Padang Fair Masih Minim Inovasi


Selasa,09 Mei 2017 - 08:25:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Fair Masih Minim Inovasi Pelaksanaan Padang Fair tahun ini dikhawatirkan tak banyak transaksi. IST

PADANG, HALUAN Menurunnya  jumlah pengunjung Padang Fair tahun ini, disinyalir karena minimnya inovasi yang dilakukan pengelola agenda tahunan tersebut. Dikhawatirkan jika terus berlangsung seperti itu, akan berdampak pada tidak tercapainya target nilai transaksi yang dipasang oleh penyelenggara.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal saat ditemui Haluan, Senin (8/5) mengatakan, jika tidak ada perubahan yang dilakukan pengelola, minat masyarakat untuk berkunjung ke Padang Fair akan semakin hilang. Ketiadaan inovasi tentu saja akan menyebabkan rasa bosan pengunjung, yang dari tahun ke tahun hanya akan melihat Padang Fair yang biasa.

"Kalau setiap tahun tidak ada gebrakan, mana mungkin warga tertarik untuk datang," kata Endrizal di kantornya di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang.

Lebih lanjut dikatakan Endrizal, agar pedagang yang berjualan di Padang Fair tidak sepi pembeli, maka disarankan untuk menawarkan produk yang berbeda. Produk yang jarang atau bahkan tidak ditemukan di pasar. Sebab, jika hanya menjual barang yang ada di pasar, warga akan lebih memilih membeli di pasar.

“Selain model dan jenisnya lebih beragam, tentu harga di Pasar jauh lebih murah dibanding di Padang Fair.  Sebaiknya, produk seperti topi atau pakaian tidak dijual di Padang Fair, sudah terlalu banyak yang menjualnya di pasar. Jual sesuatu yang berbedalah, yang hanya ditemukan di Padang Fair," sarannya.

Ditambahkan Endrizal, pengelola Padang Fair harus lebih serius membuat langkah dan gebrakan yang inovatif. Jika tidak, pihak pengelola hanya dianggap sebagai penjual stan (lapak) kepada pedagang, tanpa memikirkan apakah pedagang yang telah menyewa mendapatkan keuntungan atau malah merugi. 

Endrizal berharap, tahun depan para pihak ketiga atau pengelola Padang Fair memikirkan dengan matang konsep yang ditawarkan. Sehingga jangan sampai setiap tahun, hanya mengadakan pagelaran yang sama, yang menyebabkan pengunjung bosan dan malas datang ke Padang Fair. 

"Sebelumnya Pak Wali Kota telah mengingatkan agar pengelola lebih inovatif, harus ada pembaharuan yang ditawarkan dibanding tahun sebelumnya," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Padang Fair Chairul Umaiya mengaku memang tidak ada perubahan berarti dari penyelenggaraan Padang Fair tahun 2017 dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam pagelaran selama 10 hari tahun ini, hanya terdapat lapak pedagang, UMKM, dinas-dinas yang mengadakan pameran, serta pertunjukan konser. 

Pihaknya pun mengeluhkan, pagelaran Padang Fair tahun ini sepi dari pengunjung. Tahun lalu bisanya setiap hari ada tujuh ribu pengunjung, tetapi tahun ini hanya seribu hingga dua ribu pengunjung per hari. "Tidak ada perubahan berarti pada pagelaran Padang Fair tahun ini, hampir sama dengan tahun sebelumnya," katanya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,22 September 2017 - 18:00:12 WIB

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendukung pemutaran film G 30 S/PKI. Malahan, Orang nomor satu di Padang ini mewajibkan seluruh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk ikut meno.
  • Jumat,22 September 2017 - 17:12:52 WIB

    30 September, Kodim 0312 Padang Nobar Film G30S/PKI

    30 September, Kodim 0312 Padang Nobar Film G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 /Padang telah menyusun jadwal rencana nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September PKI  (G-30S/PKI). .
  • Kamis,21 September 2017 - 20:54:50 WIB

    Marak Angkutan Berbasis Online di Padang, Weno: Jadi Pemicu Tingkatkan Layanan Angkutan Umum

    Marak Angkutan Berbasis Online di Padang, Weno: Jadi Pemicu Tingkatkan Layanan Angkutan Umum PADANG, HARIANHALUAN.COM - Maraknya angkutan daring dengan masuknya Gojek, Grab dan Uber di Kota Padang seharusnya jadi pemicu bagi pengusaha angkutan umum untuk meningkatkan layanan..
  • Rabu,20 September 2017 - 15:31:16 WIB

    Wisata Pulau di Padang Akan Dievaluasi

    Wisata Pulau di Padang Akan Dievaluasi PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kota Padang bertabur pulau kecil. Saat ini pulau-pulau tersebut dikelola pihak lain. Tingkat kunjungan ke pulau itu pun terus meningkat..
  • Senin,18 September 2017 - 17:11:05 WIB

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan akan memasang 21 kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV). Direncanakan pemasangan dilakukan setelah perubahan anggaran pendapatan belan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM