Keren! Calon Pengantin di Agam Ini Wajib Tanam Pohon Petai, Jengkol dan Alpukat


Jumat,09 Juni 2017 - 12:12:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Keren! Calon Pengantin di Agam Ini Wajib Tanam Pohon Petai, Jengkol dan Alpukat Calon pengantin menerima bibit petai di KUA Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya meluncurkan program wajib menanam pohon terhadap calon pengantin (Catin) sebagai upaya pelestarian kebudayaan dan pelestarian lingkungan.
 

Peluncuran perdana program tersebut dilakukan di KUA Kecamatan Tanjung Raya Selasa (6/6) terhadap sembilan orang Catin yang mendaftar untuk menikah di kantor tersebut.
 

Pada acara itu kepada setiap pasangan Catin diberikan enam batang bibit tanaman produktif yang buahnya diperlukan sebagai kebutuhan sehari-hari yakni jengkol,petai dan alpokat.
 

Menurut camat setempat,Handria Hasmi, tradisi menanam pohon bagi pengantin baru sebenarnya telah ada sejak dulu di berbagai tempat dalam kecamatan Tanjung Raya, sekarang dilestarikan kembali, tradisi ini cocok untuk pelestarian lingkungan dan penyediaan kebutuhan pangan keluarga.
 

Mekanisme program tanam pohon bagi Catin, saat mereka mendaftar untuk menikah diberi bibit pohon untuk ditanam pada lokasi milik sendiri dan penanamanya didokumentasikan.
 

"Dokumentasi itu dijadikan salah satu syarat dalam proses administrasi pernikahan dan harus dibawa saat mengikuti pembinaan pra nikah di KUA Tanjung Raya," kata camat Handria Hasmi.
 

Untuk pengadaan bibit pemerintah kecamatan mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten yang telah punya lahan pembibitan untuk mendorong program Agam Menyemai.
 

Selain terhadap calon pengantin pemerintah kecamatan Tanjung Raya juga menjalankan program santri menanam di Pondok Pesantren Prof Buya Hamka.
(h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM