Saribu Rumah Gadang Jadi Nominator API 2017


Senin,08 Mei 2017 - 12:01:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Saribu Rumah Gadang Jadi Nominator API 2017

SOLOK SELATAN, HALUAN - Keinginan Bupati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria menjadikan kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) sebagai ikon pariwisata nyaris terujud. SRG akhirnya menjadi satu dari tujuh destinasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar) terpilih dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. SRG terpilih dalam kategori Kampung Adat Terpopuler.

Ketujuh obyek wisata Sumbar yang masuk daftar nominasi API 2017 adalah, pertama, kategori Surga Tersembunyi Terpopuler Kawasan Mandeh Pesisir Selatan. Kedua, Tempat Berselancar Terpopuler Pulau Nyang-Nyang di Mentawai. Ketiga, Atraksi Budaya Terpopuler Tabuik di Pariaman.

Keempat, Festival Pariwisata Terpopuler Sawahlunto Internasional Songket Festival. Kelima, Minuman Tradisional Terpopuler Teh Talua Kota Padang.

Keenam, Obyek Wisata Belanja Terpopuler Pasar Ateh Bukittinggi dan terakhir, Kampung Adat Terpopuler, Saribu Rumah Gadang Solsel.

Di mana, ketujuh nominasi tersebut akan bersaing ditingkat nasional untuk meraih suara terbanyak melalui poling, yang dimulai pada 1 Juni sampai 31 Oktober 2017 melalui SMS ke nomor 99368. Atau melalui website https://anugerahpesonaindonesia.com

Bupati Solsel Muzni Zakaria mengatakan, roh pariwista Solsel dibangkitkan melalui SRG sebagai ikon. "Selain menyiapkan budget khusus. Maka jika SRG sudah kita bumikan lagi maka yang lainnya juga akan mengikut saja, seperti air terjun, pemandian air panas, dan beberapa destinasi wisata lainnya,” ujarnya.

Tidak lupa, imbuhnya, semua harus sejalan dengan perbaikan infrastruktur, terutama jalan provinsi yang nantinya akan menghubungkan ke Solsel. “Kita sudah surati agar jalan bisa diperbaiki. Dan kabarnya telah ada dianggarkan Rp200 miliar lebih untuk jalan ini,” ungkapnya.

Sedangkan untuk mewujudkan Solsel sebagai kabupaten yang religius untuk memperkuat norma dan nilai keagamaan, Pemkab Solsel juga akan membangun sebuah masjid megah dengan latar Gunung Kerinci.

“Kalau bisa kita wujudkan akan menjadikan Solsel destinasi wisata religi. Apalagi masjid yang akan kita bangun fasilitasnya akan seperti Masjid Nabawi, dengan segala keunikannya,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemkab Solsel mengusulkan sepuluh obyek wisata untuk nominasi API 2017. Dintaranya, Gua Batu Kapal adalah obyek wisata alam surga tersembunyi. Air terjun Kembar sebagai objek wisata bersih terpopuler. Rumah Gadang Panjang sebagai situs sejarah terpopuler dan Pangek Pisang makanan tradisional terpopuler, Batombe sebagai atraksi budaya terpopuler.

Kemudian, festival pariwisata terpopuler adalah festival Sarantau Sasurambi yang menjadi iven tahunan. Kategori dataran tinggi terpopuler adalah Puncak Bangun Rejo dan tujuan wista baru terpopuler adalah Tubing di Durian Capang Tigo.

Tambo adat terpopuler adalah kawasan Saribu Rumah Gadang. Sedangkan obyek wisata unik terpopuler adalah air terjun Malanca.

"Alhamdulilah, satu obyek wisata kita terpilih dari tujuh obyek wisata Sumbar untuk berkompetensi di tingkat nasional," kata Kabid Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Dinas Budaya dan Pariwisata Solsel, Yolni Hendra.

Ia berharap, peran serta masyarakat dan pegiat wisata dalam melakukan pooling tersebut agar objek wisata SRG bisa menjadi pemenang nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2017. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,06 Februari 2016 - 00:35:16 WIB
    Nagari Koto Baru Solok Selatan

    Eksis Berkat Kawasan Saribu Rumah Gadang

    Eksis Berkat Kawasan Saribu Rumah Gadang Kawasan Saribu Rumah Gadang digadang-gadang sebagai ikon Solok Selatan (Solsel) dan pernah diusulkan sebagai warisan dunia. Tak tanggung-tanggung, orang beken seantaro Indonesia pernah meĀ­ngunĀ­jungi kawasan itu, mulai dari .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM