Realisasi Retribusi DLH tak Capai Target


Jumat,12 Mei 2017 - 01:31:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN -- Hingga bulan ke empat di tahun 2017 realisasi retribusi di Dinas lingkungan Hidup Kota Padang baru 16,13 persen. Capaian ini masih jauh dari target sekitar 20 persen yang ditargetkan DLH.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin pada Haluan, Kamis (11/5). "Masih ada kurang 4 persen lagi dari target yang seharusnya dicapai, " kata Al Amin di Kantor Dinasnya di Balai Baru.

Lebih lanjut dikatakan Al Amin, ada empat jenis retribusi yang dipungut oleh DLH, yakni retribusi jasa kebersihan, retribusi tempat pemakaman umum, retribusi dari penyedotan tinja, dan retribusi jasa labor. Total Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 16 persen tersebut baru mencapai Rp1,623 miliar.

Al Amin menyebutkan, dari ke empat jenis retribusi tersebut yang paling banyak menyumbangkan PAD hingga saat ini adalah dari retribusi jasa kebersihan yang mencapai Rp 1,043 miliar.

Al Amin menyebutkan tahun ini target retribusi yang harus dicapai oleh DLH adalah sekitar Rp9,3 miliar. Sedangkan tahun lalu Rp8 miliar. Realisasinya mencapai 106 persen atau Rp8,6 miliar hingga akhir tahun 2016.

"Target retribusi sampah yang diberikan oleh Pemerintah Kota Padang kepada DLH naik sekitar Rp1,3 miliar dibandingkan tahun lalu, " kata Al Amin.

Al Amin bertekad pihaknya optimis tahun ini dapat mencapai target retribusi yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Padang. Ia mengatakan, melebihinya realisasi retribusi pada tahun lalu, karena para penangih yang gigih menjemput ke tempat yang wajib membayar. Seperti rumah tangga,  hotel, rumah sakit, supermaket, dan pabrik.

Bisa melebihi target, bukan berarti pihaknya tidak mengalami kendala. Menurut Al Amin kesadaran masyarakat untuk membayar tepat waktu masih rendah. Sehingga petugasnya harus sering bolak-balik ke tempat tersebut. "Saat ditagih banyak yang tidak berada ditempat," ujar Al Amin.

Selain itu, akan memaksimalkan kinerja para penangih agar semuanya dapat membayar kewajiban. Dirinya berharap, agar para wajib retribusi sampah dapat membayar kewajibannya tepat waktu. "Gunanya PAD ini kan juga untuk masyarakat Kota Padang," ucapnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,29 Desember 2016 - 00:31:22 WIB
    DIPENDA SINYALIR IMBAS EKONOMI LESU

    Realisasi PAD Baru Rp254 Miliar

    PADANG, HALUAN — Persentase realisasi pajak Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Padang pada 2016 belum mencapai target. Hal tersebut disinyalir terjadi karena lesunya perekonomian masyarakat tahun ini..
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:57:43 WIB
    SUDAH LAMPAUI TARGET

    PAD Rusunawa Terealisasi Rp678 Juta

    PADANG, HALUAN—Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) telah melampaui target. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangunan dan Perumahan (TRTBP) Kota Padang .
  • Jumat,23 Desember 2016 - 01:47:33 WIB

    Januari, APBD 2017 Terealisasi

    PADANG, HALUAN — Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumbar telah menerima hasil evaluasi APBD 2017 dari Kemendagri. Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, pasca sudah diterimanya hasil evaluasi dari Kemendagri, AP.
  • Jumat,16 Desember 2016 - 01:19:35 WIB

    Program Dinas PU Terealisasi 90 Persen

    PADANG, HALUAN — Hingga De­sember minggu pertama, sudah 90 persen program Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang yang terealisasi. Hingga akhir tahun, PU yakin 100 persen target program terlaksana..
  • Jumat,09 Desember 2016 - 01:09:40 WIB
    SASAR 48 RIBU PELAJAR

    Realisasi BIAS 86,4 Persen

    PADANG, HALUAN—Realisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada Bulan November mencapai 86, 4 persen dari 48.444 jumlah sasaran. Imunisasi ini bertujuan untuk memberikan vaksin Difteri (DT) dan Tetanus (Td) kepada siswa k.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM