Tingkatkan Pengawasan Makanan, Dharmasraya Anggarkan Pembelian Mobil Laboratorium


Kamis,08 Juni 2017 - 11:46:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tingkatkan Pengawasan Makanan, Dharmasraya Anggarkan Pembelian Mobil Laboratorium Mobil Labor BBPOM/Dokumentasi Haluan

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, pada 2018 menganggarkan pengadaan mobil laboratorium keliling sebagai upaya memaksimalkan pengujian pangan di daerah itu.

"Selama ini, kalau ada pemeriksaan masih menggunakan mobil laboratorium milik BBPOM Padang. Misalnya saat melakukan pengawasan dalam bulan Ramadan," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska di Pulau Punjung.

Ia mengatakan, upaya tersebut sudah disampaikan ke Dinas Kesehatan untuk segera dibahas secara internal mengenai sumber anggaran pengadaannya akan disediakan.

Jika tidak memungkinkan menjemput dana pusat untuk mendapatkan bantuan mobil laboratorium keliling, menurutnya pemerintah setempat akan menganggarkan pengadaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Rencana ini sudah saya sampaikan Dinas Kesehatan, kalau rasanya tidak mungkin dibeli dari dana pusat, pengadaannya diajukan saja dalam tahun anggaran 2018," ujarnya.

Ia menyebutkan, pengadaan mobil laboratorium keliling juga diusulkan langsung oleh Kepalan BBPOM Sumbar, Zulkifli saat melakukan pengawasan panganan berbuka puasa di Pasar Sikabau pada, Sabtu (4/6).

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Rahmadian menambahkan, pengadaan mobil laboratorium keliling akan dimasukkan ke dalam perencanaan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

"Kalau menunggu dari pusat dananya tidak ada, baik itu dari Kemenkes RI dan BPOM Pusat. Jadi kalau memungkinkan perencanaannya nanti dianggarkan dalam APBD 2018," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat Dan Makanan (BBPOM) Padang, Zulkifli menyarankan pemerintah kabupaten/kota menganggarkan pembelian mobil laboratorium keliling agar pengawasan peredaran produk pangan maupun obat yang mengandung bahan berbahaya dapat dilakukan secara optimal.

"Tahun ini Kabupaten Sijunjung sudah melakukan itu, kami harapkan daerah yang belum memiliki mobil keliling segera dianggarkan, termasuk Dharmasraya," ujarnya. (rel)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,20 September 2017 - 21:34:29 WIB

    Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel

    Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Pundi Sumatera sejak 2012 telah mulai lakukan pemberdayaan terhadap petani di Jorong Simancuang dan Jorong Simancuang Karang Hitam, Alam Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel). Pemberdayaan ini ber.
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 16:29:39 WIB

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kesehatan Padang Pariaman luncurkan program "Papa Tangkas Gada 119". Program ini bertujuan untuk mengurangi  peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan.
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 15:32:40 WIB

    Pasbar Belajar ke Bandung, Kesediaan Informasi Perlu Ditingkatkan

    Pasbar Belajar ke Bandung, Kesediaan Informasi Perlu Ditingkatkan PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Barat, serta 15 orang wartawan media cetak dan elektronik melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, dari Rabu (26/7) hingga .
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:29:59 WIB

    Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja

    Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja BATUSANGKAR, HALUAN - Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mampu melebihi dari pegawai atau karyawan swasta karena mereka merupakan penyelenggara negara dalam menjalankan roda pemerintahan..
  • Selasa,22 November 2016 - 00:29:47 WIB

    Kompetensi Aparatur Desa Ditingkatkan

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Pe­ningka­tan kompetensi aparatur desa mutlak diperlukan agar pelayanan terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan cerdas, berbekal ilmu pengetahuan yang mumpuni..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM