Solsel Bakal Bangun Masjid Agung, Ini Dia Desainnya


Rabu,17 Mei 2017 - 19:05:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Solsel Bakal Bangun Masjid Agung, Ini Dia Desainnya Desain Masjid Agung Solok Selatan

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pertanahan Solok Selatan (Solsel) alokasikan anggaran Rp22 miliar untuk program tata bangunan dan jasa konstruksi pada 2017. Hal ini dikatakan, Kepala Bidang Tata Bangunan dan Jasa Konstruksi, Yance Bastian diruang kerjanya pada Harianhaluan.com, Rabu (17/5).

 

Ia mengatakan dari alokasi Rp22 miliar itu mencakup tiga program pokok. Yakni, program peningkatan sarana gedung kantor. Program pengembangan kawasan strategis dan cepat tumbuh dan program peningkatan keagamaan.

 

Dalam program itu, termasuk kegiatan pembangunan masjid Agung. Dimana, dialokasikan sekitar Rp5 miliar untuk 2017. "Saat ini masih dalam proses tender perencanaan teknis. Insyaallah akhir Mei ini sudah bisa diumumkan pemenang tendernya,"katanya.

 

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan perencanaan teknis selesai yang dianggarkan Rp1 miliar. Kemudian, bisa didapatkan spesifikasi konstruksi, bahan dan materil bangunan Masjid Agung Solsel secara detail, termasuk jumlah anggaran keseluruhan.

 

 "Sesuai kesepakatan eksekutif dan legislatif pembangunan masjid agung diselesaikan dalam tiga tahun, 2017, 2018 dan 2019 dengan kisaran Rp55 miliar,"ungkapnya.

 

Dalam tahun jamak itu, imbuhnya masing-masing pada 2017 dengan alokasi Rp 5miliar, 2018 dengan alokasi Rp30 miliar dan 2019 sebesar Rp20 miliar.

 

 "Desain sudah ada sekarang kita tunggu lagi perencanaan teknis yang diperkirakan memakan waktu sampai lima bulan setelah pemenang tender diumumkan. Alokasi perencanaan Rp 1 miliar diluar alokasi bangunan yang Rp5 miliar,"lanjutnya.

 

Dalam perencanaan, imbuhnya luas areal kawasan yang akan digunakan sekitar 4,5 hektare.

 

"Untuk luas bangunan pastinya kita tunggu perencanaan teknis. Sebab, selain dilengkapi sarana manasik haji kawasan masjid juga akan ada Islamic center, gedung MUI dan BAZNAS,"tutupnya. (h/jef)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,04 Mei 2017 - 09:56:37 WIB

    Kebangkitan Silat Tradisional di Solsel

    Kebangkitan Silat Tradisional di Solsel SOLSEL, HARIANHALUAN.COM—Suasana hening malam hari yang biasa melingkupi Jorong Sungai Kapur, Nagari Paka Rabaa, Solok Selatan (Solsel), pada Sabtu (29/4) tiba-tiba riuh. .
  • Kamis,09 Maret 2017 - 09:39:19 WIB

    Warga Rutan Solsel Sibuk Beternak dan Bercocok Tanam

    Warga Rutan Solsel Sibuk Beternak dan Bercocok Tanam SOLOK SELATAN,HALUAN-- Sebanyak 49 orang warga binaan rumah tahanan Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) mulai bercocok tanam dan beternak ikan. Kegiatan ini mulai digiatkan semenjak awal Februari 2017 lalu dengan memanfaatkan.
  • Sabtu,04 Maret 2017 - 04:12:28 WIB

    Lima Perwira Polres Solsel Berganti

    SOLOK SELATAN, HALUAN - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Solok Selatan (Solsel), AKBP Ahmad Basahil pimpin serah terima jabatan lima perwira di lingkup Polres Solsel, Jumat (3/3). Kegiatan berpusat di gedung pertemuan Polre.
  • Rabu,22 Februari 2017 - 16:48:52 WIB

    APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan

    APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan SOLOK SELATAN, HALUAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) akan melakukan sidang pengesahan paripurna APBD 2017. Sidang paripurna ini akan dilaksanakan setelah DPRD menerima buku Rancangan APBD yang .
  • Kamis,09 Februari 2017 - 11:59:29 WIB

    Polemik APBD Solsel, Gubernur Jangan Lepas Tangan

    Polemik APBD Solsel, Gubernur Jangan Lepas Tangan PADANG, HALUAN - Belum ketuk palunya APBD Solsel tahun anggaran 2017, berakibat fatal terhadap pembangunan daerah. Sebab itu, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Reydonnyzar Moenek meminta Gubernur Sumbar Irwan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM