Nikmati Kereta Api Lokomotif Uap, Berlebaranlah ke Sawahlunto


Selasa,20 Juni 2017 - 14:32:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nikmati Kereta Api Lokomotif Uap, Berlebaranlah ke Sawahlunto Kereta api di Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HALUAN - Icon wisata sejarah Kota Sawahlunto, lokomotif uap "Mak Itam" diharapkan bisa beroperasi pada saat liburan lebaran Idul Fitri tahun ini. Saat ini pihak Pemko tengah mengupayakan perbaikan rel kereta api yang ditemukan banyak yang rusak.

"Untuk mewujudkannya, Pemko telah melakukan berbagai upaya termasuk dengan meningkatkan komunikasi dengan PT KAI serta melunasi kewajiban pembayaran sewa stasiun dan sewa lokomotif  Mak Itam dengan besaran sesuai kesepakatan dalam MoU. Saat ini kita sedang menunggu PT KAI untuk memperbaiki jalur lintasan kereta sehingga siap dilalui," kata Kepala Dinas Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah Kota Sawahlunto, Hendri Thalib kepada Haluan, Minggu (18/6).

Di dalam MoU, sebutnya, PT KAI bertanggung jawab menyiapkan jalur rel untuk siap dilalui Mak Itam, termasuk untuk perbaikan lainnya. Selama ini lanjutnya, karena terbentur regulasi terkait pihak yang berhak dan yang mempunyai kewajiban dalam pemeliharaan mak itam, membuat Pemko tidak langsung melakukan perbaikan, sehingga operasional lokomotif yang kononnya hanya ada dua di dunia itu sering terkendala jika terjadi kerusakan, termasuk perbaikan rel seperti sekarang ini.

Sebelumnya,  normalisasi jalur kereta itu, telah dilakukan tinjauan lapangan oleh Balai Tekhnik Perkeretaapian wilayah II Sumatera Bagian Barat Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI beserta tim tekhnis. Perbaikan segera dilakukan baik itu bantalan maupun jalur rel itu sendiri,  termasuk ruas kiri dan kanan lintasan.

Kepala Dinas Pehubungan Kota Sawahlunto, Eidwar menyebutkan,  pasca sudah baiknya Mak Itam belum dapat dioperasikan. Disebabkan ada beberapa titik jalur rel yang rusak,  sehingga tidak layak untuk dilewati.

"Anggaran dari kemen hub sudah ada untuk normalisasi tersebut,  hasil kajian dari balai tekhnik perkeretaapian, jalur dan bantalan tersebut segera diperbaiki, namun untuk tekhnisnya menunggu kepastian pihak PT KAI, " ungkapnya.

Didampingi Kasi Lalin dan Perhubungan Darat, Ucak Hardian disebutkan juga, lokomotif uap Mak Itam yang telah menjadi ikon wisata sejarah Kota Sawahlunto,  akan kembali berjaya dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang ada, terlebih nama Mak Itam yang sudah melegenda, tentu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berwisata dan menikmati pengalaman berkereta dengan lokomotif yang hanya ada dua di dunia tersebut.

Sebagaimana diketahui, Mak Itam masih di deponya yang berada tidak jauh dari Museum Kereta Api Sawahlunto. Kondisinya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan lebih segar karena sudah dicat ulang. Depo yang ambruk juga sudah diperbaiki. Hanya saja, keretanya masih di luar depo dan akan segera diperbaiki.

Mak Itam sendiri, dulunya digunakan sebagai alat trasportasi untuk menarik gerbong-gerbong pembawa batubara hasil eksploitasi perut bumi Sawahlunto ke luar Sumatera. Namun dikarenakan pengangkutan batubara ke Padang tidak lagi mengunakan Mak Itam, maka pada 17 Desember 2005 Stasiun ini berubah menjadi Musium Kereta Api Sawahlunto dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. (h/mg-rki-hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 11:13:22 WIB

    Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik

    Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM – Aliran listrik masih belum menyentuh masyarakat di daerah pedalaman. Kondisi ini harus ditunjang juga dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan dan penetaan ulang tata ruang di daerah i.
  • Selasa,29 November 2016 - 00:28:59 WIB
    DI NAGARI SARIAK DAN SUNGAI ABU

    Ratusan Warga Belum Nikmati Listrik

    AROSUKA, HALUAN —Sebagai nagari yang realitanya masih tertinggal, Nagari Sariak Alahantigo dan Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, baru merasakan penerangan listrik PLN sejak tahun 2014 silam..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM