Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi


Kamis,11 Mei 2017 - 18:03:04 WIB
Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi KONSERVASI NASKAH TUA—Sejumlah mahasiswa Sastra Indonesia Unand membersihkan naskah kuno milik masyarakat di Surau Parak Laweh, Dusun Balai Saruang, Pariangan, Tanah Datar, pada 6 Mei. Mereka menggelar pelatihan konservasi naskah kuno milik masyarakat pada 6—7 Mei. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Naskah kuno di Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar banyak yang rusak. Mengatasi agar informasi di naskah tersebut, empat mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Andalas (Unand) angkatan 2014 melakukan konservasi.

 

Leo Nella Rizki, pemimpin kelompok tersebut bersama teman-temannya, yakni Atikah Hidayati, Nova Hernanda, dan Rahma Yenti, mengatakan, konservasi tersebut bagian dari pelatihan setelah ia dinyatakan lulus dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

 

Menurutnya, Pariangan adalah wilayah penting di Sumatra Barat sebagai tempat (sumber) naskah. Kali ini, pihaknya mengadakan pelatihan pelestarian dan penyelamatan naskah di Surau Parak Laweh di Dusun Balai Saruang, Pariangan. Warisan budaya tertulis yang merekam perjalanan masyarakat Pariangan tersebut banyak yang rusak.

 

Kerusakan tersebut terjadi karena umur naskah sudah ratusan tahun dan pemiliknya tidak tahu cara menyimpan dan melestarikannya.

 

“Jika naskah tersebut tak cepat diselamatkan, dikhawatirkan akan hilang informasi yang terkandung di dalamnya. Saat ini kondisi naskah-naskah sudah banyak rusak dan mendekati kerusakan. Beberapa faktor penyebab kerusakan naskah, di antaranya faktor fisiologis (faktor fisik dan umur naskah), mekanis (bencana alam dan benda lain), dan biologis (serangga dan mikroorganisme lain). Selain itu, ketidaktahuan pemilik naskah tentang cara merawat dan menyimpan naskah juga mempercepat kerusakan naskah,” ujar Leo di Unand, Rabu (10/5).

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM