Pekan Sastra se-Sumatra 2017 Digelar di Padang


Senin,19 Juni 2017 - 21:23:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pekan Sastra se-Sumatra 2017 Digelar di Padang Sahabat duta bahasa sumbar 2016 saat sosialisasi tentang bahasa indonesia kepada masyarakat. FOTO DOKUMENTASI BALAI BAHASA SUMBAR

PADANG, HALUAN—Pekan Sastra se-Sumatra pada tahun ini digelar di Padang. Acara sastra tahunan yang diselenggarakan forum Balai Bahasa se-Sumatra itu dilaksanakan pada 4 hingga 9 September. Balai Bahasa Sumatra Barat akan sedikit “sibuk” karena didaulat menjadi panitianya untuk mempersiapkan berbagai acara.

 

Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Agus Sri Danardana, mengutarakan, Pekan Sastra tersebut adalah sebuah nama yang membingkai sejumlah kegiatan (ber)sastra yang digagas oleh kepala Balai Bahasa se-Sumatra. Acara itu diadakan untuk mempererat tali silaturahmi antarpelaku sastra se-Sumatra agar terwujud kerukunan dan kedamaian.

 

“Setiap Balai Bahasa akan membawa sekitar 20 peserta. Mereka akan mengikuti enam acara pada Pekan Sastra nanti, yakni musikalisasi puisi yang diikuti siswa SLTA, baca puisi oleh siswa SLTP, baca cerita rakyat oleh siswa SD, mendongeng oleh guru TK/PAUD, berdendang dengan peserta umum, dan berbalas pantun dengan peserta mahasiswa. Itu jenis lombanya. Selain itu, ada pertemuan sastrawan yang diutus oleh tiap-tiap provinsi. Kegiatan lainnya adalah pentas seni daerah dari sepuluh provinsi di Sumatra. Pentas seni berupa sastra lisan akan tampil pada malam hari. Insyaallah Pekan Sastra dibuka secara resmi oleh kepala Badan Bahasa,” ujar Danar kepada Haluan di Padang, Senin (19/6).

 

Dari Pekan Sastra tersebut, Danar berharap sastra di Sumatra terus berkembang.

 

Mengenai sastra di Sumbar, Danar melihat sejauh ini perkembangan sastra di Sumbar bagus. Sumbar merupakan gudang penulis sejak dulu, sebelum penulis-penulis luar Sumatra, seperti Jawa, Sulawesi, dan NTT muncul. Ia berharap Sumbar mempertahankan prestasi tersebut.

 

Pada tahun lalu, kata Danar, Pekan Sastra digelar di Bengkulu. Semestinya, kata Danar, Pekan Sastra pada tahun ini diadakan di Sumatra Selatan. Namun, ia meminta kepada forum Balai Bahasa se-Sumatra agar Sumbar didahulukan karena pada Oktober nanti ia akan pensiun sebagai kepala Balai Bahasa dan melanjutkan kariernya sebagai peneliti di Badan Bahasa.

 

Sastrawan Sumbar, Darman Moenir, berharap Pekan Sastra melibatkan para sastrawan yang jumlahnya banyak di provinsi ini. Ia juga berharap Sumbar tetap menjadi gudang sastrawan seperti yang terjadi sejak zaman Balai Pustaka.

 

“Dengan Pekan Sastra ini semoga mereka ikut merumuskan kreativitas untuk diri mereka sendiri,” ucapnya. (h/dib)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,26 Juli 2017 - 10:55:56 WIB

    Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru, 27 KM Lahan Untuk Tol Sudah Bebas

    Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru, 27 KM Lahan Untuk Tol Sudah Bebas PADANG, HARIANHALUAN.COM—Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, mengatakan, perkembangan terbaru pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru tahap I dari Padang menujuju Sicincin (Padang Pariaman) sepanjang 27 kilomet.
  • Jumat,10 Februari 2017 - 12:04:30 WIB

    Masuk LMAN, Tol Padang-Pekanbaru Dikerjakan Dalam Dua Proyek

    Masuk LMAN, Tol Padang-Pekanbaru Dikerjakan Dalam Dua Proyek PADANG, HALUAN – Proyek jalan tol Padang-Pekanbaru masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Perpres No 3 Tahun 2016. Proyek tersebut, dibagi dalam dua proyek yang termasuk dalam 17 proyek tol y.
  • Kamis,26 Januari 2017 - 22:28:14 WIB

    Akhirnya, Jalan Tol Padang-Pekanbaru Bakal Dibangun

    Akhirnya, Jalan Tol Padang-Pekanbaru Bakal Dibangun PADANG, HALUAN--Akhirnya, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru segera direalisasikan setelah sebelumnya sempat tertunda karena belum adanya investor. .
  • Selasa,15 November 2016 - 23:51:55 WIB

    Unand Gelar Pekan Apoteker di Kampung Kandang

    Unand Gelar Pekan Apoteker di Kampung Kandang PARIAMAN, HALUAN — Fakultas Farmasi Universitas Andalas (Unand) Padang mengadakan Pekan Aksi Promotif Kefarmasian (Pe­kan Apoteker) di Desa Kam­pung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pa­ria­man, Sabtu (12/11). Aca.
  • Rabu,28 September 2016 - 02:26:15 WIB

    Lima Tahun Ditiadakan, Pasaman Helat Lagi Pekan Muharram

    PASAMAN, HALUAN — Pemkab Pasaman yang kini dipimpin H Yusuf Lubis menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1438 Hijiriah. Selama lima tahu terakhir kegitan pekan Mu­harram di tingkat.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM