Walikota Tegur Transmart Terkait Kesemerawutan Parkir


Minggu,28 Mei 2017 - 14:24:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Walikota Tegur Transmart Terkait Kesemerawutan Parkir

PADANG,HALUAN –Kondisi parkir liar di sekitar Transmart dikeluhkan oleh sejumlah pengguna jalan. Akibat parkir liar tersebut, jalanan semakin macet dan taman kota terutama rumputnya menjadi rusak akibat terinjak-injak.

Hal ini pun dikeluhkan oleh Hendra warga Parak Kopi, Kota Padang. Hendra mengatakan, seminggu sudah Transmart resmi memulai beroperasi di Padang. Selama  itu pulalah, Ia harus merasakan perubahan besar di Jalan Khatib Sulaiman.

Jika biasanya lalu lintas di jalan tersebut terbilang lancar, maka saat ini dari siang hingga malam hari selalu macet. “Pengunjung Transmart seolah adalah raja, hingga jalan raya persis di depan pusat perbelanjaan harus dibagi dua dan diberi pembatas. Ini sangat merampas hak kami sebagai pengguna jalan,”katanya, Minggu (28/5) kepada Haluan.

Lebih lanjut dikatakan Hendra, yang membuat miris adalah sampah yang bertebaran dimana-mana, rumput di taman yang biasanya tumbuh subur dan hijau, sekarang hampir mati, menguning dan gundul terinjak-injak. Selain itu, trotoar sepanjang ratusan meter berubah fungsi sebagai tempat parkir sehingga merampas hak pejalan kaki. “Cobalah lihat betapa banyak parkir liar, sehingga menambah kesemerawutan dan kemacetan,”katanya.

Ia berharap agar Walikota Padang  segera mengembalikan keindahan dan ketertiban kawasan Khatib Sulaiman Padang seperti sebelum berdirinya Transmart. Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin saat ditemui Haluan mengaku, akibat parkir liar tersebut rumput-rumput di taman kota menjadi rusak akibat terinjak-injak. Al Amin menyebutkan, padahal pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Dishub dan Satpol PP untuk mengempeskan ban kendaraan yang parkir di trotoar dan taman kota.

“Kami tidak melarang masyarakat untuk datang ke Transmart. Namun tertib dan patuhilah aturan dengan tidak memarkirkan kendaraan anda di trotoar dan taman kota. Sehingga rumput di taman kota menjadi rusak,”kata Al Amin.

Lebih lanjut dikatakan Al Amin, pihaknya akan segera memperbaiki rumput taman kota yang sudah rusak. Ia berharap, agar masyarakat tidak lagi menginjak rumput dan merusak taman kota.

“Kami sudah susah payah untuk merawat keindahan taman kota apalagi yang terdapat di sekitaran Khatib Sulaiman. Untuk itu mari kita sama-sama untuk saling menjaga,”kata Al Amin.

Kesemerawutan parkir dan kemecaten yang ditimbulkan oleh Transmart pun ditanggapi oleh Walikota Padang. Mahyeldi, meninjau lokasi tersebut, Jumat sore (26/5), mengatakan, tempat parkir Transmart yang katanya mampu menampung 600 kendaraan disaat bersamaan, tidak dikelola secara profesional. Buktinya, parkir kendaraan pengunjung Transmart terlihat memadati badan jalan dan trotoar disekitar gerai ritel tersebut.

Dijelaskan Mahyeldi, pihak Transmart seperti melakukan kesengajaan dan membiarkan hal itu terjadi. Terlihat tidak adanya koordinasi dan komunikasi antara petugas disetiap lantai tempat parkir, dengan petugas di pintu masuk, dan di pintu keluar kendaraan. Dan diperparah lagi, petunjuk arah keluar masuk kendaraan sangat minim sekali.  

“Setelah saya melihat langsung tempat parkir yang ada di basement dan di lantai 1, masih banyak terdapat ruang kosong. Dan petugas parkir tidak mengarahkan kendaraan ke tempat tersebut. Begitu juga di pintu masuk, kendaraan tidak diarahkan ke pintu masuk yang kosong, terang saja terjadi  penumpukkan dan menimbulkan kemacetan,” ujar Mahyeldi. 

Begitu juga dengan parkir kendaraan roda dua, pihak Transmart tidak sepenuhnya mengarahkan kendaraan ke tempat parkir yang dimiliki, malahan membiarkan kendaraan roda dua parkir di trotoar di depan Transmart, dan di trotoar serta di badan jalan disekitar gerai tersebut, padahal tempat parkir kendaraan roda dua yang disediakan masih kosong.

“Hal ini harus segera di tertibkan, jangan korbankan taman dan trotoar dan hak pengguna jalan lainnya. Saya minta pihak Transmart segera untuk menata parkir tersebut, dan memulihkan kembali taman-taman yang rusak seperti sediakala,” ucap Mahyeldi saat bertemu dengan manajemen Transmart.

Mahyeldi meminta Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Hendrizal Azhar, untuk berkoordinasi dengan pihak manajemen Transmart, agar pengelolaan parkir kendaraan dan lalu lintas di Jalan Khatib Sulaiman kembali lancar dan tertata dengan rapi. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,03 Juli 2017 - 20:18:22 WIB

    Sidak di Kantor Camat Padang Utara, Walikota Temukan Mesin Fingerprint Rusak

    Sidak di Kantor Camat Padang Utara, Walikota Temukan Mesin Fingerprint Rusak PADANG, HARIANHALUAN - Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada hari pertama masuk kerja ASN setelah usai libur lebaran, Senin (3/7)..
  • Senin,17 Oktober 2016 - 01:37:49 WIB

    Walikota Tinjau Kondisi Kota

    Walikota Tinjau Kondisi Kota PADANG, HALUAN — Melihat tingginya cu­rah hujan, Walikota Padang H. Mahyeldi An­sharullah Dt Marajo langsung meninjau kon­disi Kota Padang. Walikota menyusuri sejum­lah daerah. Takut warga kotanya ditimpa bencana akibat.
  • Jumat,30 September 2016 - 04:03:06 WIB

    Parkir Meter Tak Jalan, Walikota Padang Meradang

    Parkir Meter Tak Jalan, Walikota Padang Meradang PADANG, HALUAN — Be­lum maksimalnya operasional parkir meter sejak diresmikan tanggal 1 September 2016 kemarin, mem­buat Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah meradang. Orang nomor satu di Kota Padang ini berjanji akan me.
  • Rabu,31 Agustus 2016 - 04:29:02 WIB

    Sidak di Pasar Raya, Walikota Ikut Pungut Sampah

    Sidak di Pasar Raya, Walikota Ikut Pungut Sampah PADANG, HALUAN — Walikota Padang, Mah­yeldi melakukan sidak ke Pasar Raya Padang, Selasa (30/8). Tanpa sungkan, Mahyeldi turun langsung untuk memungut sampah yang ber­sera­kan di sepanjang kawasan Balaikota lama hingga k.
  • Senin,29 Agustus 2016 - 18:20:05 WIB

    Setelah 120 Hari Ditahan, Tersangka Korupsi Rumdin Walikota Padang Panjang Bebas

    Setelah 120 Hari Ditahan, Tersangka Korupsi Rumdin Walikota Padang Panjang Bebas PADANG PANJANG, HALUAN-Setelah 120 hari menjalani masa tahanan, akhirnya Richi Lima Saza, tersangka dugaan Kasus Korupsi Rumah Dinas (Rumdin) Walikota Padang Panjang, keluar demi hukum dari sel tahanannya di Polres Padang Pan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM