Cegah Penjahat Jalanan, Polisi Patroli Pakai Senpi Laras Panjang


Senin,12 Juni 2017 - 00:02:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cegah Penjahat Jalanan, Polisi Patroli Pakai Senpi Laras Panjang Tim Khusus Anti Jambret Polresta Padang yang telah dibentuk, Sabtu (10/6) foto bersama di halaman Mapolresta Padang. IST

PADANG, HALUAN – Setelah lama vakum, Polresta Padang kembali membentuk tim khusus memberantas kejahatan jalanan di wilayah Kota Padang di bawah kepimpinan Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz.

Belasan personil Polresta Padang ini resmi dibentuk pada Sabtu (10/6). Para petugas ini adalah orang pilihan untuk membasmi kejahatan jalanan, seperti jambret. Untuk menangkap pelaku kejahatan itu, mereka (Polisi, red) dilengkapi helm dan baju anti peluru, serta senjata api (senpi) dan kendaraan bermotor.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kabag Ops, Kompol Ediwarman menjelaskan, dibentuknya tim khusus tersebut karena perkembangan kejahatan jalanan, apalagi Lebaran semakin dekat. Kemungkinan akan terjadi peningkatan kejahatan jalanan.

“Kita bentuk tim khusus (Timsus) ini dengan jumlah personel 20 orang. Anggota ini dipilih dari berbagai unit, yakni Satuan Reserse, Sabhara dan Intelkam. Setelah dipilih, maka kami satukan dan memadukannya untuk memiliki kemampuan khusus,” kata Ediwarman kepada wartawan, Sabtu (10/6) malam.

Dijelaskan Ediwarman, pekerjaan pokok timsus Polresta Padang ini adalah membasmi kejahatan jalanan (Strike Crime), yang jambret, perampokan, curanmor dan lain-lainnya. Nantinya, anggota tersebut langsung dengan sigap melakukan tindakan represif setelah mendapatkan adanya laporan kejahatan jalanan.

“Timsus ini harus bergerak cepat dan mengedepankan standard operating procedure (SOP), apabila mendapatkan laporan. Dengan dibentuknya tim tersebut, diharapkan dapat menimalisir kejahatan dan tentu membuat Kota Padang kondusif dan aman,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Ediwarman, untuk strategi timsus ini akan dibagi perzona, di mana zona yang dianggap rawan akan aksi kejahatan jalanan. Untuk saat ini, timsus ini difokuskan penindakan aksi jambret di Kota Padang.

“Jambret semakin hari meningkat dan marak terjadi di Kota Padang. Timsus akan kita bagi peranggota dan perwilayah, di mana ketika ada kejadian segera bergerak melakukan penindakan,” ucapnya.

Dikatakannya, tim khusus ini akan dipermanenkan sehingga tidak hanya ketika menjelang hari Raya Idul Fitri, tetapi anggota ini selalu ada saat dibutuhkan. Ke depannya, kami akan berupaya memberikan perlengkapan cagih untuk mengungkap kasus dan terus berikan pelatihan,” ungkap mantan Kapolsek Luki.

Ditambahkan Ediwarman, sebelumnya Polresta Padang juga telah memiliki tim pengurai massa (Raimas) yang mengkedepankan tindakan preventif, menindak tindakan kenalakan remaja, seperti tawuran dan balap liar. Namun apabila suatu tingkat kejahatan itu meningkat, seperti jambret, maling, serta perampokan, maka akan ditangani oleh timsus tersebut.

Sementara Komandan Tim (Dantim) Timsus Polresta Padang, Kompol Sigit menjelaskan, timsus tersebut dilengkapi dengan senpi laras panjang dan pendek, rompi anti peluru, senter, helm dan sepeda motor. Anggota yang dipilih ini rata-rata memiliki kemampuan dan lulus penembak terbaik.

“Kemampuan tembak mereka kelas dua. Sambil berjalan, anggota akan dibekali atau berlatih khusus bagaimana cara teknis penggerebekan maupun pengepungan yang sifatnya sangat diperlukan di lapangan. Jika ada kejadian, mereka ini sudah tahu bagaimana cara mengungkap kasus hingga melumpuhkan pelaku kejahatan di lapangan,” jelas Sigit. (h/nas)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,11 Agustus 2017 - 18:21:40 WIB

    BNNK Sawahlunto Sosialiasi Pencegahan Narkoba di CV BMK

    BNNK Sawahlunto Sosialiasi Pencegahan Narkoba di CV BMK SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Badan Narkotika Nasional Kota Sawahlunto melaksanakan  kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)  di lingkungan pekerja. Sebanyak 30 Karyawa.
  • Senin,17 Juli 2017 - 00:20:40 WIB

    Cegah Peredaran Narkoba, BNK Bukittinggi Intensifkan Razia

    Cegah Peredaran Narkoba, BNK Bukittinggi Intensifkan Razia BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.VOM--Guna mengantisipasi masuknya peredaran Narkoba di Bukittinggi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bukittinggi intensifkan razia kenderaan roda empat pada jalur gerbang pintuk masuk dalam kota.
  • Senin,19 Juni 2017 - 15:53:18 WIB

    Kapolres Agam Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme

    Kapolres Agam Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme AGAM,HALUAN- Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga keberagaman prinsip-prinsip kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bahaya radikalisme dan intolerensi.
  • Jumat,25 November 2016 - 18:57:35 WIB

    Cegah Peredaran Narkoba, Kendaraan Keluar Masuk Sumbar Digeledah

    Cegah Peredaran Narkoba, Kendaraan Keluar Masuk Sumbar Digeledah DHARMASRAYA, HALUAN – Maraknya pemakai dan pengedar narkotika belakangan ini dan, salah satunya dapat dilihat dari pemberitan media online dan cetak. .
  • Kamis,10 November 2016 - 21:14:42 WIB

    Cegah Pencurian Kendaraan Bermotor, Polres Bukittinggi Gelar Operasi Sikat

    Cegah Pencurian Kendaraan Bermotor, Polres Bukittinggi Gelar Operasi Sikat PADANG, HALUAN--Mencegah terjadinya pencurian kenderaan bermotor diwilayah hukum Polres Bukittinggi. Jajaran Polres Bukittinggi menggelar operasi sikat yang dimulai semenjak Selasa (8/11)..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM