Aktivitas Galian C di Sungai Naras Kembali Marak


Senin,05 Juni 2017 - 15:48:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Aktivitas Galian C di Sungai Naras Kembali Marak ilustrasi. NET

PADANG PARIAMAN, HALUAN - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Padang Pariaman, Rianto, mengajak masyarakat yang tinggal di sepajang aliran Sungai Batang Naras, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, untuk tidak melakukan penambangan galian C di sungai tersebut.

"Kami dari tim penegak Perda, akan terus melakukan razia terhadap oknum yang melakukan penambangan galian C dengan mesin dompeng (mesin mengisap pasir/kerikil),” ujar Rianto dihadapan jamaah Surau Rajang Nagari Campago Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, selaku Ketua tim 15 Safari Ramadan 1438 H Padang Pariaman

Rianto bersama seluruh jajaran Dinas Pol PP dan Damkar mengungkapkan, penambangan dengan menggunakan dompeng tersebut merupakan penambangan ilegal. Karena selama ini pemerintah daerah tidak pernah mengeluarkan izin tambang galian C di sepanjang aliran sungai Batang Naras.

Menurut Rianto, akibat maraknya penambangan dengan mesin dompeng tersebut, telah berdampak pada jembatan Latiang pada jalan lintas Padang- Lubuk Basung yang melintasi sungai tersebut.

"Saat ini jembatan tersebut telah rusak, kalau masih saja ada penambangan dengan dompeng disekitar jembatan, maka dikuatirkan jembatan akan ambruk ke dasar sungai,” tegasnya.

Rianto mengaku, sebelum masuknya bulan Ramadan, pihaknya yang tergabung dalam tim SK4 Padang Pariaman telah melakukan razia pagi penambang dan menyita beberapa unit mesin dompeng. "Tapi setelah dirazia, kami kembali dapat informasi aktifitas ilegal tersebut kembali berjalan,” katanya.

Untuk itu pada bulan Ramadan ini, Rianto mencoba mengetuk pintu hati para oknum agar tidak melakukan penambangan lagi. Karena kerugian yang didapat akan jauh lebih besar dari pada keuntungan yang hanya diapat oleh para oknum.

"Walaupun orang kampung dan famili banyak yang marah pada saya, saya akan tetap melakukan penertipan tersebut,” terang Rianto yang merupakan putra daerah Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.(h/ded)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,10 April 2017 - 11:08:39 WIB

    Aktivitas Tambang Resahkan Warga

    PAINAN, HALUAN – Aktivitas tambang galian C ilegal di sepanjang aliran Batang Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) semakin meresahkan warga setempat. Pasalnya, akibat penambangan itu, berdampak buruk terhadap laha.
  • Senin,21 November 2016 - 00:14:03 WIB

    Informasi Aktivitas Gunung Kerinci Tak Update

    SOLSEL, HALUAN — Badan Pe­nanggu­langan Bencana Daerah (BP­BD) Solok Selatan (Solsel) meng­harapkan Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci lebih kooperatif dan selalu memberikan informasi saat terjadi perubahan aktivitas gu.
  • Jumat,29 Januari 2016 - 03:45:27 WIB

    Kawasan Los Ikan Basah Sepi Aktivitas

    SOLOK, HALUAN — Kawasan los ikan basah yang berada di pinggir Batang Lembang pasar Solok kini sepi dari aktivitas pedagang ikan, karena banyak yang pindah ke jalan lingkar pasar-Koto Panjang. Padahal los ikan itu sudah diba.
  • Jumat,22 Januari 2016 - 03:01:39 WIB

    Aktivitas Tambang Galian C Ditertibkan

    Aktivitas Tambang Galian C Ditertibkan PADANG PARIAMAN, HALUAN — Masyarakat Lu­buak Aluang memberikan apresiasi kepada Pejabat Bu­pati Padang Pariaman, Ros­nini Savitri. Karena menurut masyarakat, pemerintah sa­ngat peduli dan menyikapi terhadap aspirasi mas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM