54 Nagari se-Tanah Datar Bakal Pilwana Serentak


Rabu,07 Juni 2017 - 12:09:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
54 Nagari se-Tanah Datar Bakal  Pilwana Serentak

TANAHDATAR, HALUAN -- Pembukaan sosialisasi peraturan daerah Nomor 1 Tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari yang terkait dengan tindak lanjut amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan Permendagri nomor 112 tahun 2015 tentang pemilihan Kepala Desa dan tentang pemilihan Wali Nagari, di kantor Bupati Tanah Datar, Senin (5/6). Sebanyak 54 Nagari Se-Kabupaten Tanah Datar, akan mengikuti pemilihan Wali Nagari Serentak.

Kepala Dinas PMDPPKB, Adrion Nurdal SE, mengatakan dalam sambutannya bahwa dengan ditetapkanya peraturan daerah Kabupaten Tanah Datar nomor 1 tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari tidak serta merta dapat dijadikan sebagai aturan pokok dalam pelaksanaan pemilihan Wali Nagari serentak tahun 2017."Dibutuhkan beberapa Peraturan Bupati (Perbup) sebagai pedoman pelaksanaan Peraturan Daerah, hingga sampai saat ini sudah tiga buah rancangan Perbup yang sedang difasilitasi oleh Gubernur, sehingga sosialisasi dan tahapan pemilihan Wali Nagari serentak dapat dimulai", ujarnya.

Mewakili kehadiran Bupati pada saat itu, Hardiman Sekda Tanah Datar mengatakan, melalui acara sosialisasi tersebut menghimbau kepada segenap pihak  yang ada untuk bersama memahami Peraturan Daerah terkhusus untuk bakal calon Wali Nagari nantinya. "Sosialisi ini sangat perlu dilaksanakan mengingat banyak yang bersemangat untuk mengisi posisi sebagai Wali Nagari serta kami berharap pemilihan Wali Nagari nantinya harus dilaksanakan secara Profesional, Tertib, Jujur, Demokratis dan dipimpin oleh pejabat yang tidak memihak pada siapa pun," ujarnya dalam sambutan tersebut.

Dalam kesempatan itu juga Hardiman menuturkan, perlu disampaikan juga sebagaimana amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa beserta permendagri nomor 112 tahun 2015 dan amanat perda nomor 1, pemilihan Wali Nagari dilaksanakan serentak dan bergelombang diseluruh wilayah Kabupaten Tanah Datar, "khusus untuk tahun ini, di Kabupaten Tanah Datar terdapat 54 Nagari yang akan melaksanakan pemilihan Nagari serentak" ujarnya.

Menutup sambutannya, pemilihan Wali Nagari yang akan dilaksanakan, merupakan salah satu agenda besar pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar yang harus menjadi tangung jawab bersama untuk menyukseskan pemilihan Wali Nagari dan tidak hanya Bupati, Sekda, Opd serta Panitia pemilihan tingkat Kabupaten maupun Nagari. "Segala pihak agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan untuk melaksanakan pesta demokrasi ini, agar nantinya berjalan dengan lancar karena ini adalah tangung jawab serta beban kita bersama" ujarnya.

Hal senada juga di utarakan Hendri Dunan selaku PJ Walinagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum yang juga turut hadir dalam sosialisasi tersebut. Ia mengatakan pemilihan Wali Nagari sangat perlu segera dilaksanakan. Pasalnya, Wali Nagari merupakan penyambung tangan dari pemerintah daerah kepada masyarakat Tanah Datar. "Kami selaku PJ Wali Nagari mengharapkan penyelengaraan pemelihan Wali Nagari di Kabupaten Tanah Datar dapat segera terlaksana," ujara Dunan.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu, Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, kepala OPD se Kabupaten Tanah Datar, Ketua LKAAM Kabupaten Tanah Datar, Camat beserta Forkopinca Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 Oktober 2016 - 18:10:03 WIB

    54 Tahun Mohammad Yamin, Malam Ini Sawahlunto Gelar Haul

    54 Tahun Mohammad Yamin, Malam Ini Sawahlunto Gelar Haul SAWAHLUNTO, HALUAN--Mungkin sebagian warga Indonesia tidak terlalu ingat, jika hari ini pada 54 tahun lalu, atau 17 Oktober 1962, bangsa dengan beribu pulau ini kehilangan seorang tokoh nasional, yang begitu banyak berkontrib.
  • Selasa,21 Juni 2016 - 05:26:48 WIB

    154 Mahasiswa Unand Ikuti KKN-PPM di Kab. Solok

    154 Mahasiswa Unand Ikuti KKN-PPM di Kab. Solok AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 154 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Solok. Para mahasiswa ini akan menjadi bagian dari mas.
  • Selasa,17 Mei 2016 - 03:19:11 WIB
    Tekan Angka Pengangguran

    54 Angkatan Kerja Sawahlunto Ikuti Pelatihan

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Memanfaatkan Mobil Training Unit (MTU) yang dimiliki Dinas Perindagkopnaker Kota Sawahlunto, sebanyak 54 angkatan kerja utusan desa dan kelurahan yang ada, dilatih untuk menguasai listrik industri 3 pha.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM