ANTISIPASI MARAKNYA KEBAKARAN

Novi Hendri: Perlu Peremajaan Jaringan Listrik


Senin,22 Mei 2017 - 07:30:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG PANJANG, HALUAN--Sejak awal tahun 2017, terhitung dari bulan Januari hingga Mei ini, telah terjadi lima musibah kebakaran yang menimpa warga Padang Panjang, diantaranya Kantor KPPT, dikelurahan Kampung Manggis, Koto Katiak, dan akhir-akhir ini dikelurahan Tanah Hitam dan Kelurahan Sigando, yang menewaskan satu orang nenek berusia 86 tahun.

 

Banyaknya musibah kebakaran di Kota Padang Panjang, hingga menelan satu korban, minimbulkan keprihatinan dan perhatian dari masyarakat banyak, terutama para Pemerintah Kota (Pemko) dan Dewan Wakil Rakyat. Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Novi Hendri, meminta kepada warga agar berhati-hati dalam menggunakan lilin apabila lampu mati dan memeriksa kompor apabila hendak berpergian. “Kita meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati, dan menjaga situasi dirumah, jangan sampai hal-hal yang menimbulkan kebakaran itu terabaikan oleh kita, seperti api kompor, lilin dan listrik, hendaknya mencek seluruhnya sebelum berpergian meninggalkan rumah, serta jangan membakar sampah didekat rumah, karena kita memasuki musim kemarau,” ungkap Novi Hendri.

 

Novi Hendri juga meminta kepada Pemerintah Daerah, melalui Dinas Damkar dan Dinas BPBD, agar memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati kalau perlu menggunakan mobil keliling.

 

Novi Hendri juga mengungkapkan, sebagian besar resiko terjadinya kebakaran disebabkan oleh konsleting listik, dikarenakan untuk wilayah Padang panjang sangat jarang sekali peremajaan jaringan listrik. “Seperti halnya kabel jaringan listrik yang sudah berusia tua, sehingga ketika listrik padam, ditambah dengan adanya kabel listrik yang telah terkelupas, dan saat listrik hidup kembali,  kabel yang terkelupas bisa saja mengeluarkan percikan api,” ungkapnya.

 

Dengan itu, masyarakat dihimbau untuk dapat mencek, ataupun melakukan peremajaan pada jaringan listrik. Dan kepada PLN, Novi Hendri juga berharap untuk mengantisipasi kejadian berulang, agar memberitahukan kemasyarakat apabila ada pemadam listrik bergilir, sehingga masyarakat dapat mengantisipasi dengan mematikan seluruh alat elektonik agar ketika listrik hidup arusnya tidak langsung masuk. (h/pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM