Sejumlah Lampu Jalan di Kota Pariaman Rusak


Sabtu,10 Juni 2017 - 14:51:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PARIAMAN, HALUAN - Akibat keterbatasan biaya perawatan untuk penerangan umum di Pemko Pariaman, sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di lokasi jalan arteri penangkaran penyu di Mangguang terbiarkan rusak. Termasuk juga lampu penerangan di depan Gedung Promosi Kota Pariaman di Gerbang Kota, Padang Biriak-biriak.

Pantauan Haluan, Jumat (9/6), terlihat lampu penerangan yang berada di jalan arteri ke penagkaran penyu Mangguang tiangnya sudah banyak yang patah. Sementara dekat gerbang masuk terlihat satu buah lampu yang tiangnya sudah sangat miring dan menunggu rebah.

Kondisinya sudah terjadi sejak satu bulan terakhir ini. Hal ini setidaknya mulai menjadi tontonan masyarakat termasuk wisatawan atas kurang mampunya Pemerintah Kota Pariaman dalam melakukan perawatan sarana dan prasarana yang telah  ada. Hingga berita ini diturunkan belun terlihat adanya tanda-tanda perbaikan dari pihak terkait di Kota Pariaman.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas PUPR Kota Pariaman, Asrizal yang dihubungi Haluan via telepon genggamnya membenarkan adanya kerusakan lampu penerangan di jalan arteri di Mangguang tersebut. Ia juga mengakui bahwa kerusakan ini sudah terjadi sejak lama.

"Bagaimana kita bisa cepat mengatasi kerusakan sarpras tersebut, sementara dana pemeliharaan untuk lampu penerangan umum itu sangat terbatas," kata dia.

Pemeliharaan PJU ini seharusnya cepat ditangani. Tapi apa daya, keterbatasan anggaran membuat kerusakan ini menjadi terkesan terabaikan.  

“Dalam menempatkan anggaran harus hati-hati sesuai dengan dalam skala prioritas. Namun terhadap kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU) itu, kita usahakan dalam waktu dekat ini akan dilakukan dengan penggantian lampu LED,” tambahnya.

Memang, kata dia, dari segi keindahan sudah mengganggu. Namun demikian, atas nama Pemerintah Kota Pariaman, Asrizal berjanji akan segera melakukan perbaikan PJU tersebut. “Sesegera mungkin akan kita perbaiki,” tegas Asrizal.

Terkait rambu penunjuk lajur jalan yang tersandar di taman jalan perampatan simpang Apa, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Yota Balad yang dihubungi Haluan terpisah mengaku tidak mengetahuinya. “Kita cek dulu. Kalau memang ada akan kita perbaiki letaknya,” pungkasnya. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 11:13:22 WIB

    Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik

    Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM – Aliran listrik masih belum menyentuh masyarakat di daerah pedalaman. Kondisi ini harus ditunjang juga dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan dan penetaan ulang tata ruang di daerah i.
  • Minggu,08 Januari 2017 - 07:46:38 WIB

    Distributor Pupuk Dipertanyakan Sejumlah Komponen di Pasbar

    PASBAR, HALUAN – Sejumlah komponen masyarakat di Pasbar mempertanyakan sikap PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang belum merespon surat bupati terkait rekomendasi penunjukkan distributor pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun.
  • Selasa,27 Desember 2016 - 00:43:14 WIB
    SELEKSI CALON PEJABAT ESELON IIB PRATAMA SELESAI

    Pansel Setor Sejumlah Nama ke Bupati

    Pansel Setor Sejumlah Nama ke Bupati AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 71 nama calon pejabat yang akan mengisi 21 jabatan eselon II B di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok, akhirnya diserahkan kepada Bupati Solok Gusmal usai diseleksi oleh panitia seleksi (Pansel).
  • Senin,14 November 2016 - 00:26:46 WIB

    Koperatif dan Patuh Aturan, Sejumlah Perusahaan Diganjar Penghargaan

    SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Solok Selatan (Solsel) memberikan piagam penghargaan bagi perusahaan yang kooperatif dan patuh terhadap aturan yang berlaku. Pemkab Solsel menilai perusahaan tersebut layak mendapatkan penghargaa.
  • Jumat,11 November 2016 - 00:22:14 WIB

    Ini Sejumlah Program Andalan Dinas PU Pasaman

    PASAMAN, HALUAN — Pemkab Pasaman saat ini fokus meningkatkan pem­bangunan infrastruktur dasar di bidang pengairan, bina marga, cipta karya dan pe­nataan ruang. Tujuannya, memberikan akses luas bagi masyarakat dalam berbag.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM