BBPOM Padang: Masih Ditemukan Kerupuk Merah Pakai Pewarna Tekstil


Rabu,10 Mei 2017 - 13:37:37 WIB
BBPOM Padang: Masih Ditemukan Kerupuk Merah Pakai Pewarna Tekstil Kepala BBPOM di Padang, Zulkifli meminta agar instansi terkait di daerah mengawasi distribusi bahan berbahaya hingga perdagangan makanan yang menggunakan zat berbahaya tersebut saat pertemuan JKPD, Selasa (9/5) di Basko Hotel, Padang. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, meminta agar dinas terkait di kabupaten/kota melakukan fungsi pengawasan terhadap distribusi bahan berbahaya yang sering digunakan pada makanan, seperti boraks, formalin dan rodhamin.

 

Selain itu, juga mengawasi produk makanan yang menggunakan bahan berbahaya tersebut. Sebab sampai saat ini, masih ditemukan sejumlah bahan makanan yang mengandung rodhamin, boraks dan formalin, seperti kerupuk nasi, kerupuk palembang merah, bakso dan lainnya.

 

“Kami sangat berharap instansi terkait di kabupaten/kota melakukan pengawasan efektif terhadap bahan berbahaya ini,” ujar Kepala BBPOM di Padang, Zulkifli saat menggelar pertemuan Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dengan jajaran Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Dinas Perindag kabupaten/kota, Selasa (9/5) di Basko Hotel, Padang.

 

Apalagi saat bulan Ramadan dan menyambut Lebaran. Masih banyak ditemukan pedagang pabukoan yang nakal dan menggunakan zat pewarna tekstil dan boraks untuk makanan yang dijualnya, seperti cendol delima dan rumput laut. Begitu juga untuk aneka kue Lebaran dengan warna yang menyala terang. Hal yang sama juga ditemukan pada jajanan anak sekolah.

 

“Khusus untuk boraks, kita sudah temukan alternatifnya. Jadi pedagang bisa menggunakan bahan laternatif ini,” katanya dihadapan sekitar 41 peserta.

 

Dikatakan, Pemkab/Pemko dapat memanfaatkan BBPOM untuk berbagi ilmu dan sekaligus melakukan peninjauan ke lapangan baik ke pasar tradisional maupun jajanan sekolah. Pihaknya memiliki 4 unit mobil laboratorium yang yang dapat melakukan pemeriksaan produk mengandung bahan berbahaya secara langsung.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM