Kepala Kemenag Padang: Ramadan, Cari Cara Agar Anak Muda Ramaikan Masjid


Senin,15 Mei 2017 - 22:39:01 WIB
Kepala Kemenag Padang: Ramadan, Cari Cara Agar Anak Muda Ramaikan Masjid Kepala Kemenag Padang, Japeri. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Japeri mengimbau para pengurus masjid di Kota Padang untuk memberdayakan anak-anak muda jadi Panitia Ramadan.

 

 Selain itu para orangtua mengajarkan anak-anak gadis membuat makanan pabukoan. Diharapkan hal ini nantinya akan menjadi modal bagi anak-anak saat sudah dewasa nanti.

 

“Dengan terbiasa ke masjid, terbiasa membuat makanan pabukoan, ini akan menjadi bekal bagi anak-anak saat mereka sudah dewasa, bagi anak gadis akan berguna bagi mereka saat sudah berkeluarga nanti,” ujar Japeri saat memberi tausyah menyambut Ramadhan di Masjid Al Hikmah, Blok C Perumnas Belimbing, Kuranji, Kota Padang, Senin (15/5).

 

Kepada para Pengurus Masjid Al Hikmah dan pemuda-pemudi masjid, Japeri mengimbau agar saat Ramadan nanti, apabila melaksanakan tadarus agar tidak mengganggu masyarakat yang ingin beristirahat di malam hari.

 

Jadi, jika tadarus memakai microphone, memakai microphone luar cukup sampai pukul 23.00, selanjutnya silakan pakai microphone dalam.

 

Kepada seluruh jamaah, Japeri mengimbau dalam menyambut Ramadhan agar meningkatkan iman, karena puasa adalah ibadah yang wajib hanya untuk orang beriman. Selain itu, setiap orang harus punya target pribadi.

”Misalnya, selama Ramadhan bertekad akan terus ke masjid bersama seluruh keluarga dan tidak akan meninggalkan shalat tarawih,” papar Japeri.

 

Ketua Pengurus Masjid Al Hikmah, Abdi Dewanto mengatakan, setiap menyambut Ramadhan, pihaknya memang menggelar acara Marhaban Ya Ramadan.

 

Pada acara kali ini, selain tausyiah, acara dilaksanakan berbarengan dengan pelantikan pengurus Masjid Al Hikmah, peresmian tempat wudhu, dan Perpustakaan Masjid Al Hikmah.

 

Acara juga diselingi dengan hiburan Masjid Gambus dari Orkes Gambus Nurkhairat dan makan bajamba bersama seluruh masyarakat. Kepala Kantor Kemenag Kota Padang, Japeri juga menyumbangkan dua buah lagu gambus pada acara tersebut.

 

“Hari ini juga dilaksanakan wisuda murid TPA/TPSA,” jelas Abdi Dewanto yang sudah memimpin kepengurusan Masjid Al Hikmah selama tiga periode ini.(h/rel/rvo)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries

https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM