Realisasi Retribusi DLH tak Capai Target


Jumat,12 Mei 2017 - 01:31:01 WIB

PADANG, HALUAN -- Hingga bulan ke empat di tahun 2017 realisasi retribusi di Dinas lingkungan Hidup Kota Padang baru 16,13 persen. Capaian ini masih jauh dari target sekitar 20 persen yang ditargetkan DLH.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin pada Haluan, Kamis (11/5). "Masih ada kurang 4 persen lagi dari target yang seharusnya dicapai, " kata Al Amin di Kantor Dinasnya di Balai Baru.

Lebih lanjut dikatakan Al Amin, ada empat jenis retribusi yang dipungut oleh DLH, yakni retribusi jasa kebersihan, retribusi tempat pemakaman umum, retribusi dari penyedotan tinja, dan retribusi jasa labor. Total Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 16 persen tersebut baru mencapai Rp1,623 miliar.

Al Amin menyebutkan, dari ke empat jenis retribusi tersebut yang paling banyak menyumbangkan PAD hingga saat ini adalah dari retribusi jasa kebersihan yang mencapai Rp 1,043 miliar.

Al Amin menyebutkan tahun ini target retribusi yang harus dicapai oleh DLH adalah sekitar Rp9,3 miliar. Sedangkan tahun lalu Rp8 miliar. Realisasinya mencapai 106 persen atau Rp8,6 miliar hingga akhir tahun 2016.

"Target retribusi sampah yang diberikan oleh Pemerintah Kota Padang kepada DLH naik sekitar Rp1,3 miliar dibandingkan tahun lalu, " kata Al Amin.

Al Amin bertekad pihaknya optimis tahun ini dapat mencapai target retribusi yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Padang. Ia mengatakan, melebihinya realisasi retribusi pada tahun lalu, karena para penangih yang gigih menjemput ke tempat yang wajib membayar. Seperti rumah tangga,  hotel, rumah sakit, supermaket, dan pabrik.

Bisa melebihi target, bukan berarti pihaknya tidak mengalami kendala. Menurut Al Amin kesadaran masyarakat untuk membayar tepat waktu masih rendah. Sehingga petugasnya harus sering bolak-balik ke tempat tersebut. "Saat ditagih banyak yang tidak berada ditempat," ujar Al Amin.

Selain itu, akan memaksimalkan kinerja para penangih agar semuanya dapat membayar kewajiban. Dirinya berharap, agar para wajib retribusi sampah dapat membayar kewajibannya tepat waktu. "Gunanya PAD ini kan juga untuk masyarakat Kota Padang," ucapnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM