PHBS Kubang Tangah Dinilai Tim Nasional


Rabu,17 Mei 2017 - 01:58:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PHBS Kubang Tangah Dinilai Tim Nasional PENYAMBUTAN TIM PENILAI - Penampilan randai bertemakan PHBS sambut tim penilai KG PKK KB Kesehatan indikator PHBS tingkat nasional di Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar Sawahlunto, Slasa (16/5). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN - Tim penilai lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Indikator PHBS tingkat nasional melakukan penilaian terhadap Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Selasa (16/5).

Tim yang didampingi Wakil Ketua PKK Sumbar, Ny Wartawati Nasrul Abit tersebut langsung disambut oleh Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf.

PHBS diharapkan tidak hanya menjadi program dan slogan saja, tapi harus di implementasikan dalan kehidupan sehari hari, sehingga derajat kesehatan hidup warga akan semakin meningkat.

"Dimana saja berada harus menjadi pelopor hidup sehat dan bersih, mulai dari diri, keluarga, lingkungan dan warga masyarakat luas lainnya. Jika sudah sehat dan bersih akan berdampak pada warga itu sendiri," kata Ali Yusuf. 

Pemerintah Kota Sawahlunto sebutnya, telah memberikan prioritas terhadap perwujudan prilaku hidup bersih dan sehat ini dengan mensinergikan kegiatan tersebut dengan agenda kota yaitu magrib mengaji, gerakan WC bersih, gerakan subuh berjamah, kampung hijau dan lainnya.

Tidak sekedar penilaian saja, lanjutnya, penerapan perilaku hidup sehat dan bersih, merupakan cerminan hidup warga yang juga sesuai dengan tuntunan agama yakni kebersihan sebagian dari pada iman.

Ketua tim penilai, Didi Ifwandi menyebutkan, PKK-KB-Kesehatan merupakan sinergi lintas stake holder dalam rangka meningkatkan capaian pembangunan, khususnya pada bidang kesehatan dan KB, yang dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan ini merupakan salah satu upaya mensinergikan kegiatan beberapa sektor terkait dalam mewujudkan pembangunan di desa. Dimana pembangunan satu sektor dengan sektor lainnya tidak dapat dipisahkan dan harus sama-sama berjalan maju sehingga tidak terjadi ketimpangan hasil pembangunan antar sektor," sebutnya. (h/mg-rki/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM