DONGKRAK PROFESIONALITAS

Petugas Damkar Kota Padang Dilatih Instruktur DKI


Rabu,17 Mei 2017 - 02:07:46 WIB
Petugas Damkar Kota Padang Dilatih Instruktur DKI Asisten I Bidang Pemerintahan, Vidal Triza didampingi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Dedi Henidal, memasangkan pin kepada salah seorang petugas Damkar. Kegiatan ini secara simbolis pembukaan kegiatan diklat yang akan diadakan selama lima hari, di salah satu hotel di Kota Padang, Selasa (16/5). Melati Oktawina

PADANG,HALUAN --Demi meningkatkan profesionalitas bertugas, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang dilatih instruktur dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta di salah satu hotel, Selasa (16/5).

 Sedikitnya ada 60 petugas yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk meningkatkan profesionalisme bertugas dalam penanganan bencana kebakaran dan sekaligus meningkatkan kemampuan  untuk menyelamatkan korban tersebut.

Diklat fire rescure selama lima hari itu, petugas Damkar dilatih tiga instruktur DKI. Ketua tim yang juga Kepala Satuan Pelaksana Pengujian Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Suhudi, Imbang Satria dan Gatot Santoso yang juga Kepala Regu Bidang Penyelamatan.

 

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Vidal Triza, mengharapkan petugas Damkar dapat memanfaatkan Diklat tersebut sebaik-baiknya, agar lebih profesional dalam menjalankan tugas. "Diklat ini untuk menciptakan petugas Damkar lebih profesional, tangguh dalam menghadapi berbagai macam musibah kebakaran," ujar Vidal saat membuka diklat tersebut.

 

Lebih lanjut dikatakan Vidal, diklat yang dilakukan hasilnya diharapkan bisa dirasakan warga Padang. Petugas damkar harus menjadikan diklat sebagai modal ilmu pengetahuan, dalam menghadapi kebakaran yang potensinya cukup tinggi di Kota Padang. Apalagi Kota Padang  memiliki wilayah yang cukup luas mencapai 690 km dengan kurang lebih 240 ribu Kepala Keluarga (KK) dan jumlah penduduk yang hampir mencapai satu juta orang. Tentunya masalah kebakaran akan sangat mudah terjadi di kota ini.

 "Musibah kebakaran saat ini bukan ancaman belaka, sehingga perlu dorongan serius untuk mencegahnya. Salah satunya menggelar diklat secara profesional," ujarnya.

Diklat itu juga sebagai jawaban mengantisipasi, merespon, dan menambah pengetahuan keterampilan petugas dalam penanggulangan kebakaran. Sebab, tugas pokok dan fungsi Dinas Damkar, menanggulangi bencana sehingga seluruh personel wajib memiliki kemampuan.

 

"Saya berharap diklat ini akan menghasilkan SDM berkualitas dalam melaksanakan tugas. Selalu siap siaga dalam mengantisipasi kebakaran. Diharapkan Diklat ini dapat menambah keterampilan teknis, meningkatkan disiplin dan kompetensi petugas," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Dedi Henidal menyebutkan, Diklat dimaksudkan memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis, membina sikap mental, meningkatkan kompetensi, dan kinerja petugas. "Diklat ini untuk menambah wawasan petugas Damkar, sehingga mereka lebih mengerti tupoksi masing-masing saat berada di lapangan," tambahnya.

Kepala instruktur Diklat, Suhudi menyebutkan, selamat Diklat peserta dilatih sesi teori dan praktek. Sesi teori petugas diajari menggunakan peralatan pemadam dan pada praktek petugas dibekali kemampuan memadamkan api secara cepat, tepat, dan akurat. Salah satunya mencari sumber apinya dan cara mengevakuasi korban. "Yang penting semua personel harus disiplin di lapangan," ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM