Kini Mendaftar di BPJS Kesehatan Solok Bisa Lewat Telefon


Selasa,16 Mei 2017 - 00:08:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kini Mendaftar di BPJS Kesehatan Solok Bisa Lewat Telefon Kepala BPJS Kesehatan Cabng Solok,Drs.Ardiansyah MM memberikan keterangan pers.

SOLOK,HARIANHALUAN.COM—Untuk meminimalisir antrian, BPJS Kesehatan Cabang Solok memberikan kemudahan kepada masyarakat  yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendaftarakan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

 

Bagi calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP) sekarang sudah dibolehkan mendaftarkan diri lewat telepon.

 

Kepala cabang BPJS Kesehatan Solok, Drs.Ardiansyah MM di Solok,Selasa (1/5) mengatakan, BPJS Kesehatan Cabang Solok memperluas kanal kanal pendataran yang telah ada,salah satunya melalui mekanisme pendataran melalui telepon lewat BPJS Kesehatan Care Centre 1500-400.

 

“Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di kantor BPJS Kesehatan,cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP) bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan  Care Centre atau virtual service. ”ujar Ardiansyah.

 

Lebih jauh dikatakannya, BPJS Kesehatan  Care Cntre yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi,penanganan pengaduan,tanya dokter dan pengelolaan media sosial,maka saat ini dikembangkan fungsinya. Salah satunya adalah pendaftaran peserta  (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP).

 

Peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama,tempat dan tanggal lahir,jenis kelamin,nomor KK,NIK,alamat,email,nomor telepon,kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama melalui telepon.

 

Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta.

 

Dikatakannya,yang perlu dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Centre 1500-400 antara lain nomor kartu keluarga,NIK,nomor rekening tabungan,nomor HP,alamat domisili dan alamat email.

 

Setelah syarat-syarat tersebut siap,calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Centre 1500-400. Dan calon peserta akan dilayani oleh agen care centre,rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan agen akanmenjadi bukti pendaftaran.

 

Ditambahkan Ardiansyah,hingga 5 Mei 2017,peserta JKN-KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa. BPJS Kesehatan juga telah bekerjasama dengan kurang lebih 20766 fasilitas kesehatan tingkat pertama yang terdiri atas 9.825 Puskesmas,5279 klinik pratama,4504 dokter praktek perorangan,1.143 dokter gigi praktik perorangan dan 15 RS tipe D Pratama.

 

Selain itu BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 5.337 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang mencakup 2.135 rumah sakit (termasuk didalamnya klinik utama),2.21 apotek dan 98 optok yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Sementara untuk wilayah BPJS Kesehatan Cabang Solok,jumblah peserta JKN-KIS telah mencapai 699.527 jiwa. BPJS Kesehatan Cabang Solok telah bekerja sama dengan 118 asilitas kesehatan tingkat pertama dan 17 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut yang mencakup 7 rumah sakit dan 10 opti yang tersebar di seluruh wilayah BPJS Kesehatan Cabng Solok. (h/ri)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM