Wow! Songket Silungkang Dipamerkan di Brussel Belgia


Selasa,13 Juni 2017 - 17:20:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wow! Songket Silungkang Dipamerkan di Brussel Belgia Anita Dona Sari memperagakan kerajinan tenun Silungkang di pekan raya ekonomi, Brussel Belgia. (Foto: Ist)

 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Sejarah kembali berulang, kerajinan tenun songket Silungkang akhirnya didemonstrasikan dalam pekan raya ekonomi di Brussel Bergia, setelah lebih dari seratus tahun lalu dipamerkan di negara yang sama.

 

Jika dulu Ande Baensah, kini pengerajin muda bernama Anita Dona Asri, lajang kelahiran 13 Mei 1986 itu, membawa nama Indonesia dan Sawahlunto khususnya, melalui kerajinan tenun songket Silungkang yang Ia dalami.

 

Anak pertama dari tiga bersaudara itu, menjadi satu-satunya pengusaha dari Indonesia, yang hadir dalam pekan raya ekonomi dunia tersebut. Wanita yang akrab disapa Dona itu, hadir dalam European Development Day (EDD), 7 – 8 Juni lalu.

 

“Alhamdulillah, setelah 15 jam perjalanan, kami dapat mempamerkan produk kerajinan tenun songket Silungkang,” ujar Anita Dona Asri melalui telepon genggamnya kepada Haluan, Selasa (13/6).

 

Peningkatan mutu bahan baku dan kualitas pengerjaan menjadi catatan penting, sebagai oleh-oleh bagi Dona sekembali dari Brussel Belgia. Dona mengaku akan membuat standar operasional khusus, mulai dari bahan, pengerjaan dan kebersihan.

 

Meski telah lolos dari Indonesia, ternyata lajang dari pasangan Syamsamir Rajo Alam dan Nuryati itu, harus kembali menjalani seleksi untuk bisa lolos dan mengambil stand di arena pekan raya Brussel Belgia.

 

“Ada pengunjung yang mau membeli beberapa produk yang dipamerkan. Tetapi sayang, arena pekan raya itu tidak diperbolehkan melakukan penjualan,” pungkasnya.

 

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, mengapresiasi keberhasilan Anita Dona Asri, yang membawa kerajinan tenun songket Silungkang Sawahlunto untuk dipromosikan tingkatkan internasional.

 

“Sejarah itu kembali terulang, melalui pengerajin muda, kerajinan songket Silungkang kembali dipamerkan di ajang internasional. Mudah-mudahan, iven tersebut membuat pasar songket Silungkang semakin luas dan mendunia,” harap Ali Yusuf.(h/nto)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM