Bom Kampung Melayu, LPSK Pastikan Hak-hak Korban


Kamis,25 Mei 2017 - 18:58:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bom Kampung Melayu, LPSK Pastikan Hak-hak Korban Ilustasi/Haluan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM– Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) merasa prihatin dengan kembali jatuhnya korban jiwa dan luka-luka akibat aksi bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5). Untuk memastikan pemenuhan hak para korban, LPSK langsung berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk dari Mabes Polri dan rumah sakit yang menjadi rujukan para korban.

 

Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, pihaknya mengecam aksi terorisme yang kembali mengguncang Indonesia. LPSK prihatin dan berduka atas jatuhnya korban tewas dari pihak kepolisian dan mereka yang menderita luka-luka.

 

 “LPSK bersedia memberikan bantuan medis bagi para korban yang saat ini tengah dirawat di rumah sakit,” kata Edwin, Kamis (25/5).

   

LPSK, tegas Edwin, mendukung segala upaya negara dan Polri dalam memerangi aksi terorisme. Sebab, perlindungan terhadap saksi dan korban dalam tindak pidana terorisme merupakan satu satu kasus prioritas yang ditangani LPSK sesuai amanat Undang-undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

 

LPSK juga mengapresiasi pihak-pihak yang sudah proaktif membantu korban, termasuk dalam hal pembiayaan awal perawatan korban di rumah sakit pascakejadian. Sementara untuk biaya pemulihan para korban selanjutnya, LPSK siap untuk membantu. Karena pemulihan korban terutama dalam kasus ledakan bom membutuhkan upaya ekstra dan berkelanjutan.

 

Menurut Edwin, belajar dari korban-korban terorisme sejak peristiwa Bom Bali hingga Bom Thamrin, pemulihan terhadap korban terorisme biasanya memakan waktu yang tidak sebentar. Dan, LPSK dimandatkan UU Perlindungan Saksi dan Korban untuk membantu pemulihan korban.

 

“Pendataan korban sangat penting dan LPSK berharap bekerja sama dengan semua pihak bagi pemulihan korban,” katanya.

 

Sama halnya, Wakil Ketua LPSK Askari Razak juga mengecam terjadinya aksi terorisme di Terminal Kampung Melayu. Selanjutnya, LPSK akan menentukan langkah-langkah untuk memastikan terpenuhinya hak-hak para korban, baik yang tewas maupun yang dirawat karena menderita luka-luka. “Kita akan telusuri ke rumah sakit mana saja korban dirujuk,” tutur dia.(h/rel)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Desember 2016 - 00:55:52 WIB

    Jangan Kaitkan Kasus Bom dan Teroris dengan Umat Islam

    BEKASI, HALUAN — Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid meng­apresiasi pihak kepolisian yang berhasil menemukan bom di Bintara, Bekasi, Jawa Barat dan menang­kap para pelakukan, Sabtu lalu (10/12)..
  • Selasa,05 Juli 2016 - 12:28:50 WIB

    Pascateror Bom Surakarta, Kapolresta Padang: Pengemanan Presiden Masih Seperti Biasa

    Pascateror Bom Surakarta, Kapolresta Padang: Pengemanan Presiden Masih Seperti Biasa PADANG, HALUAN – Pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta, pengamanan untuk Presiden RI Joko Widodo selama di Kota Padang tetap seperti biasa. Tidak ada peningkatan pengamanan karena selama ini protap yang di.
  • Rabu,06 April 2016 - 03:10:48 WIB

    Dikira Bom, Ternyata Hanya Kertas Bekas

    BOGOR, HALUAN — Ma­syarakat Bogor melaporkan adanya temuan barang bung­kusan kardus men­curi­gakan kepada Mapolsek Cileungsi. Temuan tersebut ditemukan warga di depan Alfamart Jalan Transyogi Desa Cileungsi, Kabupaten B.
  • Kamis,28 Januari 2016 - 04:34:46 WIB

    Giliran Jambi Diguncang Bom

    JAMBI, HALUAN – Drama ledakan bom di Jakarta belum habis dari ingatan kita. Tiba-tiba, peristiwa serupa terjadi di Jambi, Rabu (27/1) sekitar pukul 02.30 WIB. Ledakan itu terjadi di Kelurahan Pasir Putih, Jambi Selatan, tep.
  • Senin,25 Januari 2016 - 04:00:46 WIB
    Turkish Airlines Mendarat Darurat

    “Bawa Bom”, Gadis Belia Dibekuk Petugas

    MEDAN, HALUAN — Petu­gas Avsec Kuala Namu Inter­national Airport (KNIA), kembali mengamankan se­orang calon penumpang, yang mengaku membawa barang berisi bom..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM