Lapas Sijunjung Kelebihan Kapasitas


Jumat,12 Mei 2017 - 01:18:54 WIB
Lapas Sijunjung Kelebihan Kapasitas KUNJUNGI LAPAS - Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy didampingi Kalapas Muaro Sijunjung, Marten dan Kadis Satpol PP dan Damkar, Mashariyanto melihat narapidana penghuni salah satu kamar yang sudah melebihi daya tampung atau over kapasitas baru-baru ini. AZNELDI

SIJUNJUNG, HALUAN - Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy menyatakan keprihatinan terhadap kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaro Sijunjung yang sudah melebihi daya tampung atau over kapasitas.

“Kita sangat prihatin melihat narapida yang berdesakan dalam satu sel,” kata Arrival Boy kepada Haluan melalui telepon selularnya, Rabu (10/5).

Dengan kondisi seperti itu, sambung wakil bupati, sudah seharusnya pemerintah atau negara segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah over kapasitas tersebut.

Salah satunya, sebut politisi Partai Golkar ini, dengan cara melakukan pengembangan terhadap bangunan lapas.Dengan adanya pengembangan bangunan lapas diharapkan dapat mengatasi masalah kelebihan kapasitas.

”Saya berharap kedepannya ada pengembangan bangunan lapas sehingga warga binaan tidak lagi berdesakan dalam satu ruangan,” ucap Arrival Boy.

Menyinggung pembinaan narapida, orang nomor dua di kabupaten berjuluk Ranah Lansek menyatakan, pemerintah Kabupaten Sijunjung siap meluncurkan program dan kegiatan, baik peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun  kegiatan pelatihan keterampilan bagi narapaida di Lapas Muaro Sijunjung.

Termasuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga binaan. ”Beberapa hari yang lalu, Dinas Tenaga Kerja dan Tarnsmigrasi memberikan sosialisasi program penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  dalam dan luar negeri dan sekaligus menebar benih ikan di kolam milik Lapas,” katanya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Lapas kelas II B Muaro Sijunjung, Marten menyebutkan, daya tampung Lapas kelas II B Muaro Sijunjung sebenarnya 150 orang, namun  sekarang justru penghuninya mencapai 303 orang.

“Lapas ini memiliki 17 kamar. Satu kamar idealnya menampung 10 orang, namun karena over kapasitas, setiap kamar dihuni 20 orang,” ujar Marten.

Hal yang sama juga terjadi di Lapas Talu, di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Lapas yang seharusnya menampung 40 narapidana, saat ini dihuni 120 orang narapidana.

Kepala Lapas Talu, Nofrizal
kepada Haluan Rabu (10/5) mengatakan, masih banyak kekurang yang dibutuhkan, baik itu sarana maupun prasarana di lapas ini. Hal tersebut mengingat kapasitas tahanan yang saat ini sudah jauh dari yang seharusnya.

"Kapasitas lapas ini hanya dapat menampung 40 orang tahanan. Sementara saat ini jumlah tahanan yang ada di lapas ini berjumlah 120 orang yang tentunya sudah jauh dari yang seharusnya,"
pungkas Nofrizal.

Ia menjelaskan, saat ini lapas talu hanya memiliki 6 kamar yang ditambah dengan 2 sel untuk tahanan yang baru masuk untuk mengikuti Admisi Oreontasi (AO). Sementara untuk pembinanan yang kita lakukan baru hanya pembinana bidang keagamaan yang kita laksanakan dua kali dalam satu minggu yaitu, pada hari jumat dan sabtu,"jelasnya.

Ia berharap, agar pemerintah daerah dapat berperan serta dalam menanggulangi permasalahan over kapasitas tersebut
. (h/azn/mg-fad)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM