Pelaku Tawuran Akan Berurusan dengan Tentara


Jumat,02 Juni 2017 - 10:09:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN Guna mengantisipasi merebaknya tawuran antar remaja di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang terus melakukan razia setiap malamnya. Bahkan bagi remaja yang tertangkap akan diserahkan kepada pihak Kepolisian dan TNI untuk dibina.

Pembinaan ini sendiri hanya dilakukan bagi pelaku yang tidak bisa dibina oleh orangtua, maupun pihak sekolah. Disamping itu Pemerintah Kota Padang juga sedang menyiapkan cara khusus untuk menindak pelaku tawuran agar tidak kembali mengulang aksinya. 

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakannya, maraknya kasus tawuran antar remaja di Kota Padang memang benar adanya. Tawuran yang belakangan ini terjadi sudah sangat meresahkan, karena para remaja menggunaka senjata tajam dalam setiap aksinya.

“Kita sudah setiap malam turun bersama Satpol PP, Forkopimka, dan SK4. Dan benar saja kita temukan adanya tawuran, "ujar Mahyeldi pada Haluan Rabu (31/5) usai pelaksanaan Safari Ramadan perdana di Kampung Nias. 

Menurut Walikota dari temuan di lapangan, mereka yang tertangkap tawuran adalah anak yang bermasalah dengan keluarga mereka, sehingga melakukan aksi tawuran. 

Pelaku tawuran yang tertangkap akan diberikan pembinaan khusus oleh aparat kepolisian atau TNI yang bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, penguatan mental, dan perbaikan sikap.

"Saya telah berkoordinasi dengan Komandan Batalyon, Dandim, dan Kapolresta terkait persoalan ini, kita ingin menyelematkan generasi muda," sebut Mahyeldi.

Selain itu katanya, Pemko Padang saat ini sedang mempersiapkan payung hukumnya berupa Peraturan Daerah (Perda) tentang generasi muda dimana hal ini penting dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda.

Dirinya juga meminta kepada orang tua agar lebih peduli terhadap anak-anak mereka. Apabila anak belum pulang hingga larut malam sebaiknya dicari keberadaannnya.

"Mereka ini sepertinya tidak diperdulikan oleh keluarga dan lingkungan sehingga terlibat aksi tawuran. Ditanya anak itu darimana dan apa saja yang telah dilakukannya,"  kata Mahyeldi.

Ia mengimbau kepada seluruh tokoh masyarakat dan niniak mamak agar lebih peduli terhadap generasi muda. Apabila masih ada mereka yang berkumpul lewat pukul 23.00 WIB bisa diarahkan untuk pulang. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM