Muhammadiyah Sumbar Tetapkan Puasa 27 Mei, Ketua: Semoga Tidak Ada Perbedaan


Selasa,09 Mei 2017 - 22:26:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Muhammadiyah Sumbar Tetapkan Puasa 27 Mei, Ketua: Semoga Tidak Ada Perbedaan Muhammadiyah

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Organisasi terbesar agama Islam, Muhammadiyah telah memutuskan puasa atau 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada hari Sabtu (27/5). Hal tersebut berdasarkan hasil hisap hakiki wujudul hilal.

 

“Ya jatuh pada tanggal hari sabtu tanggal 27. Ini hasil pedoman hisap hakiki dari Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Muhammadiyah Sumbar pun juga melaksanankanya,” terang Ketua Pimpinan Muhammadiyah Wilayah (PMW) Sumbar, Shofwan Karim saat dihubungi Harianhaluan.com, Selasa (9/5).

 

Disampaikannya, ijtimak (bumi dan bulan dalam posisi bujur langit sama) jelang Ramadan 1438 Hijriah terjadi pada Jumat (26/5) pukul 02.46.53 WIB. Dan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu (27/5). Sedangkan ijtimak jelang Syawal terjadi pada Sabtu (24/6) pukul 09.33.12 WIB, dan 1 Syawal atau hari raya idul fitri jatuh pada Minggu (25/6).

 

Dijelaskannya, terkait dengan sudah ditetapkannya awal Ramadan oleh Muhammadiyah, ia berharap nantinya tidak ada perbedaan dalam penetapan Ramadan.

 

“Semoga saja tahun ini awal Ramadan kita semua sama, tidak berbeda lagi,” terangnya.

 

Ia juga menghimbau agar umat islam agar saling menghargai, daa mengamalkan arti Ramadan. Selain itu ia juga berharap agar rasa solidaritas sesama umat semakin meningkat.

 

“Mari berintrospeksi diri, ini momen (Ramadan) yang tepat. Jangan jadikan puasa hanya ritual rutin, tapi mulailah saling menghargai,” terangnya.(h/rvo).

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,19 September 2016 - 02:58:57 WIB

    Ketua MPR Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah

    Ketua MPR Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah AGAM, HALUAN — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan me­la­kukan peletakan batu pertama pem­bangunan gedung dakwah Mu­ham­madiyah di Sim­pa­ng Sikabu Baling­ka, Kecamatan Ampek Koto, Sabtu (17/9). Gedung tersebut nan­tinya .
  • Senin,19 September 2016 - 02:58:02 WIB
    PDM BUKITTINGGI DAN PASAMAN DIKUKUHKAN

    Muhammadiyah Sumbar Ikut Warnai Perjalanan Bangsa

    BUKITTINGGI, HALUAN — Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, menghadiri pe­lantikan dan pengukuhan kepengurusan Pimpinan Daerah Mu­ham­madiyah (PDM) Bukittinggi dan Kabupaten Pasaman periode 2015-2020 di Masjid Jami Tigo Baleh Buk.
  • Jumat,16 September 2016 - 03:41:54 WIB

    Bukittinggi Tuan Rumah Hari Bermuhammadiyah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Kota Bukittinggi dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Bermuhammadiyah periode September 2016 untuk wilayah Sumbar. Kegiatan bulanan dari persyarikatan terbesar di tanah air ini, dijadwalka.
  • Senin,25 April 2016 - 14:12:51 WIB

    Muhammadiyah Sumbar Peringati HARI-MU

    Solok, Haluan — Ke­luarga besar Muhammadiyah Sumbar menggelar, lawatan ke Kota Solok tepatnya di Rumah Kediaman Walikota Solok, Jumat (22/4). Rombongan ini, dipimpin Ketua PW Mu­ham­madiyah Sumbar H. Shofwan Karim Elha.
  • Senin,11 April 2016 - 04:51:40 WIB

    PW Muhammadiyah Sumbar Dilantik

    PW Muhammadiyah Sumbar Dilantik BATUSANGKAR, HA­LUAN — Ketua Umum Pimpinan Pusat Mu­ham­madiyah, Hae­dar Nashir melantik Pengu­rus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Sumatera Barat masa bakti 2015-2020, Ming­gu (10/4) kemarin di Gedung Nasional Ba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM