Tiga Pelayan Kafe di Dharmasraya Terinveksi HIV


Jumat,12 Mei 2017 - 00:58:15 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN – Sebanyak 86 orang wanita pelayan kafe remang-remang di Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya lakukan tes darah. Tes ini sengaja dilakukan oleh Dinas Kesehatan Dharmasraya berkerja sama dengan tim Dinas Kesehatan Provinsi  Sumbar.  Dari hasil tes yang dilakukan, ternyata 3 orang wanita pekerja kafe karaoke itu positif terindikasi virus HIV.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Rahmadian melalui Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Helmi dan dampingi Kasi P2PM, Murhardison saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (10/5).

"Betul, berapa minggu lalu kami bersama tim dari Dinas Kesehatan Sumbar melakukan kegiatan tes darah terhadap perkerja atau karyawan tempat hiburan malam karaoke yang ada di Kecamatan Pulau Punjung. Dari 12 tempat hiburan tersebut, kita data ada sebanyak 86 orang pelayan kafe yang kita lakukan tes darah. Hasilnya, dari ke-86 pelayan kafe tersebut, 3 diantaranya ternyata terindikasi positif virus HIV,” ungkap Helmi.

HIV yang merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, sebut Helmi, menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

“Dalam waktu dekat Dinkes Dharmasyara akan melakukan tes tahap berikutnya untuk memastikan virus tersebut terjangkit ke tempat yang lain. Memang ada beberapa orang yang enggan untuk melakukan pemeriksaan darah tetapi upaya kami tetap berhasil untuk membujuk mereka melakukan tes darah tersebut,” lanjutnya.

Kendati demikian, lanjut Helmi, pihak Pemkab Dharmasraya sendiri melalui Dinas Kesehatan akan tetap melakukan pemeriksaan rutin terhadap sejumlah warga yang disinyalir rentan  terhadap virus mematikan tersebut. “Apapun akan kita lakukan agar virus mematikan ini tidak menyebar,” pungkasnya. (h/mg-bdr/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM