DEMI TARIK WISATAWAN

Semua OPD Diminta Gelar Iven Unik dan Menarik


Jumat,12 Mei 2017 - 01:30:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG,HALUAN- Pemerintah Kota Padang semenjak tahun 2017 mengimbau kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengelar berbagai iven atau pameran hanya dilakukan di Kota Padang.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharallulah kepada Haluan, Kamis (11/5).  Mahyeldi mengatakan, tujuan para OPD menggelar pameran dan berbagai festival hanya di Kota Padang adalah untuk upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Padang.

“Kami mengimbau agar tidak ada lagi OPD yang menggelar pameran dan festival di Kota Padang. Semuanya harus dilakukan di Kota Padang hal ini untuk menarik pengunjung untuk datang ke kota ini," ujar Mahyeldi Ansharullah.

Lebih lanjut Mahyeldi menyebutkan, Pemerintah Kota Padang akan mendukung penuh OPD yang akan menggelar berbagai iven dan pameran yang dilakukan. Apakah OPD akan menggelarnya setiap satu kali sebulan atau sesering mungkin, pihak Pemko siap mendukung dan memberikan izin.

“Mau dilaksanakan tiap minggu atau tiap bulan. Asalkan bisa mendatangkan wisatawan kita akan dukung,”ucap Mahyeldi.

Dikatakan Mahyeldi, bukan hanya itu, pihaknya juga  selalu ikut mempromosikan pariwisata dan budaya ke sejumlah tamu yang hadir di Padang. Ia juga tidak lupa mengajak masyarakat untuk ikut mempromosikan Kota Padang kepada tamu yang datang. Masyarakat pun diharapkan untuk selalu bersikap ramah kepada setiap tamu yang datang ke Kota Padang.

Selain itu, Walikota Padang menyebutkan, disamping kegiatan festival atau pameran, penguatan sarana prasarana tetap fokus utama. Sehingga pihaknya secara terbuka menerima investasi baik dalam bentuk sarana kuliner, penginapan, wisata, atau perbelanjaan.
Pihak Pemko pun sedang melakukan upaya digitalisasi dan dalam jaringan untuk mengenalkan pariwisata Kota Padang ke luar.

“Sekarang sudah ada aplikasi Padang City Guide yang dapat diunduh di Play Store, yang bisa memandu wisatawan yang ingin mengetahui kota ini. Ke depan kita akan buat berbagai aplikasi digital yang dapat membantu mempromosikan Kota Padang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Medi Iswnadi, melalui Sekretaris Disparbud, Ludi Anwar, menyebutkan, demi mencapai target empat juta kunjungan wisatawan tahun 2017. Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menggelar 15 event selama tahun ini.

“Semenjak awal tahun 2017  sudah digelar sejumlah iven yang telah terangkum ke dalam kalender wisata Kota Padang. Seperti ‘Festival Anak Nagari’ yang dilaksanakan 6 Februari hingga 8 Februari. Lalu, dilanjutkan dengan iven ‘Pendirian dan Pengembangan Industri Kreatif Parwisata’ pada 27 Februari hingga 2 Maret. Kemudian ‘Lomba Selaju Sampan’, pemecahan rekor Muri penampilan ‘Seribu Baju Kuruang Basiba’ yang diadakan di Pantai Padang. Lalu, Pemilihan Uda dan Uni Kota Padang. Serta Padang Fair pada 28 April hingga 7 Mei,” ujar Ludi pada Haluan.

Lebih lanjut dikatakan Ludi, hingga akhir tahun masih akan ada beberapa iven yang digelar oleh Disparbud. Seperti, digelar balap sepeda internasional ‘Tour de Singkarak’. Dilanjutkan, ‘Festival Dragon Boat Internasional’ dilaksanakan pada Agustus. Kegiatan berskala besar ini digelar di Banda Bakali. Sedangkan pada 6 Agustus nanti juga dilaksanakan pawai telong-telong yang dipusatkan di Pantai Cimpago. Selain itu, Kota Padang juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan ‘Minangkabau Halal Tourism Fair’. Kegiatan ini dilaksanakan pada September 2017. 

 “Dari 15 iven yang digelar, yang paling besar, nantinya agenda bertaraf internasional yang akan diadakan adalah Pertemuan Ulama pada Juli mendatang. Pertemuan ini menghadirkan sekitar 300 orang ulama se-Asia Tenggara, Eropa dan Afrika,” ujarnya.

Ia berharap, dengan digelarnya berbagai iven dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri kreatif untuk memasarkan produknya. Selain menjadi daya tarik bagi pengunjung, iven pariwisata tersebut juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh generasi muda Kota Padang.

“Tentunya setiap iven yang diadakan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Masyarakat pun dituntut lebih kreatif dalam memasarkan berbagai produk dan selalu bersikap ramah,” ucapnya.(h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,28 Desember 2016 - 02:10:16 WIB
    GUBERNUR SUMBAR LANTIK PEJABAT ESELON II

    Tahun Baru Semua OPD Baru Mulai Bekerja

    Tahun Baru Semua OPD Baru Mulai Bekerja PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tampaknya ingin bergerak cepat mengisi struktur Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Kepada pejabat eselon II yang baru dilantik, Selasa (27/12), hanya diberi tenggat wak.
  • Rabu,10 Agustus 2016 - 13:46:18 WIB
    MAJELIS ZIKIR BABUSSALAM INDONESIA

    Akan Hadir di Semua Provinsi

    PADANG, HALUAN — Kehadiran Majelis Zikir Babussallam Indonesia (MZBI) di sejumlah provinsi di tanah air, mendapat apresiasi luar biasa dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Bahkan, kader PKB itu mendukung jika majelis zikir ini.
  • Sabtu,30 April 2016 - 03:21:12 WIB
    Aturan Main Salon Padang Teater

    Satu Bandel, Semua Disegel

    PADANG, HALUAN — Sebanyak 12 dari 29 salon di kawasan Padang Theater yang disegel oleh Pemko Padang, tidak diperbolehkan lagi untuk beroperasi. Alasannya salon ini telah menjadi sarang prostitusi dengan ditemukannya alat ko.
  • Kamis,11 Februari 2016 - 11:54:04 WIB
    Promosi Awal Tahun

    Sriwijaya Air Berikan Diskon 20 Persen untuk Semua Rute

    PADANG, HALUAN – Pada awal tahun ini, Sriwijaya Air memanjakan penumpangnya dengan memberikan diskon harga tiket sebesar 20 persen untuk semua rute penerbangan di seleruh Indonesia. Promosi ini berlaku hingga Februari 2016..
  • Rabu,30 Desember 2015 - 02:31:42 WIB
    Libatkan Ribuan Mahasiswa dan Peneliti

    Unand akan Himpun Semua Informasi Minangkabau

    Unand akan Himpun Semua Informasi Minangkabau PADANG, HALUAN — Didukung oleh ribuan mahasiswa dan akademisi, Universitas Andalas bersiap menghimpun seluruh informasi nagari se-Sumatera Barat yang akan didokumentasikan dalam bentuk digital dan cetak. Unand juga akan kem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM