Tiga Pelayan Kafe di Dharmasraya Terinveksi HIV


Jumat,12 Mei 2017 - 00:58:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi

DHARMASRAYA, HALUAN – Sebanyak 86 orang wanita pelayan kafe remang-remang di Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya lakukan tes darah. Tes ini sengaja dilakukan oleh Dinas Kesehatan Dharmasraya berkerja sama dengan tim Dinas Kesehatan Provinsi  Sumbar.  Dari hasil tes yang dilakukan, ternyata 3 orang wanita pekerja kafe karaoke itu positif terindikasi virus HIV.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Rahmadian melalui Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Helmi dan dampingi Kasi P2PM, Murhardison saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (10/5).

"Betul, berapa minggu lalu kami bersama tim dari Dinas Kesehatan Sumbar melakukan kegiatan tes darah terhadap perkerja atau karyawan tempat hiburan malam karaoke yang ada di Kecamatan Pulau Punjung. Dari 12 tempat hiburan tersebut, kita data ada sebanyak 86 orang pelayan kafe yang kita lakukan tes darah. Hasilnya, dari ke-86 pelayan kafe tersebut, 3 diantaranya ternyata terindikasi positif virus HIV,” ungkap Helmi.

HIV yang merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, sebut Helmi, menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

“Dalam waktu dekat Dinkes Dharmasyara akan melakukan tes tahap berikutnya untuk memastikan virus tersebut terjangkit ke tempat yang lain. Memang ada beberapa orang yang enggan untuk melakukan pemeriksaan darah tetapi upaya kami tetap berhasil untuk membujuk mereka melakukan tes darah tersebut,” lanjutnya.

Kendati demikian, lanjut Helmi, pihak Pemkab Dharmasraya sendiri melalui Dinas Kesehatan akan tetap melakukan pemeriksaan rutin terhadap sejumlah warga yang disinyalir rentan  terhadap virus mematikan tersebut. “Apapun akan kita lakukan agar virus mematikan ini tidak menyebar,” pungkasnya. (h/mg-bdr/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 Juli 2017 - 00:30:21 WIB

    JK Berikan Tiga Kunci Lemahkan Orang Minang

    JK Berikan Tiga Kunci Lemahkan Orang Minang PADANG, HARIANHALUAN.COM– Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla, memberikan tiga trik untuk melemahkan orang Minangkabau. Menurutnya, jika ingin melemahkan orang Minang cukup dengan tiga cara saja. Yaitu rusak pendidikannya,.
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:30:38 WIB

    DPRD Padang Panjang Sorot Tiga OPD

    PADANG PANJANG, HALUAN — Sebagai wakil rakyat yang telah ditunjuk dan dipercaya oleh masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang mempunyai tugas dan wewenang meminta Laporan Keterangan Pertanggungj.
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:24:18 WIB

    Tiga Pelaku Pemerasan Diciduk Polisi

    Tiga Pelaku Pemerasan Diciduk Polisi TANAH DATAR, HALUAN - Tiga warga Belimbing, Kecamatan Rambatan bernama Muhamad Antos (36), Ramilus (31) dan Dian Harista (26) terpaksa berurusan dengan polisi. Ketiganya ditangkap karena melakukan tindakan pemerasan terhadap .
  • Jumat,28 April 2017 - 12:36:00 WIB

    Mitigasi Belum Maksimal, Sumbar Jangan Dulu Berharap Seperti Jepang

    Mitigasi Belum Maksimal, Sumbar Jangan Dulu Berharap Seperti Jepang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pakar Gempa dari Universitas Andalas (Unand), Badrul Mustafa Kemal memperkirakan, Sumbar butuh waktu yang lama untuk memantapkan mitigasi bencana. Perlu sosialisasi yang panjang sampai masyarakat .
  • Jumat,10 Maret 2017 - 08:58:21 WIB

    Pemprov Sumbar Ajukan Tiga Ranperda

    PADANG, HALUAN--Pemerintah Provinsi Sumbar menyampaikan Nota Penjelasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) melalui rapat paripurna DPRD Sumbar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM