengamanan Idul Fitri 1438 H mendatang," tutur Kapolres Pasbar, AKBP. Iman Pribadi Santoso yang didampingi Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat pembukaan apel gabungan, Senin (19/6). (h/ogi/tri/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,11 September 2017 - 01:47:19 WIB
    AKSI DEMO DIGELAR HARI INI

    Pengemudi Angkot Bukittinggi Tolak Gojek

    BUKITTINGGI, HALUAN - Tidak terima dengan kehadiran ojek online (gojek) di Kota Bukittinggi, pengemudi angkutan kota (angkot) di Bukittinggi dan pengemudi angkutan pedesaan (angdes) di Kabupaten Agam, bakal menggelar aksi unj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM