Hingga Siang Ini, Satu Pendaki Belum Ditemukan


Selasa,06 Juni 2017 - 11:00:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hingga Siang Ini, Satu Pendaki Belum Ditemukan Gunung Marapi saat menyemburkan asapnya. ist

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM — Pascaletusan Gunung Marapi, Minggu (5/6),  satu dari 16 pendaki yang terjebak di kawasan cadas di pinggang Gunung Marapi, masih belum ditemukan. Hingga siang ini, Selasa (6/6), tim gabungan masih mencari pendaki yang diduga tersesat tersebut.

Waka Polres Padang Panjang Kompol Syafrizal saat  mengatakan, dari total 16 pendaki yang tersesat, 7 di antaranya sudah berhasil turun dengan selamat. Delapan orang sudah berhasil ditemukan lokasinya, namun satu orang lagi masih belum diketahui keberadaannya.

“Saat ini 7 pendaki sudah berada di posko pendakian Gunung Marapi dengan kondisi selamat. Namun masih ada 9 orang lagi yang masih kita lakukan evakuasi dan pencarian. Delapan orang sudah kita ketahui keberadaannya, namun satu orang lagi masih belum diketahui keberadannya,” terang Waka Polres.

Lanjutnya, tim gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap 8 pendaki yang sudah ditemukan keberadaannya. Rencananya ke delapan pendaki itu akan dibawa turun melalui jalur evakuasi Nagari Pariangan, dan sekaligus melakukan pencarian terhadap satu orang lagi.

Pendaki yang berhasil turun di posko pendakian yakni, Roby (23),  Tander (24), Irwandi (24) Dwi Puspita (25), Roky (20), Ahmad Afis (25) dan Agus Riadi (24).

Sedangkan pendaki yang berhasil ditemukan dan dalam proses evakusi turun hingga Senin (5/6) sore kemarin yakni, Agus Salim (24), Sarul (17), Yusuf (22), Nanda (23), Rahmat (23), Rolen (17), Herman (40), Abdul Mukni (24).

Sementara satu pendaki yang belum ditemukan hingga Senin sore yakni Yandri (15), yang hingga sore itu tidak jelas keberadaanya karena terpisah dari rekannya.

Sejak Senin malam, tim gabungan yang diterjunkan untuk melakukan pencarian di antaranya dari Basarnas, KPA Tunggu Tigo Pariangan, Damkar dan Pol PP Padang Panjang, BPBD Tanah Datar, PMI Tanah Datar, Polres Tanah Datar, Polres Padang Panjang, Kodim 03/07 Tanah Datar dan Brimob Padang Panjang.

Terpisah, Hendra salah satu dari tim evakuasi BPBD Tanah Datar mengatakan, timnya telah berhasil membawa turun kedelapan pendaki dengan selamat dan dalam kondisi lemah.

"Alhamdulilah kedelapan pendaki yang tersesat kemarin telah berhasil kita bawa turun dengan kondisi sedikit lemah, saat ini kedelapan pendaki sedang diberikan pergolongan di puskesmas pariangan," jelas Hendra.

Setelah diberikan pertolongan dari puskesmas rencananya kami seluruh tim gabungan akan mengadakan rapat koordinasi untuk mengambil langkah selanjutnya terkait masih ada satu orang pendaki lagi yang masih belum diketahui posisinya. (h/pis)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM