Atasi Kekeringan, Desa di Sawahlunto Ini Bangun Embung Dalam Gua


Rabu,14 Juni 2017 - 15:41:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Atasi Kekeringan, Desa di Sawahlunto Ini Bangun Embung Dalam Gua Proses pembangunan embung dengan memanfaatkan aliran air gua di Dusun Sawah Panjang Desa Kolok Mudik Sawahlunto. (Foto: Nto)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Salah satu desa di Kota Sawahlunto membuat embung untuk mengatasi kekeringan. Namun, yang unik lokasi pembuatan penampung air tersebut berada di goa.

 

Desa yang bernama, Kolok Mudik, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, itu membuat embung berkapasitas seribu kubik.

 

Pembangunan embung  dalam gua, Desa Kolok Mudik mengucurkan anggaran desa sebesar Rp70 juta. Ditargetkan embung bisa mengaliri kawasan sawah tadah hujan seluas 15 hektar, di Dusun Tarusan tersebut.

 

“Sumber mata air yang kita manfaatkan berasal dari air gua yang memiliki potensi hingga seribu kubik, yang bisa menjadi sumber air untuk lahan pertanian,” ujar Ketua LPM Kolok Mudik, Husin kepada Haluan, Rabu (14/6).

 

Selama ini, menurut Husin, hamparan areal pertanian yang dikelola Kelompok Tani Sepakat Kolok Mudik itu, hanya berharap kucuran hujan. Itupun, jika musim hujan bertahan hingga hingga musim panen datang.

 

“Tidak jarang, ketika musim hujan datang yang hanya dalam beberapa saat, membuat harapan petani kembali buyar untuk mengolah lahan pertanian mereka. Bahkan ada yang merugi, karena sudah memulai untuk bercocok tanam, namun kemudian kemarau datang,” ujar Husin.(h/nto)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,12 Juni 2017 - 14:23:46 WIB

    Atasi Konflik Sosial, Pasaman Barat Pakai Aplikasi Elektronik

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) membuat dua program unggulan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat..
  • Senin,24 Oktober 2016 - 01:03:35 WIB

    Atasi Kenakalan Pelajar, Pemko dan DPRD Munculkan Terobosan Baru

    PADANG PANJANG, HALUAN — Komitmen Walikota Padang Panjang, H Hendri Arnis beserta jajarannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Padang Panjang perlu diapresiasi..
  • Jumat,01 Juli 2016 - 05:06:37 WIB

    Atasi Kemacetan, Kota Solok Butuh Jalan Dua Jalur

    SOLOK, HALUAN — Jalan dua jalur memang sudah saatnya dibangun dalam wilayah Kota Solok. Terutama pada jalan nasional sebagai wujud dalam mencirikan sebuah kota. Kenyataannya, sampai saat ini jalan-jalan utama dalam Kota Sol.
  • Kamis,24 Maret 2016 - 03:40:44 WIB

    Sejumlah Titik Longsor Berhasil Diatasi

    BATUSANGKAR,HALUAN — Sejumlah titik longsor yang melanda sejumlah sarana dan prasarana masyarakat Nagari Atar Kecamatan Padang Gantiang, berhasil ditangani atas koordinasi BPBD dengan instansi terkait seperti Dinas PU dan T.
  • Kamis,25 Februari 2016 - 02:04:54 WIB

    HMI Minta Pemkab Serius Atasi Pembalakan Liar

    BATUSANGKAR,HALUAN — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Batusangkar meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar serius menangani kasus pembalakan liar dan penyadapan getah pinus tanpa izin yang marak terjadi akhir-akhir ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM