Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi


Kamis,11 Mei 2017 - 18:03:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi KONSERVASI NASKAH TUA—Sejumlah mahasiswa Sastra Indonesia Unand membersihkan naskah kuno milik masyarakat di Surau Parak Laweh, Dusun Balai Saruang, Pariangan, Tanah Datar, pada 6 Mei. Mereka menggelar pelatihan konservasi naskah kuno milik masyarakat pada 6—7 Mei. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Naskah kuno di Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar banyak yang rusak. Mengatasi agar informasi di naskah tersebut, empat mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Andalas (Unand) angkatan 2014 melakukan konservasi.

 

Leo Nella Rizki, pemimpin kelompok tersebut bersama teman-temannya, yakni Atikah Hidayati, Nova Hernanda, dan Rahma Yenti, mengatakan, konservasi tersebut bagian dari pelatihan setelah ia dinyatakan lulus dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

 

Menurutnya, Pariangan adalah wilayah penting di Sumatra Barat sebagai tempat (sumber) naskah. Kali ini, pihaknya mengadakan pelatihan pelestarian dan penyelamatan naskah di Surau Parak Laweh di Dusun Balai Saruang, Pariangan. Warisan budaya tertulis yang merekam perjalanan masyarakat Pariangan tersebut banyak yang rusak.

 

Kerusakan tersebut terjadi karena umur naskah sudah ratusan tahun dan pemiliknya tidak tahu cara menyimpan dan melestarikannya.

 

“Jika naskah tersebut tak cepat diselamatkan, dikhawatirkan akan hilang informasi yang terkandung di dalamnya. Saat ini kondisi naskah-naskah sudah banyak rusak dan mendekati kerusakan. Beberapa faktor penyebab kerusakan naskah, di antaranya faktor fisiologis (faktor fisik dan umur naskah), mekanis (bencana alam dan benda lain), dan biologis (serangga dan mikroorganisme lain). Selain itu, ketidaktahuan pemilik naskah tentang cara merawat dan menyimpan naskah juga mempercepat kerusakan naskah,” ujar Leo di Unand, Rabu (10/5).

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,01 April 2016 - 03:41:51 WIB

    Naskah UN SMA Tiba di Pasaman

    PASAMAN, HALUAN — Dinas Pendidikan Pasaman telah menerima 322 bundel naskah Ujian Nasional (UN) SMA sederajat, dari Provinsi Sumbar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM