YUSUF LUBIS MERADANG

Disiplin Pejabat Pasaman Rendah


Rabu,17 Mei 2017 - 01:56:11 WIB

PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyayangkan masih rendahnya disiplin dan etos kerja sejumlah pejabat di daerah itu. Ia pun mengkritisi hal negatif itu masih tumbuh dan dipelihara, padahal kabupaten itu sudah mencanangkan tahun tertib dan disiplin ditahun ini. 

Ketidaksukaannya itu ia tumpahkan pada apel pagi dibagian sekretariat daerah setempat, Selasa (16/5). Dan ia meminta prilaku tidak baik dari sejumlah pejabat itu tidak ditiru para staf pegawai dibawahnya. 

"Saya pinta prilaku dari atasan seperti itu jangan ditiru, karena tidak baik. Saya berharap banyak dari yang muda-muda ini, disiplin dan kinerjanya ditingkatkan," ujar Yusuf Lubis sedikit kesal. 

Dikatakan, ketidakdisiplinan para pejabat terlihat dari setiap pelaksanaan kegiatan dan acara dilingkup pemerintahan itu yang minim kehadiran serta ketidakdisiplinan saat menghadiri acara. 

"Jika hadir disuatu acara, acaranya belum beres mereka malah keluar lebih dulu. Padahal acara masih berlangsung. Ketika ditanya, apalasannya mau merokok. Mereka pusing jika belum menghisap rokok sebatang, aneh dan miris," tandasnya. 

Hal itu terlihat saat menjamu kedatangan Tim Penilaian Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap 5 Puskesmas di kabupaten itu, Minggu (14/5) malam lalu di Aula Rumah Dinas Bupati. 

"Hampir 2/3 kepala SOPD pada waktu itu keluar, usai makan malam dilakukan, sementara acara masih berlangsung. Padahal ada paparan dari tim pusat itu. Alasan mereka, mau merokok, kan aneh," tukasnya.

Tak ingin memberi kesan buruk bagi tamu tersebut, ia pun meminta petugas piket untuk menyuruh para kepala OPD itu masuk kembali ke gedung tempat acara berlangsung. Namun, himbauan itu tidak diindahkan sama sekali.

"Tak digubris, lalu saya minta Inspektur Daerah, pak Rosben untuk meminta para pejabat itu kembali ke dalam, tapi itu juga tak membuahkan hasil. Akhirnya, harus seorang bupati turun langsung baru mereka (pejabat) mau menurut," ujarnya.

Peristiwa itu, kata dia, sangat memalukan. Padahal, sebelumnya tim dari pusat sempat memuji bahwa tingkat kehadiran pejabat daerah itu terbilang tertinggi dibanding sejumlah daerah yang telah mereka kunjungi. 

"Mereka sudah memuji kita, mengapresiasi kehadiran kita diacara itu tertinggi se Indonesia. Tapi itu malah kita coreng dengan ulah pejabat kita yang tidak disiplin, tidak taat aturan. Sudah separah itukah mental pejabat kita," ucapnya. 

Pantauan Haluan, kegusaran Yusuf Lubis tidak kali ini saja terjadi. Bupati Pasaman ini juga sudah terlalu sering menyentil sikap kurang disiplin dari para pembantunya itu. Mulai dari minimnya tingkat kehadiran pada suatu kegiatan dan kerap molornya jadwal pelaksanaan kegiatan.

Seperti, pada pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan Lubuksikaping, baru-baru ini. Minimnya tingkat kehadiran camat dan pejabat lainnya membuat bupati ini meradang. Ia pun mengancam, akan melakukan evaluasi bagi pejabat terkait.

"Ketidak disiplinan mereka bisa menjadi bahan evaluasi bagi mereka sendiri," ungkapnya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM