Pungli Retribusi Pasar, Dua PNS Payakumbuh Kena OTT


Senin,19 Juni 2017 - 15:35:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pungli Retribusi Pasar, Dua PNS Payakumbuh Kena OTT Dua tersangka saber pungli saat diamankan oleh penyidik di Tim Saber Pungli Payakumbuh. IST

Kedua PNS diamankan setelah adanya bukti mereka melakukan pungli. Saat ditangkap, mereka sedang meminta uang kepada pedagang” Ketua Saber Pungli Payakumbuh, Kompol Edisra.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemko Payakumbuh diciduk petugas Saber Pungli, Sabtu (17/6) malam. Keduanya tertangkap tangan saat sedang memungut retribusi pasar secara ilegal kepada pedagang di Pasar Payakumbuh.

Kedua PNS yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) berinisial BP (33) dan HH (33). Keduanya diketahui bekerja di Dinas Koperindag Pemko Payakumbuh. Diduga, aksi pungli terhadap pedagang itu sudah dilakukan sejak lama oleh keduanya. “Keduanya sudah lama diintai,” terang Ketua Tim Saber Pungli Kota Payakumbuh, Kompol Eddisra, Minggu siang.

Penangkapan dilakukan setelah petugas menerima banyak laporan dari pedagang. Kedua pelaku, melakukan pungli dengan kedok pembayaran retribusi untuk masuk ke kas daerah, yang nilainya jauh dari yang sudah ditentukan. Para pedagang, mulai dari PKL, pemilik kios dan toko, jadi sasaran mereka. Untuk toko menengah, dimintai uang Rp5.000, padahal retribusi sebenarnya adalah Rp2.000. Sedangkan untuk pedagang kaki lima atau warung kecil dimintai Rp2.000 yang retribusi sebenarnya hanya Rp500.

Informasi yang dihimpun Haluan, kedua ASN datang ke pasar untuk menarik retribusi rutin sekitar pukul 19.00 WIB. Beberapa kios dan pedagang kaki lima yang masih buka dimintai uang retribusi yang tidak sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Saat melakukan penarikan uang retribusi, beberapa pedagang yang telah membayar juga tidak diberikan karcis tanda bukti telah membayar retribusi. Hal ini dikarenakan dalam karcis tertera harga retribusi yang sesuai dengan aturan.

Dijelaskan Kompol Edisra, setelah mendapatkan laporan dari pedagang yang mengeluh dengan pungutan liar yang dilakukan, pihaknya langsung turun ke lapangan untuk meninjau dan memantau kebenaran laporan. Setelah ada bukti, akhirnya tim langsung bergerak untuk mengamankan keduanya. “Kedua PNS diamankan setelah adanya bukti mereka melakukan pungli. Saat ditangkap, mereka sedang melakukan pungli. Sudah menarik uang retribusi tujuh toko dan tidak sesuai dengan tarif. Barulah setelah itu kami gerebek,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kota Payakumbuh, Dahler mengaku telah mengetahui perihal OTT yang dilakukan oleh tim saber pungli kepada anak buahnya. Namun dirinya belum bisa mendapatkan informasi lebih perihal penangkapan. Pasalnya, kedua anak buahnya masih diperiksa oleh Polres Payakumbuh. “Penangkapan itu sudah saya ketahui tadi malam. Hanya saja sampai saat ini hanya sebatas informasi itu saja yang saya dapat karena anak buah saya masih diperiksa di Polres Payakumbuh,” kata Dahler saat dikonfirmasi Haluan via Seluler, Minggu (18/6) siang.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,28 Juli 2017 - 12:24:33 WIB

    Soal Pungli, Pelapor dan Saksi Wajib Dilindungi

    Soal Pungli, Pelapor dan Saksi Wajib Dilindungi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas, Charles Simabura, mengkritik Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) kar.
  • Jumat,16 Juni 2017 - 13:46:05 WIB

    Pelaku Pungli Pendidikan Harus Ditindak Tegas

    Pelaku Pungli Pendidikan  Harus Ditindak Tegas PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua DPRD Sumbar, Guspardi Gaus meminta penegak hukum mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pungli di dunia pendidikan. Dikatakan Guspardi tindakan tegas perlu diambil terhadap mereka ya.
  • Rabu,14 Juni 2017 - 20:32:35 WIB

    Tim Saber Pungli Polres Solok OTT 4 Oknum Dishub

    Tim Saber Pungli Polres Solok OTT 4 Oknum Dishub AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Lagi, Tim Sapu Bersih (Saber) pungli kembali menangkap pelaku yang diduga melakukan pungutan liar. Kali ini tim saber pungli Polres Solok menggerebek UPTD Keur Dinas Perhubungan Kabupaten Solok. .
  • Senin,12 Juni 2017 - 14:49:39 WIB

    Tim Saber Pungli Polresta Padang Tangkap Oknum Kepala Sekolah

    Tim Saber Pungli Polresta Padang Tangkap Oknum Kepala Sekolah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tim Saber Pungli dari Polresta Padang menangkap seorang kepala sekolah yang diduga terlibat pungutan liar..
  • Senin,22 Mei 2017 - 20:20:15 WIB

    Tim Saber Pungli Payakumbuh Beraksi, Penjual Tiket Ditangkap

    Tim Saber Pungli Payakumbuh Beraksi, Penjual Tiket Ditangkap PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Tim saber pungli Kota Payakumbuh mulai menunjukkan taringnya dalam memberantas pelaku pungutan liar di Kota Batiah. Kali ini tim yang dibentuk pada 2016 lalu, berhasil menangkap pelaku pungli pa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM