Padang Fair Masih Minim Inovasi


Selasa,09 Mei 2017 - 08:25:46 WIB
Padang Fair Masih Minim Inovasi Pelaksanaan Padang Fair tahun ini dikhawatirkan tak banyak transaksi. IST

PADANG, HALUAN Menurunnya  jumlah pengunjung Padang Fair tahun ini, disinyalir karena minimnya inovasi yang dilakukan pengelola agenda tahunan tersebut. Dikhawatirkan jika terus berlangsung seperti itu, akan berdampak pada tidak tercapainya target nilai transaksi yang dipasang oleh penyelenggara.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal saat ditemui Haluan, Senin (8/5) mengatakan, jika tidak ada perubahan yang dilakukan pengelola, minat masyarakat untuk berkunjung ke Padang Fair akan semakin hilang. Ketiadaan inovasi tentu saja akan menyebabkan rasa bosan pengunjung, yang dari tahun ke tahun hanya akan melihat Padang Fair yang biasa.

"Kalau setiap tahun tidak ada gebrakan, mana mungkin warga tertarik untuk datang," kata Endrizal di kantornya di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang.

Lebih lanjut dikatakan Endrizal, agar pedagang yang berjualan di Padang Fair tidak sepi pembeli, maka disarankan untuk menawarkan produk yang berbeda. Produk yang jarang atau bahkan tidak ditemukan di pasar. Sebab, jika hanya menjual barang yang ada di pasar, warga akan lebih memilih membeli di pasar.

“Selain model dan jenisnya lebih beragam, tentu harga di Pasar jauh lebih murah dibanding di Padang Fair.  Sebaiknya, produk seperti topi atau pakaian tidak dijual di Padang Fair, sudah terlalu banyak yang menjualnya di pasar. Jual sesuatu yang berbedalah, yang hanya ditemukan di Padang Fair," sarannya.

Ditambahkan Endrizal, pengelola Padang Fair harus lebih serius membuat langkah dan gebrakan yang inovatif. Jika tidak, pihak pengelola hanya dianggap sebagai penjual stan (lapak) kepada pedagang, tanpa memikirkan apakah pedagang yang telah menyewa mendapatkan keuntungan atau malah merugi. 

Endrizal berharap, tahun depan para pihak ketiga atau pengelola Padang Fair memikirkan dengan matang konsep yang ditawarkan. Sehingga jangan sampai setiap tahun, hanya mengadakan pagelaran yang sama, yang menyebabkan pengunjung bosan dan malas datang ke Padang Fair. 

"Sebelumnya Pak Wali Kota telah mengingatkan agar pengelola lebih inovatif, harus ada pembaharuan yang ditawarkan dibanding tahun sebelumnya," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Padang Fair Chairul Umaiya mengaku memang tidak ada perubahan berarti dari penyelenggaraan Padang Fair tahun 2017 dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam pagelaran selama 10 hari tahun ini, hanya terdapat lapak pedagang, UMKM, dinas-dinas yang mengadakan pameran, serta pertunjukan konser. 

Pihaknya pun mengeluhkan, pagelaran Padang Fair tahun ini sepi dari pengunjung. Tahun lalu bisanya setiap hari ada tujuh ribu pengunjung, tetapi tahun ini hanya seribu hingga dua ribu pengunjung per hari. "Tidak ada perubahan berarti pada pagelaran Padang Fair tahun ini, hampir sama dengan tahun sebelumnya," katanya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM