PKK-Dinkes Mentawai Sinergi Berantas TB


Rabu,31 Mei 2017 - 12:19:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi

MENTAWAI, HALUAN–Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai akan bersinergi mengentaskan penyakit Tubercolocis (TB) di Kepulauan  Mentawai, dimana penyakit ini sudah mewabah di Indonesia bahkan saat ini menjadi nomor dua di dunia setelah India.

Guna memperkecil angka TB tersebut, tim PKK bersama Dinkes akan memberdayakan Kader di setiap desa sampai ke tingkat dusun di seluruh Kepulauan Mentawai guna melakukan pendataan masyarakat yang terserang TB.

“Ini salah satu trik kita, sudah banyak upaya yang dilakukan dinas kesehatan dan lembaga masyarakat lainnya yang bergerak di bidang kesehatan, namun begitu kita melihat kondisi di lapangan masih banyak masyarakat yang terkena TB,” kata Ny.Rosmaida Yudas didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Mentawai Imer Ajari Kortanius, kepada wartawan usai rapat di ruang rapat Dinkes Mentawai, Selasa (30/05).

Menurutnya, untuk mengentaskan penyakit tersebut tidak bisa selesai hanya dengan satu dinas saja, namun  seluruh dinas terkait seperti kesehatan, pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Perindagkop, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Keluarga Berencana (DPMP2KB) dan lembaga  masyarakat lainnya.

Untuk membekali para kader pihaknya bersama tim akan melakukan penyuluhan kepada kader di setiap pelosok daerah terkait TB dan lingkungan yang sehat, disamping itu terkait kesehatan ibu hamil, bayi dan balita. Selain penyuluhan kesehatan tersebut pihaknya juga akan terus meningkatkan 10 program yang sudah melekat di organisasi tersebut.

Ia berharap pada kesempatan yang kedua ini selama 5 tahun kedepan kesehatan masyarakat Mentawai akan meningkatkan bisa terhindar dari penyakit menular, kemudian menjadikan keluarga yang sejahtera.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dinkes Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan bahwah pihaknya juga akan mengintruksikakan petugas kesehatan di setiap dusun untuk bersinergi  dengan kader PKK guna memberikan peningkatan pelayanan kesehatan.

Selanjutnya akan memberikan pemahaman tentang mencegah penyakit dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, sehingga masyarakat bisa mandiri dalam melakukan pencegahan, misalnya dalam merawat bayi dan balita serta ibu hamil dan ia menekankan kepada masyarakat Mentawai untuk berhenti merokok. (h/red)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM