Bulog Siap Tampung Bawang Merah Solok, Senator Asal Sumbar Penuhi Asa Petani


Selasa,13 Juni 2017 - 23:29:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bulog Siap Tampung Bawang Merah Solok, Senator Asal Sumbar Penuhi Asa Petani Senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra memaparkan kronologis pertemuan dan berbagai persoalan yang dihadapi petani bawang dihadapan Bulog dan perwakilan kementan RI.

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Anjloknya harga bawang merah di pasaran membuat petani bawang merah Alahan Panjang Kabupaten Solok yang selama ini menjadi sentra penghasil bawang merah untuk wilayah Sumatera terpekik.

 

Para petani yang sempat mendengar janji manis menteri pertanian Andi Amran Sulaiman yang akan menjaga stabilitas hargapun akhirnya menuntut kepastian dipenuhinya janji tersebut.

 

Difasilitasi anggota DPD RI asal Sumbar yang juga duduk di Komite II H.Nofi Candra, jeritan para petani bawang di daerah itu akhirnya memunculkan harapan baru. Senator muda yang akrab dengan dunia pertanian tersebut, Senin (12/6) memboyong pejabat terkait seperti direktorat jenderal Holtikultura Kementan, perum Bulog serta ketua Komite II DPD RI yang juga membidangi masalah Pertanian Parlindungan Purba untuk datang dan berdiskusi mendengar keluh kesah petani bawang merah Solok.

 

 

Di areal pertanian sentra pengembangan bawang merah "Central Park" Bukit Cambay Alahan Panjang, rombongan dari pusat ini disambut oleh wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin bersama Kadis Pertanian dan perwakilan para petani dan pelaku usaha perdagangan bawang merah.

 

Para petani yang semulanya  terpekik akibat harga komoditi bawang merah yang terjun bebas, akhirnya menemui titik terang setelah Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan siap menampung Bawang Merah Solok dengan harga Rp 15.000 perkilo.

 

“ Kami akan membeli, tetapi dengan catatan, harga berdasarkan kualitas bawang dan transaksinya harus dibawah kendali tim pengawas komoditi bawang yang dibentuk oleh pemerintah, “ ujar Direktur Utama Perum Bulog diwakili Direktur Pengadaan Tri Wahyudi Saleh.

 

Meski terkesan pasrah dengan kehendak petani. Namun Tri Wahyudi Saleh menyampaikan alasan bahwa Bulog sebenarnya tidak serta merta dapat menampung hasil produksi petani. Masalahnya selain karena status bulog merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menurut aturan memikirkan soal profit dan sebagai koorporasi.

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,23 Mei 2017 - 07:44:55 WIB
    JAGA STABILITAS HARGA

    Bulog Sumbar Jual Daging Impor

    Bulog Sumbar Jual Daging Impor PADANG, HALUAN - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan, dalam waktu dekat Bulog akan segera menyediakan daging beku impor. Selain itu, Bulog juga menjamin kesegarannya dan aman dikonsumsi masyarakat.
  • Jumat,19 Mei 2017 - 11:17:25 WIB

    Bulog Bukittinggi Salurkan 87.240 Kg Rastra

    Bulog Bukittinggi  Salurkan 87.240 Kg Rastra BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Perum Bulog Sub Divisi Regional Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), telah menyalurkan 87.240 kilogram beras bagi keluarga pra-sejahtera atau rastra untuk keluarga penerima di kota Jam G.
  • Rabu,19 April 2017 - 01:11:59 WIB
    AGAR TAK RUGIKAN PETANI

    Bulog Kawal Harga Bawang Merah

    Arosuka, Haluan—Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan akan mengawal harga bawang merah, agar tidak anjlok terlalu tajam di pasaran. Minimal standar harga berada kisaran Rp15 ribu perkilogram. Hal ini dilakukan untuk mem.
  • Kamis,02 Maret 2017 - 11:24:57 WIB

    Bulog Targetkan 1.500 RPK di Sumbar

    Bulog Targetkan 1.500 RPK di Sumbar PADANG, HALUAN— Bulog Divisi Regional Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan 1.500 Rumah Pangan Kita (RPK) di provinsi itu sebagai upaya menstabilkan harga pangan. .
  • Rabu,16 Maret 2016 - 03:08:47 WIB
    Harga Cabai Merah Melambung

    Bulog Tak Menggelar OP Cabai Merah

    Bulog Tak Menggelar OP Cabai Merah PADANG, HALUAN — Bulog Divre Sumatera Barat (Sumbar) tidak akan menggelar operasi pasar (OP) meski harga cabai merah melambung setinggi apapun. Kasi Humas Bulog Sumbar, Saidi membeberkan alasan tersebut ketika diwawancarai .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM