Banjir Padang Diwarnai Sebaran Foto Hoax


Rabu,31 Mei 2017 - 11:26:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Banjir Padang Diwarnai Sebaran Foto Hoax Ini dia foto hoax yang menyebar di grup media sosial. Padahal, foto ini merupakan foto banjir Pangkalan beberapa waktu lalu. IST

PADANG, HALUAN – Banjir yang melanda Padang sejak Rabu (31/5) dinihari hingga pagi ini menimbulkan banyak kerugian. Belum ada hitungan pasti, karena dari data sementara, ada tiga kecamatan di Padang yang dilanda kebanjiran mulai dari ketinggian 40 cm hingga sedada orang dewasa.

 

Kondisi ini menjadi viral di media sosial, khususnya pengguna media sosial. Foto-foto kondisi banjir menyebar cepat, kendati yang difoto yang menyebar itu-itu saja. Namun, di antara foto yang menyebar tersebut, ada juga foto hoax dengan judul Danau Padang.

 

Foto hoax tersebut sempat direspon pengguna media sosial dengan meme-meme dan icon yang mengejutkan. Foto itu menggambarkan sebuah hamparan luas dengan air yang menggenangi kawasan padat bangunan. Sangat menakutkan kesannya memang.

 

Namun, foto tersebut langsung direspon pengguna media sosial lain dengan respon ini hoax, seperti akun milik Ade R di sebuah grup whatsApp. “Bukannya ini foto banjir Pangkalan (Kabupaten Limapuluh Kota),?”tanyanya di grup.  

 

Respon ini dilengkapinya dengan foto berita sebuah media online nasional hingga langsung meredam kekagetan pengguna grup WA lainnya. Foto ini, ternyata juga menyebar di grup media sosial lainnya. Tapi, juga ditanggapi dingin karena sudah diketahui foto hoax. (*)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,07 Juni 2017 - 11:36:18 WIB

    Pemko Padang Akui Belum Fokus Atasi Banjir

    Pemko Padang Akui Belum Fokus Atasi Banjir PADANG,HALUAN — Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengakui Pemerintah Kota Padang memang belum fokus mengentaskan masalah banjir. Ditargetkan pengentasan permasalahan banjir dapat dilakukan di tahun 2018..
  • Jumat,02 Juni 2017 - 12:18:12 WIB

    Tanggap Darurat Banjir Ditetapkan 7 Hari

    Tanggap Darurat Banjir Ditetapkan 7 Hari PADANG, HALUAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang menetapkan status tanggap darurat bencana banjir Padang selama tujuh hari. Selama tanggap darurat, akan dilakukan pemulihan keadaan dan trauma healing bagi anak.
  • Senin,29 Mei 2017 - 12:20:04 WIB

    Rp120 M Dianggarkan Untuk Atasi Banjir di Padang

    Rp120 M Dianggarkan Untuk Atasi Banjir di Padang PADANG,HALUAN—Saat ini kondisi Kota Padang apabila dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi selama lebih kurang tiga jam saja akan menyebabkan genangan mulai dari 15 cm hingga satu meteran. Hal ini dapat dilihat d.
  • Sabtu,15 Oktober 2016 - 01:51:46 WIB

    Bayi Tewas Diseret Banjir

    Bayi Tewas Diseret Banjir PADANG, HALUAN — Malang nian nasib Sesri Wulandari. Ia harus kehilangan bayinya, Runi yang baru berusia 1,6 tahun. Runi tewas akibat jatuh ke genangan air dan dibawa arus banjir sekitar 10 meter dari kediamannya..
  • Jumat,16 September 2016 - 04:29:42 WIB
    BMKG PREDIKSI HUJAN TURUN TIAP HARI

    Waspada Banjir September–Desember

    Waspada Banjir September–Desember PADANG, HALUAN — Waspada. Prediksi Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BMKG), akhir September hingga Desember 2016, hujan akan turun tiap hari di wilayah Kota Padang dan sejumlah daerah di Sumbar. Dan itu akan b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM