Kelompok Tani Aua Sarumpun Tanam Pisang yang Tahan Penyakit


Jumat,26 Mei 2017 - 11:00:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kelompok Tani Aua Sarumpun Tanam Pisang yang Tahan Penyakit Petani dari Kelompok Tani Aua Sarumpun, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menanam pisang yang tahan penyakit. KASRA

AGAM, HARIANHALUAN.COM—Kelompok Tani Aua Sarumpun, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menanam 400 batang pisang sehat varites tahan terhadap penyakit layu.
 

Jenis pisang yang ditanam tersebut yakni harum manis 300 batang dan pisang ambun kuning 100 batang.
 

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu di Lubuk Basung mengatakan, petani di daerah Agam saat ini banyak yang mengalami kerugian akibat pisangnya mengalami penyakit layu.
 

"Karena itu, diperlukan penanganan serius dan terpadu untuk mencegah kerugian yang lebih besar dengan cara pengunaan bibit bebas penyakit, aplikasi agen hayati, eradikasi rumpun yang sakit, pengunaan peralatan yang steril, dan pengerondongan tandan"kata Arif.
 

Dalam budidaya demplot pisang sehat kelompok tani ini dibantu Petugas Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) Sumatera Barat, Ir. Jenimar. 
 

Menurut Jenimar, patogen penyebab penyakit layu ini cukup sulit dikendalikan karena sifatnya menyebar secara sistemik dalam jaringan tanaman, daya tahan di dalam tanah yang cukup lama.
 

Namun diharapkan pelaksanaan demplot pisang sehat ini dapat berkembang dengan baik nantinya.
 

Dalam penanaman, kelompok tani dibekali cara pengunaan larutan PF (Pseudomonas Fluorescens), di mana bongol pisang yang akan ditanam sebelumnya dierendam dengan larutan untuk melindungi akar pisang, untuk mengurangi resiko serangan bakteri layu.
 

Sementara itu sejumlah petani pisang mengungkapkan,pisang yang belum pulih dari serangan penyakit terutama pisang tumbatu, yakni pisang yang laris dipasaran(h/(ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,27 Mei 2016 - 03:36:11 WIB

    Kelompok Yasinan Sinapa Piliang Lakukan Studi Banding

    Solok, Haluan — Kelompok wirid yasinan Kulurahan Sinapa Piliang, Ke­camatan Lubuk Sikarah, Kota Solok mela­kukan dharmawisata dan studi banding ke Kota Bukittinggi, Payakumbuh dan Me­ninjau, Agam. Kegiatan dilaksanakan s.
  • Jumat,15 April 2016 - 02:53:23 WIB

    Kelompok Tani Dilatih Membuat Kompos

    SOLOK, HALUAN — Pe­ngurus dan anggota k­e­lom­poktani se Kecamatan Tan­jung Harapan Kota Solok dilatih tentang pembuatan pupuk kompos dengan ba­han baku dari jerami padi selama 1 hari penuh di kan­tor setempat jalan .
  • Selasa,22 Maret 2016 - 03:40:58 WIB

    Lima Kelompok Yasin Bentuk Pra Koperasi

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Setelah hampir satu tahun disosialisasikan, sedikitnya lima kelompok yasinan di Kota Sa­wahlunto mulai mendirikan bidang usaha koperasi. Meski belum berbadan hukum, lima pra koperasi tersebut terus men.
  • Senin,21 Desember 2015 - 01:34:10 WIB

    Kelompok Kerja Masyarakat Dapat Bantuan Alat Perbengkelan

    SOLSEL,HALUAN —Ka­bu­paten Solok Selatan (Sol­sel) melalui Dinas Pen­didikan mendapatkan ban­tu­an stimulan berupa alat perbengkelan dari Ke­men­terian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (KD­PDT). Bantuan itu di­b.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM