Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok


Kamis,25 Mei 2017 - 17:56:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok Sejumlah pasukan Satgas pembersih encek gondok di Kabupaten Agam, Kamis (25/5). DAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membentuk satuan tugas (Satgas) berasal dari utusan nagari atau desa adat di Maninjau. Pembentukan satgas tersebut bagian dari upaya pembersihan danau secara berkelanjutan.Kamis (25/5).
 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Rabu, Yulnasri, mengatakan, satgas yang dibentuk fokus membersihkan Danau Maninjau dari tanaman enceng gondok. Setiap hari satgas tersebut mampu mengeluarkan enceng gondok dari dalam danau sebanyak dua kontainer atau sekitar 10 meter kubik.
 

"Anggota satgas berjumlah  11 orang berasal dari utusan nagari. Apabila enceng gondok ini tidak dibersihkan, maka tanaman air itu akan memenuhi danau tersebut karena enceng gondok mudah berkembang biak," kata Yulnasri.
 

Dikatakannya, dalam kegiatan ini pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan ini merupakan bagian dari Save Maninjau. Eceng gondong akan memberikan dampak yang tidak bagus apabila dibiarka . Bisa saja tanaman ini memenuhi perairan danau.
 

Selain itu, setelahnya pemerintah juga akan Ke  membersihkan danau dari limbah pakan ikan akibat keramba jaring apung dan limbah rumah tangga dengan jumlah jutaan kubik. kondisi ini apabila tidak ada tindakan praktis akan semakin menyebabkan pencemaran danau.(h/yat)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,18 Oktober 2017 - 13:20:14 WIB

    Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi

    Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi PASBAR, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 56 jorong yang tersebar di beberapa kecamatan di Pasaman Barat hingga hari ini masih belum terjangkau sinyal handphone. Akibatnya, masyarakat setempat sulit melakukan komunikasi dengan da.
  • Selasa,17 Oktober 2017 - 20:53:59 WIB

    Komit Begerak Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan, APP Pessel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

    Komit Begerak Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan, APP Pessel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Aliansi Pessel Peduli (APP), menyambangi kediaman Deswanti (45), korban kebakaran beberapa waktu lalu, di Kampung Luhung, Kenagarian Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.
  • Sabtu,14 Oktober 2017 - 15:55:11 WIB

    Meringanka Korban Banjir di Ranah Batahan, Polres Pasbar Serahkan Bantuan

    Meringanka Korban Banjir di Ranah Batahan, Polres Pasbar Serahkan Bantuan PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Donasi bantuan banjir bandang yang terjadi di Jorong Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat terus mengalir. Kali ini, Jajaran Polres Pasaman Barat turun langsung kelokasi ters.
  • Jumat,13 Oktober 2017 - 21:29:29 WIB

    Anggota Polres Pasaman Ini Diangkat Menjadi Datuak di Pessel

    Anggota Polres Pasaman Ini Diangkat Menjadi Datuak di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kasat Binmas Kepolisian Resor Pasaman AKP Syafrizen SH, dikukuhkan sebagai Datuak di Kampung halamannya Padang Mandiangin, Kenagarian Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (P.
  • Minggu,08 Oktober 2017 - 17:44:41 WIB

    Ada 247 Orang Penderita Gangguan Jiwa di Solsel

    Ada 247 Orang Penderita Gangguan Jiwa di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan Solok Selatan (Dinkes Solsel) memastikan setiap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak ada yang terlantar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Solsel, Novirman pada Haluan (6/.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM