Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok


Kamis,25 Mei 2017 - 17:56:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok Sejumlah pasukan Satgas pembersih encek gondok di Kabupaten Agam, Kamis (25/5). DAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membentuk satuan tugas (Satgas) berasal dari utusan nagari atau desa adat di Maninjau. Pembentukan satgas tersebut bagian dari upaya pembersihan danau secara berkelanjutan.Kamis (25/5).
 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Rabu, Yulnasri, mengatakan, satgas yang dibentuk fokus membersihkan Danau Maninjau dari tanaman enceng gondok. Setiap hari satgas tersebut mampu mengeluarkan enceng gondok dari dalam danau sebanyak dua kontainer atau sekitar 10 meter kubik.
 

"Anggota satgas berjumlah  11 orang berasal dari utusan nagari. Apabila enceng gondok ini tidak dibersihkan, maka tanaman air itu akan memenuhi danau tersebut karena enceng gondok mudah berkembang biak," kata Yulnasri.
 

Dikatakannya, dalam kegiatan ini pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan ini merupakan bagian dari Save Maninjau. Eceng gondong akan memberikan dampak yang tidak bagus apabila dibiarka . Bisa saja tanaman ini memenuhi perairan danau.
 

Selain itu, setelahnya pemerintah juga akan Ke  membersihkan danau dari limbah pakan ikan akibat keramba jaring apung dan limbah rumah tangga dengan jumlah jutaan kubik. kondisi ini apabila tidak ada tindakan praktis akan semakin menyebabkan pencemaran danau.(h/yat)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Juni 2017 - 20:47:12 WIB

    Libur Lebaran di Sawahlunto, Yuk Berkunjung ke Museum Budaya

    Libur Lebaran di Sawahlunto, Yuk Berkunjung ke Museum Budaya SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Ratusan koleksi sejarah dan budaya lokal hingga internasional, yang dipamerkan di Museum Budaya, menunggu kedatangan wisatawan di ‘Kota Pusaka’ Sawahlunto, sepanjang libur lebaran 1438 H men.
  • Selasa,20 Juni 2017 - 16:33:28 WIB

    Di Sawahlunto, 68 Koperasi Punya Omset Hingga Rp112 M

    Di Sawahlunto, 68 Koperasi Punya Omset Hingga Rp112 M SAWAHLUNTO, HALUAN - Sepanjang tahun 2016, 68 unit koperasi di Sawahlunto, dengan jumlah keanggotaan yang mencapai 10.099 orang, membukukan omset atau volume perputaran uang lebih dari Rp112 miliar..
  • Minggu,18 Juni 2017 - 22:38:33 WIB

    Penangkaran Penyu di Pariaman Dikelola Provinsi, Pengunjung Tidak Dipungut Biaya

    Penangkaran Penyu di Pariaman Dikelola Provinsi, Pengunjung Tidak Dipungut Biaya PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Penangkaran Penyu di Desa Apar Kota Pariaman, masih menjadi ikon wisata oleh masyarakat meski pengelolannya beralih dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman ke Dinas Kelautan Perikanan Prov.
  • Kamis,15 Juni 2017 - 19:16:08 WIB

    Disahkan 2012 lalu, Lambang Daerah Payakumbuh Diubah Lagi

    PADANG, HALUAN -- Setelah disahkannya lambang daerah Kota Payakumbuh pada 2012 lalu, melalui peraturan daerah nomor 3 tahun 2012, pada tahun ini Pemerintah Kota Payakumbuh kembali mengajukan Rancangan Peraturan Daerah ten.
  • Kamis,15 Juni 2017 - 13:46:34 WIB

    BBM Jenis Premium Langka di Kota Solok

    BBM Jenis Premium Langka di Kota Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Tidak jauh berbeda dengan Kota Padang, di Solok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium juga sulit diperoleh di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sulitnya premium membuat pemilik k.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM