200 Polisi di Padang Siaga Kejahatan Jalanan


Kamis,15 Juni 2017 - 10:43:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
200 Polisi di Padang Siaga Kejahatan Jalanan Sejumlah petugas berjaga di sejumlah titik di Pasar Raya Padang, Rabu (14/6). AIDIL

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polresta Padang dan Polda Sumbar mengerahkan setidaknya 200 personil kepolisian ke sejumlah titik rawan di Kota Padang, Rabu (14/6) siang. Penurunan personil itu untuk mengantisipasi banyaknya aksi kejahatan jalanan.

 

Pantauan Haluan, beberapa personel kepolisian yang juga melibatkan sejumlah personel dari TNI ditempatkan di Pasar Raya, Jalan Permindo, Pasar Alai, Kecamatan Padang Utara. Beberapa petugas juga melakukan patroli dengan menggunakan sepeda motor. Meskipun tujuan awal dari kegiatan tersebut adalah pemberantasan jambret dan pelaku kejahatan yang masuk ke dalam pencurian, petugas juga mengamankan setidaknya sejumlah  orang di dua lokasi, Pasar Alai dan Jalan Permindo. Mereka diamankan karena diduga melakukan parkir tidak resmi atau parkir liar.

 

Delapan orang yang diamankan oleh polisi diantaranya Dasril (49), Yudi Agustian (30), Radan Achdani Hidayat (38), Efri Anggara (27). Kelimanya diamankan di sepanjang Jalan Permindo karena tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai petugas parkir resmi. Sementara empat orang lainnya yang diamankan akibat perbuatan yang sama di kawasan Pasar Alai, Kecamatan Padang Utara adalah David (26), Iwan (20), Riayan (19), dan Ipen yang juga merupakan warga Alai Parak Kopi. "Dari sembilan orang ini, ada sekitar ratusan ribu uang hasil mereka menjadi seorang petugas parkir liar di dua kawasan tersebut. Saat diamankan, mereka tidak bisa menunjukkan kartu identitas dan seragam yang menandakan mereka sebagai petugas parkir," ucap Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Ediwarman kepada Haluan.

 

Terkait dengan tidak ditemukannya para pelaku jambret yang biasanya beraksi di kawasan Pasar Raya Padang, Edi tidak menampik bahwa razia yang dilakukan oleh petugas kepolisian sudah bocor terlebih dahulu. "Kami duga karena kegiatan tersebut sudah bocor," katanya.

 

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan bahwa jelang lebaran, aktifitas masyarakat akan meningkat terutama di kawasan pasar sebagai pusat jual beli segala kebutuhan. Dirinya meminta masyarakat untuk selalu waspada dan memperhatikan lingkungan sekitar agar terhindar dari para pelaku kejahatan. "Untuk itu, kami melakukan berbagai macam bentuk kegiatan patroli ke segala tempat, abik itu melalui himbauan atau dalam bentuk razia yang dilakukan. Pasar menjadi salah satu tempat tindak kejahatan seperti pencurian dan jamret tertinggi," sebut Chairul. (h/mg-adl)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,23 Agustus 2016 - 17:54:36 WIB

    Letuskan Senjata Api, Perampok Rampas Uang Rp 200 Juta di Kabupaten Solok

    Letuskan Senjata Api, Perampok Rampas Uang Rp 200 Juta di Kabupaten Solok AROSUKA, HALUAN-Perampok bersenjata api (Senpi) beraksi di jalan lintas kawasan Jorong Kubang nan Duo Nagari Sirukam. Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Senin (23/8). .
  • Kamis,12 Februari 2015 - 19:31:00 WIB

    Harga Solar Akan Diturunkan Jadi Rp6.200 per Liter

    JAKARTA, HALUAN — Pemerintah kemungkinan akan menurunkan harga solar bersubsidi dari Rp6.400 menjadi Rp6.200 per liter pada pertengahan Februari 2015. “Tunggu saja,” kata Sekretaris Jenderal Kementer.

  • Kamis,08 Januari 2015 - 19:20:21 WIB

    Koppas Talawi Bukukan SHU Rp200,17 Juta

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Pasar (Koppas) Talawi Kota Sawahlunto terus meningkat. Jika di tahun buku 2013 mencapai Rp170,02 juta, tahun buku 2014 Koppas Talawi itu malah mampu menghimpun SHU men.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM