Memahami Kebhinekaan, Wihara Budha Warman Bakal Adakan Ritual


Selasa,09 Mei 2017 - 17:43:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Memahami Kebhinekaan, Wihara Budha Warman Bakal Adakan Ritual Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Memahami kebhinekaan penting dilakukan terutama dalam menjalani kehidupan bersama. Sehingga diharapkan warga negara di Indonesia yang dikenal memiliki berbagai suku, ras, bahasa, adat kebiasaan, dan agama bisa menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bermartabat, makmur dan sejahtera.

 

Hal ini diungkapkan Ketua Wihara Budha Warman Kota Padang, Sudharma, Selasa (9/5) di Padang.

 

Menurutnya, pentingnya kebhinekaan perlu dijaga dan diingatkan kembali termasuk bagi umat budha.

 

“Sesuai dengan tema Hari Raya Waisak atau Trisuci Waisak 2561 BE mengangkat tema “Memahami Kebhinnekaan Dalam Kebersamaan”, tema ini mengingatkan seluruh umat Buddha bahwa kita bangsa Indonesia ini memang penuh keberagaman, terdiri dari berbagai suku bangsa, berbeda ras, berbeda bahasa, berbeda adat kebiasaan, dan berbeda agama. Hal ini harus kita pahami dengan baik, namun kita juga harus menyadari bahwa kita semua bernaung di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”terangnya.

 

Dijelaskannya memasuki hari raya waisak yang jatuh pada Kamis (11/5), Wihara Budha Warman sebagai wihara tertua dan terbesar di Kota Padang ditetapkan menjadi pusat lokasi Upacara Penyalaan Pelita Sinar Berkah Trisuci Waisak 2561 BE.

 

Rangkaian ritual untuk mengagungkan dan memuliakan hari Trisuci Waisak 2561 BE dimulai pada Rabu (10/5) pukul 18.00 WIB akan diadakan Upacara Penyalaan Pelita Sinar Berkah Trisuci Waisak 2561 BE mengawali rangkaian upacara ritual Waisak 2561 BE, kemudian dilanjutkan dengan Upacara Prosesi Persembahan Lilin Waisak 2561 BE. Pelita dan Lilin dalam ajaran Buddha merupakan lambing Sinar Terang Dharma.

 

Tepat pada Hari Raya Trisuci Waisak 2561 BE pada hari Kamis (11/5) sejak dinihari akan diadakan upacara ritual yakni Samadhi Suci Waisak 2561 BE yang jatuh tepat pada Pukul 04.42’.09 WIB. Saat itu seluruh umat Buddha akan bermeditasi, mengheningkan cipta dan melakukan perenungan tentang 3 peristiwa suci.

 

Sebagai puncak upacara ritual akan diadakan “Upacara Pradhaksina dan Waisaka Puja 2561 BE” yang akan dipimpin oleh Bhikshu Bhadra Kiriya dan didamping beberapa orang Pandita.

 

Upacara yang sama juga akan diadakan di Wihara Buddha Sasana-Bukittinggi, Wihara Buddha Metta-Payakumbuh, dan Wihara Karuna Murti-Padang Panjang.(h/rel).

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM