Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal


Rabu,10 Mei 2017 - 13:29:39 WIB
Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kota Padang, Corri Saidan saat menjadi nara sumber pada bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengelola tenaga kearsipan organisasi perangkat daerah lingkungan Pemko Padang di Grand Inna Padang, Selasa (9/5). Melati Oktawina

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pengelolaan arsip pada tiap-tiap unit kerja di Pemko Padang belum maksimal. Hal itu disebabkan kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan belum adanya pembinaan kearsipan internal pada tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD).

 

Hal tersebut dikatakan Asisten Administrasi Sekda Padang, Corri Saidan, saat menjadi narasumber pada bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola tenaga kearsipan OPD Pemko Padang di Grand Inna Padang, Selasa (9/5).

 

Menurutnya, pembinaan kearsipan dan bimbingan teknis kearsipan yang telah dilakukan sejak keluarnya Keputusan Wali Kota No. 14/2003 tentang Pedoman Pengelolaan Kearsipan, ternyata masih belum maksimal diterapkan di tiap-tiap unit kerja. Kendalanya, selain kurangnya SDM, tidak adanya staf yang bisa ditugasi secara khusus sehingga pengelolaan arsip kurang maksimal.

 

Kendala lain, kata Corri, staf pengelolaa arsip yang sebelumnya telah dibina dan mengikuti bimtek kearsipan tidak di SK-kan sehingga ketika terjadi rotasi dan promosi, tidak ada lagi yang bertanggung jawab dan paham tentang hal tersebut. 

 

Corri melihat belum semua unit kerja memiliki sarana dan prasarana pengelolaan arsip sesuai dengan Keputusan Wali Kota No. 14/2003 itu. Belum semua unit kerja menerapkan sistem penomoran dengan kode klasifikasi, tidak adanya pembinaan kearsipan intern di tubuh OPD. 

 

"Masih banyak masing-masing unit kerja belum memahami arti penting arsip dengan tidak melengkapi sarana dan prasarana, salah satunya menyediakan ruang penyimpanan yang memadai. Lebih menyedihkan lagi arsip di simpan di gudang dalam karung dan kardus bersama dengan barang-barang kantor yang tidak terpakai lagi," ujar Corri. 

 

Untuk itu, katanya, agar arsip selalu terjaga, tiap-tiap unit kerja menyiapkan SDM staf khusus yang di SK-kan walikota. Seluruh unit kerja menyediakan mata anggaran, menyiapkan sarana dan prasarana, di antaranya pusat penyimpanan arsip inaktif, rak besi siku, kotak arsip dan disposisi, kartu kendali, lembar pengantar surat biasa/rahasia, penyiapan teknologi informasi bidang kearsipan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM