Edukasi Untuk Pengunjung, Sawahlunto Bakal Buka Wisata Tambang


Kamis,08 Juni 2017 - 17:11:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Edukasi Untuk Pengunjung, Sawahlunto Bakal Buka Wisata Tambang Lobang tambang Dalam Batubara Sawahluwung Desa Rantih, yang dikembangkan jadi objek wisata edukaso. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Kota Sawahlunto atau yang dikenal sebagai kota tambang mempunyai keunikan dari segi sejarahnya. Mulai dari kereta api bara hingga lubang tambangnya.

 

Untuk meningkatkan kunjungan wisatanya dan memberikan edukasi kepada pengunjung, Pemerintah Kota Sawahlunto bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menyediakan lokasi tambang sebagai objek wisata.

 

"Cita cita walikota sawahlunto terdahulu, almarhum Amran Nur ingin mewujudkan wisata edukasi pertambangan akan segera terwujud. Pasalnya, saat ini kami mengupayakan semua bekas pertambangan batubara dikelola menjadi destinasi wisata baru, sebut saja salah satunya lubang tambang dalam Sawahluwung di Desa Rantih Talawi," kata Walikota Ali Yusuf kepada Haluan di Rantih, Kamis (8/6).

 

Selain museum tambang batubara yang dimiliki PT. BA UPO lanjutnya, pihak pemko juga berupaya menghidupkan kembali lubang lubang transportasi tambang yang selama ini terabaika.

 

Sedangkan di lubang tambang Sawahluwung yang saat ini masih aktif juga akan dibuka untuk umum, sehingga wisatawan bisa melihat secara langsung cara penambangan batubara tersebut.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,21 Desember 2016 - 00:13:57 WIB

    Ciptakan Penduduk Berkualitas dengan Edukasi

    Ciptakan Penduduk Berkualitas dengan Edukasi Agam,Haluan- Pemba­ngunan kependudukan, yang dibarengi melalui proses edukasi dan sinergisitas dari seluruh lini, akan mencipta­kan pembangunan yang ber­wa­wasan kependudukan bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang d.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM