Minang Mart Hadir di Pasbar


Kamis,15 Juni 2017 - 10:24:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Minang Mart Hadir di Pasbar Sekda Pasbar, Manus Handri meresmikan Minang Mart di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, Senin kemarin. ( IDENVI SUSANTO )

PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Upaya untuk melakukan intervensi harga pasar dalam rangka antisipasi monopoli harga barang di pasar, terus dilakukan di Pasbar. Intervensi tersebut ditunjukkan dengan diresmikannya Minang Mart sebagai program Gubernur Sumbar yang dapat mengantisipasi permasalahan tersebut.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat, H. Manus Handri saat peresmian Minang Mart, Senin kemaren di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang menyatakan,  bahwa kehadiran Minang Mart di Pasbar akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

"Ini bisa menjadi pendorong kemajuan ekonomi masyarakat dan akan menyerap tenaga kerja lokal," katanya.

Menurutnya, Minang Mart secara konsep menjadikan produk UMKM dijual dan diedarkan di Minang Mart. Hal itu tentu juga akan sangat membantu petani lokal dalam distribusi hasil pertanian di daerah setempat dengan harga jual yang relatif terjamin.

"Petani lokal bisa menjual langsung hasil kebunnya di Minang Mart. Secara langsung kesejahteraan petani juga akan meningkat," ujarnya.

Lebih jauh disebutkannya, kehadiran Minang Mart di Pasbar hendaknya dengan konsep dan inovasi yang besar, sehingga apa yang menjadi tujuan dari pengoperasian Minang Mart di Pasbar dapat berjalan sesuai rencana.

Untuk menjalankan program Minang Mart, Pemprov Sumbar menunjuk 3 BUMD untuk bersinergi, mereka adalah Bank Nagari sebagai penyalur modal, Jamkrida sebagai penjamin dan PT Grafika Jaya Sumbar sebagai pengelola Minang Mart.

Untuk memasok barang, PT Grafika sendiri akan bekerja sama dengan Minang Mart dengan cara membeli langsung kebutuhan-kebutuhan harian seperti produk-produk pertanian langsung kepada para petani sehingga didapatkan harga yang lebih murah. (h/idn)

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,04 Oktober 2017 - 13:22:08 WIB

    Memenuhi Keinginan Warga, Minang Mart Hadir di Payakumbuh

    Memenuhi Keinginan Warga, Minang Mart Hadir di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Warga Kota Payakumbuh menyambut baik hadirnya retail waralaba yang dicetuskan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, yaitu Minang Mart. Bahkan, warga Payakumbuh sudah jauh-jauh hari menginginkan adanya.
  • Senin,02 Oktober 2017 - 22:30:53 WIB

    Pendapatan Kyriad Bumi Minang Hotel Naik 64 Persen, Urang Awak Jabat GM

    Pendapatan Kyriad Bumi Minang Hotel Naik 64 Persen, Urang Awak Jabat GM PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dalam kurun waktu satu tahun, Hotel Kyriad Bumi Minang berhasil meningkatkan pendapatannya. Dan untuk lebih meningkatkan target pendapatan serta pelayanan, PT Bumi Minang Plaza dan Kyriad Hotel Indo.
  • Kamis,14 September 2017 - 11:43:19 WIB

    Lapis Minang Nan Tigo, 600 Kotak Terjual Tiap Hari

    Lapis Minang Nan Tigo, 600 Kotak Terjual Tiap Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM – Toko Lapis Minang Nantigo selalu ramai pengunjung. Sejak diluncurkan beberapa hari lalu, pusat kuliner yang satu ini tak pernah sepi. Kue yang diluncurkan oleh artis ibukota s Dude Herlino tersebu.
  • Senin,22 Mei 2017 - 15:58:44 WIB

    Spesialis Ayam Bulek Lado Hijau, Teras Minang Hadir di Padang

    Spesialis Ayam Bulek Lado Hijau, Teras Minang Hadir di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Usaha kuliner di Kota Padang sepertinya sangat menjanjikan bagi para pelaku usaha. Hampir di setiap sudut kota ditemui usaha kuliner, baik makanan maupun minuman. Dan kini hadir pula Teras Minang .
  • Minggu,14 Mei 2017 - 22:40:36 WIB

    Ricky Donals, Saudagar Minang yang Besar Setelah Diterpa Badai

    Ricky Donals, Saudagar Minang yang Besar Setelah Diterpa Badai Pelaut ulung tidak akan lahir di laut yang tenang. Barangkali, kalimat itu cocok dengan kehidupan yang dilalui Ricky Donals, Ssaudagar muda Minang, yang jatuh bangun diterpa masalah. Ricky pernah tersungkur, pernah dijebak m.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM