BBPOM Padang: Masih Ditemukan Kerupuk Merah Pakai Pewarna Tekstil


Rabu,10 Mei 2017 - 13:37:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BBPOM Padang: Masih Ditemukan Kerupuk Merah Pakai Pewarna Tekstil Kepala BBPOM di Padang, Zulkifli meminta agar instansi terkait di daerah mengawasi distribusi bahan berbahaya hingga perdagangan makanan yang menggunakan zat berbahaya tersebut saat pertemuan JKPD, Selasa (9/5) di Basko Hotel, Padang. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, meminta agar dinas terkait di kabupaten/kota melakukan fungsi pengawasan terhadap distribusi bahan berbahaya yang sering digunakan pada makanan, seperti boraks, formalin dan rodhamin.

 

Selain itu, juga mengawasi produk makanan yang menggunakan bahan berbahaya tersebut. Sebab sampai saat ini, masih ditemukan sejumlah bahan makanan yang mengandung rodhamin, boraks dan formalin, seperti kerupuk nasi, kerupuk palembang merah, bakso dan lainnya.

 

“Kami sangat berharap instansi terkait di kabupaten/kota melakukan pengawasan efektif terhadap bahan berbahaya ini,” ujar Kepala BBPOM di Padang, Zulkifli saat menggelar pertemuan Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) dengan jajaran Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Dinas Perindag kabupaten/kota, Selasa (9/5) di Basko Hotel, Padang.

 

Apalagi saat bulan Ramadan dan menyambut Lebaran. Masih banyak ditemukan pedagang pabukoan yang nakal dan menggunakan zat pewarna tekstil dan boraks untuk makanan yang dijualnya, seperti cendol delima dan rumput laut. Begitu juga untuk aneka kue Lebaran dengan warna yang menyala terang. Hal yang sama juga ditemukan pada jajanan anak sekolah.

 

“Khusus untuk boraks, kita sudah temukan alternatifnya. Jadi pedagang bisa menggunakan bahan laternatif ini,” katanya dihadapan sekitar 41 peserta.

 

Dikatakan, Pemkab/Pemko dapat memanfaatkan BBPOM untuk berbagi ilmu dan sekaligus melakukan peninjauan ke lapangan baik ke pasar tradisional maupun jajanan sekolah. Pihaknya memiliki 4 unit mobil laboratorium yang yang dapat melakukan pemeriksaan produk mengandung bahan berbahaya secara langsung.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,18 Agustus 2016 - 10:52:31 WIB

    BBPOM Padang Sita Puluhan Ribu Susu Non Halal

    BBPOM Padang Sita Puluhan Ribu Susu Non Halal PADANG, HALUAN—Mendapati laporan dari Dinas Kesehatan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan tentang beredarnya susu kental kalengan berlabel non halal di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Balai Besar Pengawasan Obat dan Mak.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM