Proses Eksekusi Lahan Dikawal Ketat


Jumat,12 Mei 2017 - 00:56:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Proses Eksekusi Lahan Dikawal Ketat EKSEKUSI LAHAN - Sejumlah aparat kepolisian melakukan pengamanan ketat proses eksekusi lahan sengketa di Kampung Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu (10/5). DAYAT

AGAM, HALUAN - Kepolisian Resor (Polres) Agam, mengawal ketat proses eksekusi lahan sengketa di Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu (10/5). Pengamanan menggunakan juga satu unit mobil water canon, satu unit mobil pemadam kebakaran.

Sebelumnya, Hasan Basri CS mengugat putusan PN Lubukbasung ke Pengadilan Tinggi Padang pada 7 Juli 2008 dengan Nomor:151/PDT/2008/PT.PDG dan PT Padang menolak gugatan dari yang bersangkutan.

Setelah itu, Hasan Basri CS melakukan kasasi ke Makamah Agung dengan Nomor:2399K/PDT/2009. Lalu Hasan Basri Cs mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Makamah Agung (MA) dengan Nomor:98/PK/PDT/2015.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi didampingi Kabag Ops Polres Agam, Kompol Elvi Rinaldi di Lubukbasung, Rabu (10/5) mengatakan, pengamanan maksimal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Ada sekitar 280 personel yang ditugaskan dalam kesempatan tersebut.

"280 personel ini berasal dari anggota Polres Agam sebanyak 250 personel, Kodim 0304 Agam sebanyak 10 prajurit, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran sebanyak 20 orang," katanya.

Dikatakannya, eksekusi lahan ini berdasarkan hasil putusan Pengadilan Negeri Lubukbasung dengan Nomor:24/PDT.G/2017.PN/LB.BS atas nama Radelis ST Sinaro Cs sebagai pemohon dengan termohon Hasan Basri CS. Ia mengatakan pengamanan ini bertujuan untuk menghindari perbuatan yang melanggar hukum.

Menurutnya, pengamanan ini sesuai dengan standar operasional prosedur. Sita eksekusi berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada perlawanan dari pihak lain. Pengamanan ini juga merupakan bagian dari memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dan juru sita yang membacakan amar putusan di lokasi.
 
Pembacaan amar putusan dilakukan Juru Sita Pengadilan Negeri Lubuk Basung, Mustafa.  Pemasangan batas sepadan diempat objek perkara berjalan juga berjalan dengan lancar. Di lokasi juga dilakukan Eksekusi pohon kelapa sawit dan padi. (h/mg-yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM