20 Ribu Keping Blangko E KTP di Padang Belum Bisa Dibagikan


Sabtu,13 Mei 2017 - 16:30:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
20 Ribu Keping Blangko E KTP di Padang Belum Bisa Dibagikan e ktp

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Hampir sebulan lalu Pemerintah Kota Padang mendapatkan 20 ribu keping blangko elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, saat ini masih terkendala belum tersedianya tinta.

 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang (Disdukcapil) Wedistar saat ditemui Harianhaluan.com, Sabtu (12/5). Wedistar menyebutkan pencetakan baru bisa dilakukan paling cepat sekitar dua minggu lagi.

 

“Memang benar blangko telah sampai pertengahan bulan April, tetapi belum bisa dicetak,”ujarnya di kantor Disdukcapil, Jalan Sudirman, Padang.

 

Lebih lanjut Wedistar menyebutkan, meskipun blangko e-KTP telah diperoleh, tetapi KTP tidak bisa langsung dicetak. Sebab alat pendukung pencetak e-KTP belum tersedia. Alat pendukung yang dibutuhkan seperti tinta, filem, dan plastik. Untuk pengadaan alat penunjang ini pun melalui proses tender terlebih dahulu ke unit layanan pengadaan (ULP).

 

“Kami sudah memasukan berkasnya ke ULP yang ada di Balai Kota Padang. Saat ini sedang dalam proses. Kira-kira menunggu sekitar dua minggu lagi hingga proses tender selesai,”ujarnya.

 

Dikatakan Wedistar, nantinya Kota Padang juga akan mendapatkan tambahan blangko e-KTP dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebanyak 15 ribu keping. Jadi total Kota Padang mempunyai 35 ribu keping blangko e-KTP.

 

Blangko e-KTP yang dikeluarkan oleh pusat yakni sebanyak 8 juta keping untuk seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

 

“Semenjak blangko kosong pada September 2016 lalu hingga saat ini sudah ada sekitar 32 ribu warga Kota Padang yang telah melakukan perekam e-KTP,”ujarnya.

 

Wedistar menuturkan untuk mekanisme pembagian KTP nantinya pihak Disdukcapil akan mendahulukan masyarakat yang telah melakukan perekam e-KTP pada bulan september lalu. Seperti yang diketahui, kekosongan blangko e-KTP di Disdukcapil Kota Padang telah terjadi semenjak September 2016 lalu. Akibatnya masyarakat yang melakukan perekaman KTP hanya diberi secarik kertas bernama surat keterangan sebagai pengganti KTP sementara.

 

Sementara itu, Eri warga Marapalam berharap agar masyarakat yang telah melakukan perekaman e-KTP dapat segera diberikan. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan surat keterangan pengganti KTP sementara.

 

“Dulu katanya April sudah bisa diambil e-KTP yang telah direkam. Tetapi hingga saat ini belum bisa juga diambil,”katanya. (h/mg-mel)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,02 Juli 2017 - 13:07:47 WIB

    Siapkan Reuni Akbar 2018, Alumni SMP 7 Akan Tebar 1.000 Alquran

    Siapkan Reuni Akbar 2018, Alumni SMP 7 Akan Tebar 1.000 Alquran PADANG, HALUAN --- Ikatan Keluarga Alumni 'Dunsanak' 98 SMP Negeri 7 Padang, manfaatkan momentum IdulfitriI dengan menggekar hala bi halal (HbH). HbH digelar beberapa waktu lalu di J Six Cafe Jalan Juanda Padang, hasilnya sel.
  • Minggu,04 Juni 2017 - 16:53:00 WIB

    Tahun 2017, 635 PNS Padang Bakal Pensiun

    Tahun 2017, 635 PNS Padang Bakal Pensiun PADANG,HALUAN—Sebanyak 635 orang Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Padang akan pensiun selama tahun 2017. Dari jumlah tersebut, setengahnya yang akan pensiun adalah guru..
  • Selasa,30 Mei 2017 - 09:52:05 WIB

    2017, Baznas Targetkan Rp28 Miliar Dana Zakat

    2017, Baznas Targetkan Rp28 Miliar Dana Zakat PADANG,HALUAN—Setelah melampaui target di 2016, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang memasang target yang lebih besar tahun ini. Jika sebelumnya target 2016 Rp24 miliar dapat terealisasi sekitar Rp25,2 miliar. Unt.
  • Senin,29 Mei 2017 - 12:20:04 WIB

    Rp120 M Dianggarkan Untuk Atasi Banjir di Padang

    Rp120 M Dianggarkan Untuk Atasi Banjir di Padang PADANG,HALUAN—Saat ini kondisi Kota Padang apabila dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi selama lebih kurang tiga jam saja akan menyebabkan genangan mulai dari 15 cm hingga satu meteran. Hal ini dapat dilihat d.
  • Jumat,05 Mei 2017 - 02:00:54 WIB

    Padang Fair 2017 Sepi Pengunjung

    Padang Fair 2017 Sepi Pengunjung PADANG,HALUAN—Pergelaran Padang Fair tahun 2017 yang digelar di dekat Gelanggang Olahraga (GOR) H Agus Salim, sepi pengunjung. Semenjak mulai dibuka pada 28 Maret, hingga Kamis (4/5) pengunjung yang datang ke Padang Fair ja.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM