Enam Bakal Calon Kada Ambil Formulir di PPP Sawahlunto


Selasa,13 Juni 2017 - 11:50:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Enam Bakal Calon Kada Ambil Formulir di PPP Sawahlunto Mantan Sekda Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah ke Tim Sembilan PPP Sawahlunto. NTO

SAWAHLUNTO, HALUAN-Hari pertama dibuka, enam bakal calon kepala Kota Sawahlunto, mengambil formulir penjaringan bakal calon kepala daerah ke Sekretariat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Sawahlunto. Bermodalkan empat kursi legislatif atau 20 persen perwakilan di gedung dewan, DPC PPP ‘Kota Arang’, satu-satunya partai dapat mengusung pasangan calon kepala daerah tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Formulir seleksi calon kepala daerah PPP Kota Sawahlunto itu, diambil oleh Zohirin Sayuti, Deri Asta, Fauzi Hasan, Susi Muhardini, Jasyanto Sahoer, dan Adi Ikhtibar. Satu dari enam formulir, langsung dikembalikan bakal calon. Zohirin Sayuti, mantan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, menjadi bakal calon pertama yang mengambil dan mengembalikan formulir ke Tim Sembilan PPP Sawahlunto. Usai dikembalikan, Tim Sembilan yang diketuai Neldaswenti itu, menyatakan berkas Zohirin Sayuti lengkap.

“Saya mengembalikan formulir hari ini. Soal posisi, biarlah partai yang menentukan, apakah nantinya sebagai calon walikota atau calon wakil walikota atau tidak diusung,” ujar Zohirin Sayuti, di Sekretariat DPC PPP Sawahlunto, Senin (12/6).

Sementara lima bakal calon lainnya, Deri Asta, Susi Muhardini, Fauzi Hasan, dan Jasyanto Sahoer, baru pada tahap pengambilan formulir dan belum mengembalikannya.

Ketua DPC PPP Kota Sawahlunto, Adi Ikhtibar, yang kini mengemban amanah sebagai Ketua DPRD Sawahlunto, mengaku memiliki ‘selera’ untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah melalui partai yang dipimpinnya. “Kader partai tentu akan mendaftarkan diri, untuk bersaing dengan non kader. Sebab PPP membuka kesempatan untuk non partai untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon dalam pilkada mendatang,” ujar Adi Ikhtibar usai mengambil formulir.

Ketua Tim Sembilan PPP Sawahlunto, Neldaswenti bersama sekretaris, Markos, mengungkapkan, proses pendaftaran bakal calon kepala daerah, akan berlangsung selama satu bulan, mulai 12 Juni dan ditutup 12 Juli mendatang.

Menurut Adi Ikhtibar dan Neldaswenti, proses penetapan bakal calon kepala daerah dari PPP Sawahlunto nantinya, tidak terlepas dari pimpinan pusat partai. Sebab, DPP PPP juga akan melakukan survey, dengan menunjuk lembaga survey secara langsung.

“Tim Sembilan nantinya akan melaporkan secara berjenjang hasil proses pendaftaran. Untuk penetapan siapa yang akan diusung nantinya, berdasarkan survey dari pimpinan partai pusat,” tegas Adi Ikhtibar. Meski bisa mengusung pasangan sendiri, menurut Adi Ikhtibar, partainya tetap membuka komunikasi dengan partai lain, melakukan koalisi dalam memenangkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.(h/nto)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM