Disahkan 2012 lalu, Lambang Daerah Payakumbuh Diubah Lagi


Kamis,15 Juni 2017 - 19:16:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PADANG, HALUAN --  Setelah disahkannya  lambang daerah Kota Payakumbuh pada 2012 lalu,   melalui peraturan daerah nomor 3 tahun 2012, pada tahun ini Pemerintah Kota Payakumbuh kembali mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang Lambang Daerah.
 
Pada Perda nomor 3 tahun 2012, Lambang Daerah Kota Payakumbuh berbentuk tameng dengan 8 gerigi (menandakan 8 nagari) yang sebelumnya dengan lambang 7 gerigi, lambang dasar berwarna biru dengan rumah gadang bergonjong lima, 17 padi dan 12 kapas (tanggal dan bulan kelahiran Payakumbuh) serta sungai dengan jembatan diatasnya.
 
Sedangkan, pada Ranperda Lambang Daerah yang diajukan Pemko saat ini, akan mengubah kembali dari 8 gerigi ke 7 gerigi dan beberapa simbol lainnya. Sehingga dengan adanya pengajuan Ranperda tentang lambang daerah tersebut, Pemko terkesan plin-plan. Dengan pengajuan Ranperda itu, turut membuat sejumlah fraksi di DPRD Kota Payakumbuh mempertanyakan keinginan  eksekutif  itu, apakah yang diajukan Perda baru atau merevisi perda yang sudah ada.
 
“ Perubahan lambang daerah dibutuhkan untuk penyesuaian jumlah gerigi dengan kondisi jumlah nagari yang ada di Kota Payakumbuh saat ini. Hal yang penting kami pertanyakan, apakah ini Ranperda baru atau Ranperda perubahan,”tanya Syafrizal juru bicara Fraksi Bintang Nasdem DPRD Kota Payakumbuh saat paripurna DPRD terhadap pandangan umum DPRD terkait usulan Ranperda oleh Pemko Payakumbuh pada Selasa (13/6) lalu.
 
Sementara, Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicara Wulan Denura, menilai ada kesalahan yang fatal terhadap Ranperda Lambang Daerah yang diajukan Pemko Payakumbuh. Yakni  kapas pada Lambang Daerah.
 
“Setelah mencermati Ranperda yang diajukan, kami melihat ada kesalahan pada gambar yang dilampirkan pada Ranperda ini. Dimana jumlah kapas pada gambar berjumlah 13 seharusnya 12,”ucap Wulan Denura dihadapan Walikota Riza Falepi.
 
Dijelaskan Wulan, jumlah pada kapas tersebut,mengandung arti bulan kelahiran Kota Payakumbuh pada bulan 12. Fraksi Gerindra berharap, apabila Ranperda Lambang Daerah nantinya disahkan, agar bisa disosialisasikan ke masyarakat. Sehingga masyarakat tahu dan paham terhadap arti dari  lambang daerah Kota Payakumbuh.
 
Sementara, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan berpendapat, pada awalnya Lambang Kota Payakumbuh terdiri dari 7 gerigi. Kemudian berubah menjadi 8 gerigi karena ada penambahan nagari. Yakni  dileburnya Nagari Limbukan menjadi Nagari Limbukan dan Nagari Aur Kuning.
 
“Beberapa waktu lalu, juga dileburnya Nagari Lamposi Tigo Nagari menjadi Nagari Sungai Durian, Nagari Parambahan dan Nagari Koto Panjang Dalam. Sehingga sekarang Kota Payakumbuh bukan terdiri dari 8 nagari lagi, melainkan sudah 10 nagari. Karena itu, Pemko juga bisa mengakomodir keinginan nagari yang baru agar tercantum dalam lambang daerah,”ucap Edwar DF juru bicara Fraksi PPP. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,22 Februari 2017 - 16:48:52 WIB

    APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan

    APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan SOLOK SELATAN, HALUAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) akan melakukan sidang pengesahan paripurna APBD 2017. Sidang paripurna ini akan dilaksanakan setelah DPRD menerima buku Rancangan APBD yang .
  • Jumat,02 Desember 2016 - 00:25:14 WIB

    Lima Ranperda Inisiatif DPRD Disahkan

    PASAMAN, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Pasaman bersama pihak DPRD setempat, akhirnya mengesahkan lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD men­jadi Peraturan Daerah (Perda). Kelima ranperda itu disahkan d.
  • Jumat,19 Agustus 2016 - 02:50:28 WIB

    Pemkab Sosialisasi Empat Perda Yang Disahkan

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman, melakukan sosialisasi terhadap empat peraturan daerah (Perda). Keempat perda itu, merupakan perda yang telah disahkan pada tahun 2016 dan 2013 lalu..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM