Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal


Rabu,10 Mei 2017 - 13:29:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kota Padang, Corri Saidan saat menjadi nara sumber pada bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengelola tenaga kearsipan organisasi perangkat daerah lingkungan Pemko Padang di Grand Inna Padang, Selasa (9/5). Melati Oktawina

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pengelolaan arsip pada tiap-tiap unit kerja di Pemko Padang belum maksimal. Hal itu disebabkan kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan belum adanya pembinaan kearsipan internal pada tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD).

 

Hal tersebut dikatakan Asisten Administrasi Sekda Padang, Corri Saidan, saat menjadi narasumber pada bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola tenaga kearsipan OPD Pemko Padang di Grand Inna Padang, Selasa (9/5).

 

Menurutnya, pembinaan kearsipan dan bimbingan teknis kearsipan yang telah dilakukan sejak keluarnya Keputusan Wali Kota No. 14/2003 tentang Pedoman Pengelolaan Kearsipan, ternyata masih belum maksimal diterapkan di tiap-tiap unit kerja. Kendalanya, selain kurangnya SDM, tidak adanya staf yang bisa ditugasi secara khusus sehingga pengelolaan arsip kurang maksimal.

 

Kendala lain, kata Corri, staf pengelolaa arsip yang sebelumnya telah dibina dan mengikuti bimtek kearsipan tidak di SK-kan sehingga ketika terjadi rotasi dan promosi, tidak ada lagi yang bertanggung jawab dan paham tentang hal tersebut. 

 

Corri melihat belum semua unit kerja memiliki sarana dan prasarana pengelolaan arsip sesuai dengan Keputusan Wali Kota No. 14/2003 itu. Belum semua unit kerja menerapkan sistem penomoran dengan kode klasifikasi, tidak adanya pembinaan kearsipan intern di tubuh OPD. 

 

"Masih banyak masing-masing unit kerja belum memahami arti penting arsip dengan tidak melengkapi sarana dan prasarana, salah satunya menyediakan ruang penyimpanan yang memadai. Lebih menyedihkan lagi arsip di simpan di gudang dalam karung dan kardus bersama dengan barang-barang kantor yang tidak terpakai lagi," ujar Corri. 

 

Untuk itu, katanya, agar arsip selalu terjaga, tiap-tiap unit kerja menyiapkan SDM staf khusus yang di SK-kan walikota. Seluruh unit kerja menyediakan mata anggaran, menyiapkan sarana dan prasarana, di antaranya pusat penyimpanan arsip inaktif, rak besi siku, kotak arsip dan disposisi, kartu kendali, lembar pengantar surat biasa/rahasia, penyiapan teknologi informasi bidang kearsipan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,20 Maret 2017 - 19:39:18 WIB

    Pemko akan Tertibkan Pengelolaan Pulau-pulau di Padang

    PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, menyampaikan soal pulau-pulau yang tidak mempunyai izin akan segera ditertibkan. Saat ini, beberapa pihak terkait sedang mencari alamat pengelo.
  • Selasa,19 Juli 2016 - 07:07:21 WIB

    UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa

    UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa PADANG, HALUAN—Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan “Workshop Penge­lolaan Keuangan Desa” di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kam­pus Proklamator II UBH, kemarin (18/.
  • Rabu,23 Desember 2015 - 03:06:52 WIB

    Walikota Sambut Positif Seminar Pengelolaan Sumber Daya Air

    PADANG, HALUAN — Gu­na menyelaraskan pe­mi­kiran dan upaya semua pi­hak-pihak terkait pe­lak­sanaan konservasi sumber daya air dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DA­S), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pa­.
  • Selasa,16 Juni 2015 - 18:40:09 WIB

    Pengelolaan Rusunawa Jadi Temuan BPK

    PADANG, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Padang bermasalah dalam  pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Purus. Pasalnya, kekacauan pengelolaan rusunawa tersebut menjadi temuan BPK, karena 15 persen dari 196 .

  • Minggu,08 Februari 2015 - 19:45:07 WIB

    DKP Minta Warga Sadar Pengelolaan Sampah

    PERDA BELUM EFEKTIF

    PADANG, HALUAN – Kesadaran warga Kota Padang terhadap aturan membuang sampah pada tempatnya masih lemah. Padahal Peme­rintah Kota (Pemko) Padang telah mengeluarkan peraturan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM