Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok


Kamis,25 Mei 2017 - 17:56:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok Sejumlah pasukan Satgas pembersih encek gondok di Kabupaten Agam, Kamis (25/5). DAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membentuk satuan tugas (Satgas) berasal dari utusan nagari atau desa adat di Maninjau. Pembentukan satgas tersebut bagian dari upaya pembersihan danau secara berkelanjutan.Kamis (25/5).
 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Rabu, Yulnasri, mengatakan, satgas yang dibentuk fokus membersihkan Danau Maninjau dari tanaman enceng gondok. Setiap hari satgas tersebut mampu mengeluarkan enceng gondok dari dalam danau sebanyak dua kontainer atau sekitar 10 meter kubik.
 

"Anggota satgas berjumlah  11 orang berasal dari utusan nagari. Apabila enceng gondok ini tidak dibersihkan, maka tanaman air itu akan memenuhi danau tersebut karena enceng gondok mudah berkembang biak," kata Yulnasri.
 

Dikatakannya, dalam kegiatan ini pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan ini merupakan bagian dari Save Maninjau. Eceng gondong akan memberikan dampak yang tidak bagus apabila dibiarka . Bisa saja tanaman ini memenuhi perairan danau.
 

Selain itu, setelahnya pemerintah juga akan Ke  membersihkan danau dari limbah pakan ikan akibat keramba jaring apung dan limbah rumah tangga dengan jumlah jutaan kubik. kondisi ini apabila tidak ada tindakan praktis akan semakin menyebabkan pencemaran danau.(h/yat)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB

    "Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap ba.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 20:35:05 WIB

    Pawai Alegoris di Agam Diguyur Hujan

    Pawai Alegoris di Agam Diguyur Hujan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Ribuan peserta Peserta pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, tingkat Kabupaten Agam di Lubuk Basung, hujan-hujanan, Senin (21/8). Meski demikian pe.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 11:11:08 WIB

    BN Pessel sumbang Rp140 Juta untuk Pendidikan dan Bedah Rumah

    BN Pessel sumbang Rp140 Juta untuk Pendidikan dan Bedah Rumah PAINAN, HALUAN—Bank Nagari Cabang Painan, Pesisir Selatan, tahun ini kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Resposibility (CSR) sebesar Rp140 juta. Dana CSR itu diperuntukkan bagi biaya pendidikan Rp90 juta dan bantua.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 09:25:26 WIB
    Pasca Pelantikan di Kabupaten Limapuluh Kota

    Ferizal Ridwan: Jika Tidak Saya Luruskan, Bupati Irfendi Arbi Berpotensi Langgar UU

    Ferizal Ridwan: Jika Tidak Saya Luruskan, Bupati Irfendi Arbi Berpotensi Langgar UU LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota buncah pasca Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan melantik dua orang eselon II dan mengembalikan jabatan Sekdakab kepada Yendri Thomas Jumat (18/7.
  • Jumat,18 Agustus 2017 - 09:57:11 WIB

    Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik

    Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 150 kepala keluarga (KK) warga Jorong Gumali Bukit Jariang, Nagari Guguak Kuranji Ilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, sejak 15 Agustus 2017 serasa baru merasak.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM