Bupati Agam Gelorakan Silek Minang


Selasa,13 Juni 2017 - 12:26:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bupati Agam Gelorakan Silek Minang Silat tradisional Minang berkembang cukup pesat di Agam. ist

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Agam Indra Catri meminta para "Tuo Silek" menggelorakan perkembangan silat tradisional minang bagi anak kemanakan, sementara pemerintah turut mensupportnya.

 

Bupati mengatakan hal itu pada acara berbuka puasa bersama dengan para "Tuo Silek" Agam di rumah dinasnya Minggu (11/6).


"Silat bagi masyarakat minang merupakan jati diri, pusaka yang diwariskan orang tua dulu dari generasi ke generasi dan merupakan "pamenan" bagi masyarakat,selain sebagai olah raga bela diri silat berfungsi melatih fisik dan mental," ujar Indra Catri.
 

Untuk mengembangkannya pemerintah turut mensuport degan menyemangati masyarakat membentuk sasaran silat, mengadakan pertandingan tingkat kabupaten dan provinsi, mewajibkan sekolah-sekolah memasukan silat ke dalam kegiatan ekstra kurikulernya, sehingga silat mengalami perkembangan cukup pesat, hingga saat ini telah berdiri 200 lebih sasaran silat minang di kabupaten Agam.


Sementara itu salah seorang Tuo Silek Agam Dt Mangkuto Sati, pada acara berbuka puasa bersama tersebut menyatakan apresiasinya terhadap semangat Bupati Agam dalam mengembangkan silat tradisional.


"Mudah-mudahan semangat bupati Agam terus meningkatkan perkembangan silat terutama terhadap generasi muda baik lelaki maupun perempuan," kata Tuo Silek itu. (h/ks)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,18 November 2016 - 00:16:06 WIB
    KONTINGEN KABUPATEN SOLOK DILEPAS

    Bupati: Harus Jaga Nama Baik Daerah

    Bupati: Harus Jaga Nama Baik Daerah Arosuka, Haluan — Kon­tingen Kabupaten Solok yang turun pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke XIV di Kota Padang merupakan duta daerah. Lantaran itu selama penyelenggaraan iven akbar dua tahunan ini para atlet, .
  • Sabtu,29 Oktober 2016 - 13:43:30 WIB

    Petinju Bukittinggi dan Tanah Datar Raih Emas di Kejurda Tinju Piala Bupati Sijunjung

    Petinju Bukittinggi dan Tanah Datar Raih Emas di Kejurda Tinju Piala Bupati Sijunjung SIJUNJUNG, HALUAN- Petinju Bukittinggi dan Tanah Daftar mendulang medali emas di Kejurda tinju amatir piala Bupati Sijunjung yang berlangsung di GOR Sibinuang Sakti Muaro Sijunjung, Jumat malam (28/10)..
  • Rabu,20 Juli 2016 - 02:24:38 WIB

    SSB Padang Alai Dilepas Bupati

    SSB Padang Alai Dilepas Bupati PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Bupati Padang Pa­ria­man, H. Ali Mukhni, melepas secara resmi tim Sekolah Se­pak­bola (SSB) Padang Alai Ke­ca­matan V Koto Timur, untuk ber­tanding mewakili Sumatera Barat pada piala Dan.
  • Selasa,19 Juli 2016 - 06:26:16 WIB

    Bupati Pasaman Buka Turnamen Ipelaju

    PASAMAN, HALUAN — Bu­pati Pasaman, Yusuf Lubis membuka secara resmi open turnamen bola voli Ikatan Pemuda Labuhan Jurung (Ipe­laju) Cup I, di Labuhan Ju­rung, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Minggu (17/7) sore kemar.
  • Rabu,08 Juni 2016 - 02:46:34 WIB
    Pengurus KONI Dharmasraya Sedang Disusun

    Bupati Harapkan Pengurus yang Mau Bekerja

    DHARMASRAYA, HALUAN — Pada Kamis 26 Mei 2016 lalu, dalam rapat Musyawarah Olahraga Daerah (Musorda) bertempat di aula Kantor Bupati Dharmasraya, yang disaksikan langsung saat itu oleh Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indo.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM