Tanah Datar Disambangi Dewan Penasehat Presiden


Senin,12 Juni 2017 - 11:35:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

TANAH DATAR, HALUAN - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi didampingi sejumlah Kepala OPD sambut kedatangan Dewan Penasehat Presiden Bidang Ekonomi dan Industri dan juga menjabat sebagai anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) RI, Dony Oskaria beserta tim di Rumah Gadang Siti Fatimah Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan, Sabtu (10/6). Kegiatan diawali ekspos potensi wisata oleh Kamrita selaku pengurus organisasi Kampuang Minang Nagari Sumpu.

“Sumpur yang terletak di tepi danau Singkarak punya potensi keindahan alam, seperti aliran sungai yang bisa dijadikan sarana arung jeram, keindahan pemandangan dari perbukitan dan kekayaan kuliner seperti bilih, pangek sumpu, singgang, rendang dan buah Sawo yang rasanya manis," ujar bupati dihadapan sejumlah tamu.

Diakhir sambutannya, Bupati Irdinansyah menyebut sengaja membawa OPD terkait seperti Kadis Pariwisata, Kepala Baperlitbang sebagai perencana dan OPD terkait lainnya. "Semoga dengan momentum ini, dapat diambil manfaatnya dalam peningkatan pengembangan pariwisata di Tanah Datar untuk masa datang," harap bupati.

Dikesempatan itu, Dony Oskaria menyampaikan bangga dan apresiasi kepada tokoh-tokoh Sumpu bersama Pemerintah Daerah yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini, demi kemajuan wisata Sumpu khususnya dan Tanah Datar Umumnya.

"Terus terang, dari beberapa daerah di Indonesia yang telah saya kunjungi, terutama ke daerah yang katanya terbaik, namun setelah melihat daerah kita, lebih bagus daerah kita," ujar Dony.

Namun, kata Dony, keseriusan pengelolaan potensi mereka itulah yang menjadi kelebihannya. "Daerah lain mempunyai destinasi wisata unggulan yang mereka kelola dengan sekuat tenaga, sedangkan kita hampir semua lokasi wisata dapat dijadikan destinasi wisata unggulan namun belum terkelola dengan baik," katanya.

Sumpu mempunyai potensi yang komplit, mulai dari destinasi wisata alam, budaya dan wisata yang diciptakan seperti atraksi di danau, offroad dan lainnya. "Ketika potensi bisa maksimalkan dengan melengkapi lokasi transaksi seperti kuliner dan merchandise, maka dampak ekonomi akan dirasakan masyarakat setempat. Ketika manfaat sudah dirasakan, maka dengan sendirinya masyarakat akan menjaga dan merawat destinasi wisata itu. Marilah kita capai itu, karena Pemda dibawah komando pak Irdinansyah nampak sangat konsen dan mendukung sekali peningkatan kepariwisataan," pungkas Dony. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB

    "Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap ba.
  • Selasa,15 Agustus 2017 - 22:16:00 WIB

    Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar

    Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Kunjungan 19 mahasiswa serta dosen Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (UIAM) dan ditemani tokoh perantau Minang Malaysia Haswin Darwis mendapat antusias yang tinggi dari pemerintah daerah..
  • Senin,10 Juli 2017 - 12:15:47 WIB

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak TANAH DATAR, HALUAN - Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan penataan kawasan pariwisata Selingkar Danau Singkarak. Kawasan selingkar Danau Singkarak sangat layak dikembangka.
  • Kamis,29 Juni 2017 - 15:11:57 WIB

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar BATUSANGKAR, HALUAN - Ribuan alumni SMA Negeri 1 Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tumpah ruah memadati Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, untuk menghadiri acara Reuni Lintas Angkatan dan Reuni Pe.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM