YUSUF LUBIS MERADANG

Disiplin Pejabat Pasaman Rendah


Rabu,17 Mei 2017 - 01:56:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyayangkan masih rendahnya disiplin dan etos kerja sejumlah pejabat di daerah itu. Ia pun mengkritisi hal negatif itu masih tumbuh dan dipelihara, padahal kabupaten itu sudah mencanangkan tahun tertib dan disiplin ditahun ini. 

Ketidaksukaannya itu ia tumpahkan pada apel pagi dibagian sekretariat daerah setempat, Selasa (16/5). Dan ia meminta prilaku tidak baik dari sejumlah pejabat itu tidak ditiru para staf pegawai dibawahnya. 

"Saya pinta prilaku dari atasan seperti itu jangan ditiru, karena tidak baik. Saya berharap banyak dari yang muda-muda ini, disiplin dan kinerjanya ditingkatkan," ujar Yusuf Lubis sedikit kesal. 

Dikatakan, ketidakdisiplinan para pejabat terlihat dari setiap pelaksanaan kegiatan dan acara dilingkup pemerintahan itu yang minim kehadiran serta ketidakdisiplinan saat menghadiri acara. 

"Jika hadir disuatu acara, acaranya belum beres mereka malah keluar lebih dulu. Padahal acara masih berlangsung. Ketika ditanya, apalasannya mau merokok. Mereka pusing jika belum menghisap rokok sebatang, aneh dan miris," tandasnya. 

Hal itu terlihat saat menjamu kedatangan Tim Penilaian Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap 5 Puskesmas di kabupaten itu, Minggu (14/5) malam lalu di Aula Rumah Dinas Bupati. 

"Hampir 2/3 kepala SOPD pada waktu itu keluar, usai makan malam dilakukan, sementara acara masih berlangsung. Padahal ada paparan dari tim pusat itu. Alasan mereka, mau merokok, kan aneh," tukasnya.

Tak ingin memberi kesan buruk bagi tamu tersebut, ia pun meminta petugas piket untuk menyuruh para kepala OPD itu masuk kembali ke gedung tempat acara berlangsung. Namun, himbauan itu tidak diindahkan sama sekali.

"Tak digubris, lalu saya minta Inspektur Daerah, pak Rosben untuk meminta para pejabat itu kembali ke dalam, tapi itu juga tak membuahkan hasil. Akhirnya, harus seorang bupati turun langsung baru mereka (pejabat) mau menurut," ujarnya.

Peristiwa itu, kata dia, sangat memalukan. Padahal, sebelumnya tim dari pusat sempat memuji bahwa tingkat kehadiran pejabat daerah itu terbilang tertinggi dibanding sejumlah daerah yang telah mereka kunjungi. 

"Mereka sudah memuji kita, mengapresiasi kehadiran kita diacara itu tertinggi se Indonesia. Tapi itu malah kita coreng dengan ulah pejabat kita yang tidak disiplin, tidak taat aturan. Sudah separah itukah mental pejabat kita," ucapnya. 

Pantauan Haluan, kegusaran Yusuf Lubis tidak kali ini saja terjadi. Bupati Pasaman ini juga sudah terlalu sering menyentil sikap kurang disiplin dari para pembantunya itu. Mulai dari minimnya tingkat kehadiran pada suatu kegiatan dan kerap molornya jadwal pelaksanaan kegiatan.

Seperti, pada pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan Lubuksikaping, baru-baru ini. Minimnya tingkat kehadiran camat dan pejabat lainnya membuat bupati ini meradang. Ia pun mengancam, akan melakukan evaluasi bagi pejabat terkait.

"Ketidak disiplinan mereka bisa menjadi bahan evaluasi bagi mereka sendiri," ungkapnya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,25 Mei 2016 - 05:19:52 WIB
    SMKN 1 Tanjung Mutiara

    Disiplin Semi Militer dan Mendukung Nawacita

    Disiplin Semi Militer dan Mendukung Nawacita PADANG, HALUAN — Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pemerintah terus meningkatkan daya saing dari berbagai sektor, termasuk di dunia pendidikan..
  • Rabu,13 April 2016 - 02:51:06 WIB

    Wabup Ferizal Ridwan: Pegawai Tak Disiplin Akan Diberi Sanksi Tegas

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan memastikan akan menjatuhkan sanksi tegas terhadap pegawai yang indisipliner. Bagi pegawai honorer atau Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang sering membolos masu.
  • Kamis,17 Maret 2016 - 04:17:01 WIB

    Ferizal Ridwan: Disiplin Disdik dan Dinas Kominfo Memprihatinkan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Disiplin pegawai yang berkantor di Lingkungan Kantor Bupati Limapuluh Kota semakin menggembirakan. Namun, pemandangan berbeda masih terjadi di sejumlah dinas dan kantor lain seperti di Dinas Kominfo.
  • Rabu,24 Februari 2016 - 10:56:28 WIB

    Wabup Ingatkan Disiplin Pegawai

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Apel pagi sem­bari menenteng tas dan membawa barang, mengin­dikasikan para pegawai di lingkungan Sekretariat Dae­rah dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Li­mapuluh Kot.
  • Rabu,11 November 2015 - 19:58:42 WIB

    Disiplin Kinerja ASN di Agam Menurun

    DIPIMPIN PLH. BUPATI

    AGAM, HALUAN — Mantan anggota DPRD Agam, yang juga politisi senior Partai Persa­tuan Pembangunan (PPP), Asrinaldi, menya­yangkan adanya indikasi penurunan kedis­ip­linan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM