Direktur IPDN Sumbar: Atasi Konflik Sosial dengan Empat Pilar Kebangsaan


Sabtu,13 Mei 2017 - 17:26:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Direktur IPDN Sumbar: Atasi Konflik Sosial dengan Empat Pilar Kebangsaan IPDN Sumbar

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-- Menyikapi fenomena terjadi akhir–akhir ini di Indonesia, dimana hampir terjadi berbagai konflik sosial antar golongan suku bangsa dan agama diperlukan untuk menjaga empat pilar.

 

"Empat pilar kebangsaan tersebut yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat DR. Drs. Abdul Malik, MM di Bukittinggi, Jumat (12/5).
 

Ia mengatakan, empat pilar kebangsaan adalah konsepsi dan pondasi kenegaraan Indonesia, yang mana setiap penyelenggara negara dan segenap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan, bahwa itu lah prinsip-prinsip moral ke-Indonesian yang memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
 

Atas dasar itu, katanya, sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, melalui Gubernur IPDN di Jatinangor, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat bersama Pemerintah Kota Bukittinggi berkolaborasi menggagas pelaksanaan kegiatan Kirab dan Ikrar Kebangsaan.
 

"Kirab Ikrar Kebangsaan dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan dan menanamkan nilai–nilai kebangsaan kepada seluruh komponen bangsa baik itu Pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.
 

Kegiatan kirab ikrar kebangsaan dilaksanakan Kamis (11/5), dengan melibatkan seluruh Civitas Akademika IPDN Kampus Sumatera Barat, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bukittinggi, KODIM Kota Bukittinggi, Polresta Bukittinggi, Pelajar dan Organisasi Masyarakat se-Bukittinggi.
 

"Pelaksanaan kegiatan berbentuk Apel Ikrar kebangsaan di Lapangan Wirabraja Kodim Kota Bukittinggi, dan dilanjutkan dengan Kirab Kebangsaan yang dimulai dari Lapangan Wirabraja Kodim menuju Jam Gadang Kota Bukittinggi," katanya.
 

Ia menyampaikan, tujuan Kirab dan Ikrar kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), meningkatkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada NKRI. Selain itu memberikan pemahaman kepada para penyelenggara negara bersama seluruh masyarakat dan menjadi  panduan dalam kehidupan berpolitik, menjalankan pemerintahan, menegakkan hukum, mengatur perekonomian negara, interaksi  sosial kemasyarakatan, dan berbagai dimensi kehidupan bernegara dan berbangsa lainnya.


Kegiatan telah berlangsung sukses tersebut, Abdul Malik, mengatakan atas nama Gubernur IPDN mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan apel dan kirab kebangsaan tersebut.(h/hmr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM