Pemekaran Agam Jadi Perhatian Anggota DPD


Senin,12 Juni 2017 - 09:40:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemekaran Agam Jadi Perhatian Anggota DPD

AGAM, HALUAN –  Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Dapil Sumbar, Leonardy Harmaini berjanji akan mengawal rencana Pemekaran Kabupaten Agam menjadi Kabupaten Agam Barat dan Agam Timur. Apalagi sesuai syarat pemekaran, tak lagi ada masalah. Dukungan masyarakat pun cukup kuat.

Hal itu diungkapkan Leonardy Harmaini saat menggelar safari Ramadan di Mesjid Nurul Falah, Pasia Laweh, Agam, Sabtu (10/6). Menurutnya, wacana pemekaran Agam demi pemerataan pembangunan daerah ke depan. Selain itu, pemekaran daerah juga ber­dampak pada percepatan pela­yanan masyarakat. “Terkait pemekaran Kabupaten Agam, sudah disampaikan Sekdakab Agam kepada saya beberapa waktu yang lalu. DPD ikut melakukan pengawalan,” ujar Leonardy.

Menurut Leonardy, Agam pada dasarnya secara syarat memang sudah layak dimekarkan, mengingat wilayah yang luas serta jumlah penduduknya yang banyak. “Tujuan pemekaran untuk mensejahterakan masyarakat dan mempermudah urusan pelayanan. Kasihan orang yang dari Baso, untuk mengurus surat mesti melalui Kelok 44. Terkadang tak bisa selesai dalam satu hari, dan mesti balik lagi," sambung Leonardy.

Leonardy menambahkan, secara jumlah kecamatan juga telah mencukupi untuk pemekaran. Agam saat ini memiliki 16 kecamatan. "Syarat untuk satu kabupaten itu kan cuma empat kecamatan. Agam sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan,” papar mantan Ketua DPRD Sumbar itu.

Untuk pemekaran tidak hanya diusulkan lalu dibahas, dan dibiarkan begitu saja. Tapi harus ditindaklanjuti dengan serius. “Saya akan kawal dan selalu berupaya agar aspirasi yang dititip oleh masyarakat bisa terealisasi sebagaimana yang diinginkan. Tugas saya untuk memperjuangkannya di pusat,” tegas Leonardy.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto menyampaikan, pemekaran adalah keinginan dari masyarakat, tanpa ada unsur lainnya. Secara syarat dan ketentuan sudah bisa dimekarkan, pemerintah sudah bekerja untuk itu. "Pansus sudah dibentuk dan memulai pekerjaanya," katanya.

Dalam waktu dekat, akan dibentuk panitia pemekaran, yang nanti juga akan menentukan dimana ibu kota kabupaten baru. “Sekarang sudah ada beberapa yang bersedia. Namun, perlu pengkajian lebih lagi untuk penetapan sebagai ibukota kabupaten. Ada tiga kecamatan yang bersedia untuk jadi ibukota kabupaten. Yaitu, Balingka, Ampek Angkek dan Palupuah," Sambung Sekda.

Semua proses dan syarat administrasinya akan diselesaikan dalam waktu dekat. Selanjutnya diserahkan kepada pemerintah pusat. “Semoga apa yang menjadi keinginan masyarakat bisa direalisasikan, sehingga memberi kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah,” harap Martias.

Ketua Komisi I DPRD Agam Feri Adri­an­to sebelumnya menyebutkan, pemekaran Kabupaten Agam tidak lagi menjadi bahasan saja, tetapi sudah menjadi kebutuhan dari masyarakat. Oleh sebab itu Ko­misi I maupun seluruh fraksi sangat mendukung hal ini. Apa­lagi dasar untuk pemekaran Kabupaten Agam sudah memenuhi untuk dimekarkan.

Ia menjelaskan, dari segi keca­matan Kabupaten Agam mem­punyai 16 kecamatan. Apalagi dari luas daerah dan jumlah penduduk karena Kabupaten Agam termasuk kabupaten yang terluas di Sumbar. “Pembangunan daerah akan me­rata serta pelaya­nan untuk masyarakat akan lebih mudah kalau Ibu kota Kabupaten dekat dengan masayarakat,” katanya.

Dikatakan, Komisi I bersama pemerintah daerah dalam hal ini adalah Bagian Administrasi Pe­me­rintahan Umum Sekretariat Daerah telah melakukan pemba­hasan tentang pemekaran Kabu­paten Agam. Apabila Pemerintah Daerah bersama dengan DPRD serta pemuka masyarakat sudah satu suara tinggal lagi melan­jutkan pembahasan pemekaran. Feri menggambar­kan peme­karan Kabupaten Agam nantinya menjadi dua kabupaten yakni Kabu­paten Agam Barat dan Kabu­paten Agam Timur.  Agam Ti­mur akan memiliki 10 Kecamatan dan Kabu­paten induk 6 Keca­matan. “Pada prinsipnya, pemekaran sangat menguntungkan. Adanya kabupaten baru akan semakin memudahkan masyarakat beruru­san, administrasi. Sebab, wilayah Agam sangat luas. Masyarakat di Kecamatan Palupuah akan sangat jauh apabila berurusan di Lubuk Basung. Selain itu, jelas membuka lapangan pekerjaan baru,” katanya

Pemekaran juga akan mem­buat pembangunan akan jauh lebih efektif. Sebab, daerah akan lebih fokus menggarap potensi mereka dengan maksimal. Potensi wilayah Agam bagian timur de­ngan barat jelas berbeda. Di wilayah timur, potensinya adalah perdagangan, jasa, industri, se­men­tara di wilayah barat, perika­kan kelautan, serta perkebunan. (h/mg-hen)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 11:08:27 WIB

    Panitia Pemekaran Pasbar Utara Terbentuk

    Panitia Pemekaran Pasbar Utara Terbentuk PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Ratusan masyarakat dari setiap kecamatan se-Pasaman Barat Bagian Utara, hadiri sekaligus mengikuti pembentukan struktur pengurus panitia persiapan pemekaran Kabupaten Pasaman Barat bagian utara (Pas.
  • Minggu,18 Juni 2017 - 20:23:04 WIB

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI ) Mulyadi merespon rencana pemekaran Kabupaten Agam dengan positif. Jika itu dirasa baik, dan sudah dinilai layak, maka ada baiknya pihak pihak yang memiliki kew.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 10:18:03 WIB

    Pemekaran Agam Dapat Dukungan

    PADANG, HALUAN - Wacana pemekaran Kabupaten Agam mendapat sambutan baik dari segenap masyarakat. Dukungan tak hanya dari kalangan pemuka adat, kalangan DPRD Agam, Pemkab Agam, tapi juga dari anggota DPRD Provinsi Sumbar dari .
  • Senin,08 Mei 2017 - 11:08:02 WIB

    Rencana Pemekaran Agam Belum Tersosialisasi

    Rencana Pemekaran Agam Belum Tersosialisasi AGAM, HALUAN – Sosialisasi rencana pemekaran Kabupaten Agam perlu disebarluaskan, sehingga pembahasan tersebut tidak hanya pada tataran elit. Upaya ini hendaknya juga dipahami oleh seluruh elemen masyarakat sampai pada tata.
  • Kamis,13 Oktober 2016 - 01:31:54 WIB

    Dua Nagari Serahkan Berkas Pemekaran

    Dua Nagari Serahkan  Berkas Pemekaran Pasbar, Haluan — Dua dari tiga nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah me­nyerahkan berkas pro­posal penataan nagari/pemekaran nagari ke pemerintah ke­camatan setempat..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM